Jalur Alternatif Batu, Hindari Kemacetan Selama Liburan Tahun Baru

Rero Rivaldi

Rero Rivaldi

On Indonesia
Jalur Alternatif Batu Jalur Alternatif Batu

Batu adalah salah satu kota tujuan wisata populer di Jawa Timur. Menjelang akhir tahun seperti sekarang, banyak wisatawan luar kota biasanya berangkat menuju kawasan dataran tinggi tersebut dari arah Malang. Macet? Sudah pasti. Tapi jangan khawatir ada beberapa jalur alternatif Batu yang bisa Teman Traveler coba.

Jalur alternatif Batu memang tak serta-merta menjamin Teman Traveler bebas dari kemacetan. Namun setidaknya kondisinya tidak terlalu padat dibanding jalur utama. Liburan akhir tahun pun jadi lebih menyenangkan bukan? Berikut Travelingyuk berikan penjelasan selengkapnya.

1. Jalur Lintas Barat

Pemandangan Batu dari Udara
Pemandangan Batu dari Udara via Instagram.com/explore_batu

Jalur alternatif ini sering disebut dengan istilah Jalibar. Teman Traveler bisa menjajalnya jika berniat memasuki area batu dari kawasan Jalan Raya Sengkaling. Titik persimpangannya bisa kalian temukan sebelum Jl Raya Beji atau Mojorejo.

Bagi yang berangkat dari Malang, Jalibar juga bisa jalur alternatif yang bagus. Teman Traveler tinggal arahkan kendaraan ke kawasan Sumbersekar atau Kelurahan Areng-Areng. Nantinya jalur ini akan mengarah ke kawasan Simpang Lima Junrejo.

Dibandingkan jalur biasa, Jalibar bakal memangkas waktu perjalanan 10 menit. Memang tidak terlalu signifikan, namun akan terasa lebih efektif jika jalan utama sedang dalam kondisi macet.

2. Jalur Oro-Oro Ombo

Kawasan wisata BNS, Batu
Kawasan wisata BNS, Batu via Instagram.com/qorryhabibah29

Untuk mengakses jalur ini, Teman Traveler wajib mengarahkan kendaraan ke Simpang Lima Junrejo. Dari sana, kalian tinggal ikuti arah ke Jl Raya Hasanudin – Oro-Oro Ombo – Rumah Sakit Baptis. Tak perlu khawatir tersesat karena ada beberapa petunjuk jalan tersedia sepanjang perjalanan.

Jalur ini sering dijadikan alternatif kendaraan yang ingin menuju Jatim Park 2 atau Batu Night Spectaculer. Jika ragu, Teman Traveler bisa meminta informasi tambahan dari penduduk sekitar. Mereka takkan segan membantu, tentunya jika kalian bertanya dengan sopan.

3. Jalur Pacet, Mojokerto – Cangar, Batu

Pemandangan di sekitar Cangar
Pemandangan di sekitar Cangar via Instagram.com/mifanbima

Jalur ini bisa Teman Traveler coba jika ingin berkunjung ke Pemandian Air Panas Cangar, dari arah utara Surabaya atau Mojokerto. Kalian bakal menyusuri Jalan Raya Pacet hingga akhirnya sampai di kawasan Wana Wisata Cangar.

Ingin melanjutkan perjalanan ke Batu? Jangan khawatir, Teman Traveler tinggal mengikuti jalur menurun hingga sampai ke kawasan Kota Apel. Jalur detailnya kira-kira seperti ini: Arboretum Sumber Brantas – Desa Junggo – Coban Talun – Selecta – Desa Punten – Sidomulyo – Batu.

Lantaran jalurnya sedikit curam, sebaiknya Teman Traveler terus waspada selama mengemudi. Rasa lelah dan penat akan sedikit berkurang karena sepanjang perjalanan kalian bakal dimanjakan indahnya panorama Gunung Arjuna.

4. Jalur Karangploso

Jalanan di sekitar Batu
Jalanan di sekitar Batu via Instagram.com/id.kentir

Jalur ini biasa digunakan para traveler yang berangkat dari utara Malang, meliputi Singosari, Lawang, serta Karangploso. Teman Traveler tinggal arahkan kendaraan ke pertigaan Polsek Karangplso. Setelah itu lanjutkan dengan mengambil jalur Jl Raya Pandanrejo.

Di penghujung jalur alternatif ini, Teman Traveler akan berada di pertigaan Bumiaji. Jika ingin menuju Kota Batu, kalian tinggal belok ke arah kiri. Sama seperti jalur lainnya, jalur Karangploso juga menyuguhkan pemandangan hijau yang memanjakan mata sepanjang perjalanan.

5. Jalur Torongrejo-Wukir

Kawasan sekitar Lippo Plaza Batu
Kawasan sekitar Lippo Plaza Batu via Instagram.com/wellylovefila

Jalur alternatif ini bisa diakses dengan melewati Jembatan Pendem. Teman Traveler akan menemukan papan petunjuk khusus di sebelah kanan jalan. Telusuri jalur tersebut hingga sampai di kawasan Wukir.

Teman Traveler nantinya akan sampai di kawasan sekitar Lippo Plaza Kota Batu. Dari situ kalian bisa menuju banyak tempat wisata populer Kota Apel. Jalur ini lumayan efektif untuk menghindari kemacetan yang biasanya terjadi di kawasan Jl Raya Beji.

6. Jalur Klemuk, Songgoriti

Kawasan Wisata Paralayang
Kawasan Wisata Paralayang via Instagram.com/fikri.m.r

Menemukan jalur alternatif ini bukan perkara sulit. Begitu sampai di pertigaan Pujon, alih-alih mengambil jalur kanan Teman Traveler tinggal lurus saja. Ikuti jalan, namun jangan sampai salah mengambil arah menuju kawasan wisata Paralayang – kecuali kalian memang ingin ke sana.

Jalur ini akan mempersingkat waktu perjalanan menuju arah Batu, terutama bagi Teman Traveler yang datang dari arah barat Malang. Namun tetap jaga kewaspadaan dan perhitungkan kondisi kendaraan.

Itulah sederet jalur alternatif Batu yang bisa Teman Traveler coba menjelang dan selama liburan akhir tahun 2018. Semoga liburan kalian kali ini diberi kelancaran dan bisa jadi momen berkesan. Selamat jalan-jalan!