Jajanan Tradisional Warna Warni, Ndeso Tapi Banyak Dicari

Advertisement

Sekarang ini sudah banyak sekali kuliner modern yang dibalut dengan berbagai hal kekinian. Meski begitu, kue jadul yang terkesan ‘ndeso’ masih memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya, lho. Terutama jajanan tradisional warna warni yang eye catching dan bikin mata jadi ‘terhibur.’ Ada banyak sekali jenis jajanan tradisional warna-warni yang bisa dibeli dan dicoba, lho. Apa saja? Penasaran? Baca terus ulasannya, ya.

Kue Lapis

Kue lapis, Via Instagram/virazsiregar
Kue lapis, Via Instagram/virazsiregar

Kue lapis merupakan jajanan warna warni yang memang bikin mata jadi terhibur. Kue ini terbuat dari bahan-bahan seperti halnya tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam, dan juga pewarna makanan. Kue ini dikukus dan paling sedikit terdiri dari dua warna yang berlapis-lapis. Jajanan tradisional ini bisa ditemui di pasar-pasar atau mall.

Geplak

Geplak, Via Instagram/voilajogja
Geplak, Via Instagram/voilajogja

Selanjutnya ada jajanan tardisional geplak yang merupakan kuliner khas Bantul. Makanan ini terbuat dari parutan kelapa, gula pasir ataupun gula jawa. Geplak ini berasal dari Jogja dan kerap kali dijadikan sebagai oleh-oleh. Pilihan warnannya beragam, ada putih, hijau, cokelat, merah, dan juga kuning.

Klepon

Klepon, Via Instagram/mega_dingding
Klepon, Via Instagram/mega_dingding

Klepon atau kelepon ini merupakan makanan tradisional yang terbuat dari tepung beras ketan ataupun ubi. Bahan utamanya dibentuk seperti bola-bola kecil lalu di dalamnya diisi dengan gula merah. Klepon yang telah dimasak akan digelindingkan ke parutan kelapa. Rasanya perpaduan antara gurih dan manis, kombinasi antara parutan kelapa dan gula.

Getuk Lindri

Getuk lindri, Via Instagram/dapoersikoko
Getuk lindri, Via Instagram/dapoersikoko

Getuk lindri merupakan kuliner yang bahan baku utamanya adalah singkong yang dimasak kemudian dilembutkan. Ditambah dengan gula pasir diberi pewarna lalu dicetak kecil-kecil memanjang serupa dengan mie. Lalu setelah dibentuk akan diberi parutan kelapa. Rasanya enak dan mengenyangkan.

Cenil

Cenil, Via Instagram/gudang_resepku
Cenil, Via Instagram/gudang_resepku

Cenil juga merupakan makanan tradisional yang terbuat dari pati ketela pohon. Jajanan ini enak dicampur dengan yang lainnya. Kue ini juga nikmat dimakan sendiri. Cenil dibentuk kotak-kotak atau memanjang lalu disajikan dengan parutan kelapa dan ditaburi dengan gula.

Putu Mayang

Putu Mayang, Via Instagram/kuenya.misykah
Putu Mayang, Via Instagram/kuenya.misykah

Selanjutnya ada putu mayang yang hadir dengan warna-warni cantik. Putu mayang merupakan kue tradisonal yang terbuat dari tepung kanji ataupun tepung beras, lalu dibentuk seperti mie. Setelah jadi, putu mayang akan disajikan dengan santan kelapa ataupun dengan kinca yakni gula jawa cair.

Carabikang

Carabikang, Via Instagram/atomy.official.id
Carabikang, Via Instagram/atomy.official.id

Lalu ada kue carabikang yang berbahan dasar tepung beras. Ini merupakan jajanan pasar yang memiliki bentuk seperti bunga mereka yang diberi warna-warna cantik. Citarasanya manis dan memiliki tekstur lembut dan berserat. Kue carabikang ini masuk ke dalam kue basah yang proses pembuatannya dipanggang dalam cetakan khusus.

Ternyata banyak juga jajanan tradisional Indonesia yang warna warni ya Teman Traveler. Kira-kira apa lagi ya kuliner yang memiliki warna warni cantik. Yuk bagikan di kolom komentar.

Advertisement
Tags
Indonesia Jajanan Pasar jajanan tradisional warna warni kuliner
Share