Jakarta Masuk 3 Kota Terbaik Dunia terkait Inovasi Transportasi dan Mobilitas

Sudah bukan rahasia lagi jika Jakarta dikenal macet. Sistem transportasi Ibu Kota pun kerap jadi sorotan. Beragam usaha pun kerap dilakukan pemerintah untuk memperbaikinya. Nah, Kamis (27/6/2019), upaya tersebut mendapat apresiasi usai Jakarta diumumkan masuk jajaran tiga kota terbaik dunia dalam hal perbaikan dan inovasi sistem transportasi dan mobilitas.

Prestasi yang patut diacungi jempol bukan? Yuk kita ulas lebih mendalam, kriteria apa saja yang membawa Jakarta mendapatkan penghargaan cukup bergengsi ini.

Sustainable Transport Award 2020

Simpang Susun Semanggi, via Shuttertock
Simpang Susun Semanggi, via Shuttertock

Jakarta masuk ke dalam nominasi 12 kota dari berbagai dunia seperti halnya Richmond (USA), San Jose (Costa Rica), Bogota (Colombo), dan lain sebagainya oleh Sustainable Transport Award 2020. Di dalam ajang tersebut, Jakarta masuk ke posisi tiga besar bersama dengan Kigali (Rwanda) dan Pune (India).

Bundaran HI, via Shutterstock
Bundaran HI, via Shutterstock

Sustainable Transport Award (STA) ini sendiri merupakan ajang penghargaan tahunan yang menilai mobilitas kota dan inovasi sistem transportasi. Penilaiannya sendiri akan dilakukan oleh komite yang terdiri dari lembaga-lembaga global seperti halnya Bank Dunia, International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI), Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) dan lain sebagainya.

Pemenang STA 2020 bakal diumumkan di Fortaleza, Brasil. Sementara upacara penganugerahannya bakal dilangsungkan di Washington DC, Amerika Serikat pada Januari 2020.

Tolok Ukur Penilaian STA

Alat transportasi memadai, via Shutterstock
Alat transportasi memadai, via Shutterstock

Bukan main-main, ada beberapa tolok ukur yang diterapkan oleh STA hingga Jakarta masuk dalam tiga besar kota terbaik dunia untuk inovasi transportasi.

Pemerintah daerah Jakarta dinilai berhasil dalam meningkatkan jumlah penumpang transportasi umum hingga 200 persen dalam kurun waktu dua tahun, serta mengusung konsep apik, dan melakukan eksekusi integrasi antar moda transportasi melalui Jak Lingko (program transportasi satu harga untuk sekali perjalanan) dengan baik.

Faktor penilaian lainnya adalah kehadiran alat transportasi baru, seperti MRT dan LRT, peningkatan akses pejalan kaki menuju stasiun, serta tambahan moda untuk kendaraan umum.

Wisata Populer di Jakarta

Pejalan kaki makin banyak, via Instagram/dkijakarta
Pejalan kaki makin banyak, via Instagram/dkijakarta

Dengan semakin majunya berbagai moda transportasi umum di Jakarta, jalan-jalan ke Ibu Kota tentunya bakal makin mudah. Banyak wisata populer di Jakarta yang bisa banget buat Teman Traveler kunjungi. Mulai dari Monas, TMII, Dufan, Ancol, dan masih banyak lagi.

Jadi, pilihlah naik kendaraan umum ketika menjelajah Jakarta nanti ya. Tak hanya lebih mudah, biayanya juga murah lho. Selamat jalan-jalan.

Tags
Jakarta jakarta terbaik dunia kota terbaik dunia
Share