Sungai Amprong, Spot Terbaik untuk Rafting di Lereng Gunung Semeru

Advertisement

Malang merupakan kota di Jawa Timur yang dikelilingi oleh pegunungan. Tak heran jika banyak destinasi menakjubkan di balik hutannya yang rimbun. Seperti sungai amprong yang aliran airnya berasal dari pegunungan lereng barat Gunung Semeru. Di aliran ini pula, sering dijadikan spot untuk berwisata. Salah satunya uji adrenalin dengan perahu karet atau rafting. Seperti apa keseruannya? Yuk, simak pengalaman seru dari Kontributor Travelingyuk, Nurull Huda.

Spot Rafting Seru di Kabupaten Malang

Ekspresi sebelum melewati jeram
Ekspresi sebelum melewati jeram (c) Nurul Huda/Travelingyuk

Spot untuk rafting di Malang cukup banyak, salah satu yang bisa dijajal adalah Sungai Amprong. Letaknya tidak jauh dengan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, atau sekitar 50 menitan perjalanan dengan menggunakan kendaraan. Aliran sungai lereng gunung Semeru di sini jernih dan memicu adrenalin Teman Traveler yang suka tantangan. Sepanjang 5 km-7 km dengan 20 jeram bikin pengalaman liburan makin seru. Apalagi ada 2 jeram yang menjadi andalan para rafter yaitu double jeram loading dan jeram welcome.

Derasnya aliran sungai Amprong
Derasnya aliran sungai Amprong (c) Nurull Huda/Travelingyuk

Perjalanan Seru dan Penuh Kenangan

ekspresi sesudah melewati jeram
Ekspresi sesudah melewati jeram (c) Nurull Huda/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang tertarik menguji adrenalin bisa mencobanya di Ndayung Rafting. Salah satu paket yang kami pilih seharga Rp250.000, sudah termasuk konsumsi, dokumentasi, dan jeep. Untuk sampai ke sungai Amprong menggunakan jeep sekitar 20 menit setelah itu berjalan kaki selama 30 menit. Sebelum menaiki perahu, pemandu memberi arahan mengenai peraturan yang harus dipatuhi selama rafting berlangsung. Teman traveler tidak perlu khawatir dengan keamanan selama rafting karena Ndayung memilih pemandu yang sudah ahli dalam mengendalikan perahu karet.

Jeram Andalan para Rafter

Eskpresi Rafting di Sungai Amprong (c) Nurull Huda/Travelingyuk
Ekspresi Rafting di Sungai Amprong (c) Nurull Huda/Travelingyuk

Saat berada di atas perahu karet, jeram welcome menjadi percobaan awal adrenalin. Arusnya sangat deras terlebih lagi habis hujan. Siap-siap untuk berpegangan tali agar tidak terjatuh. Jeram kedua adalah double loading jeram yang sering menjadi andalan para rafter. Untuk ketinggian sekitar 4-5 meter. Biasanya rafter memanfaatkan ketinggian jeram ini dengan melompat dari atas tebing. Kami segera mencoba melompat dari jumping point.

Loncat ke Sungai Amprong (c) Nurull Huda/TravelingyukLoncat ke Sungai Amprong (c) Nurull Huda/Travelingyuk
Loncat ke Sungai Amprong (c) Nurull Huda/Travelingyuk

Pemandangan Sepanjang Jalur Rafting

Keindahan di sekitar Sungai Amprong (c) Nurull Huda/Travelingyuk
Keindahan di sekitar Sungai Amprong (c) Nurull Huda/Travelingyuk

Keseruan selama di atas perahu tersebut bakalan dimanjakan dengan pemandangan alam di sekitarnya. Sebagian besar ditumbuhi pohon hijau yang membuat udara makin sejuk. Setelah dua jam berpetualang, baru dilanjutkan menyantap hidangan yang telah disediakan.  Mencoba rafting di aliran sungai yang berasal dari pegunungan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, pastinya jadi pengalaman seru.

Bagaimana apakah Teman Traveler sudah cukup tertantang merasakan derasnya arus sungai lereng gunung Semeru ini? Supaya petualanganmu semakin seru saat rafting di Sungai Amprong, Jangan lupa ajak orang tersayang, ya. Berani?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur Malang Rafting di Malang Travelingyuk wisata malang
Share