Khanom Krok, Jajanan Khas Thailand yang Mirip Kue Pancong

Tak dapat dipungkiri jika jajanan pasar khas Thailand kini menjamur di tanah air. Tidak hanya berupa minuman segar, tapi juga makanan enak yang mengenyangkan, seperti Mango Sticky Rice. Menariknya, ada juga jajanan khas Thailand yang mirip dengan kue enak di Indonesia. Namanya Khanom Krok atau Thai Coconut Pudding yang sekilas sama dengan kue pancong. Penasaran kan keunikan dari camilan satu ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Jajanan Pasar Favorit Banyak Orang

Seporsi Khanon Krok
Seporsi Khanon Krok via instagram/@arinradayoung

Jika pernah liburan ke Thailand pasti tak asing lagi dengan Khanom Krok. Kue ini sangat mudah ditemukan karena berada hampir di setiap sudut pasar-pasar tradisional di sana. Termasuk juga Talad Neon, pusatnya jajanan enak yang selama ini banyak difavoritkan wisatawan Indonesia. Sebagai jajanan pasar, harganya juga terbilang terjangkau, yaitu berkisar 15 baht (Rp6.700) – 30 baht (Rp13.300) per porsi.

Jajanan pasar di Thailand
Jajanan pasar di Thailand via instagram/@vatkapro

Camilan Enak dengan Citarasa Gurih Manis

Camilan enak di Thailand
Camilan enak di Thailand via instagram/@jimfj

Seperti cilok di Indonesia, Khanon Krok bisa ditemukan baik pagi maupun sore hari. Jajanan ini memiliki bentuk setengah bola dengan warna putih di dalamnya. Sementara bagian luarnya berwarna kuning keemasan yang bertekstur renyah. Bagian dalamnya lebih lembut dengan sensasi gurih manis yang menggiurkan.

Jajanan unik di Thailand
Jajanan unik di Thailand via instagram/@foodbyfonny

Mirip dengan Kue Pancong Jakarta

Proses pembuatan Khanon Krok
Proses pembuatan Khanon Krok via instagram/@onisukaeh

Sekilas, jajanan khas Thailand ini mirip dengan kue pancong di Jakarta. Bukan bentuknya, melainkan adonan dan cara memasak yang dituang dalam cetakan. Begitu pula dengan rasanya, meski lebih lembut di bagian tengahnya. Khanon Krok terbuat dari campuran santan kelapa kental, tepun beras, tepung tapioka, kelapa parut, gula, dan beberapa bahan lainnya. Setelah adonan tercampur dengan rata, baru kemudian dituangkan dalam cetakan panas.

Mirip kue pancong di Jakarta
Mirip kue pancong di Jakarta via instagram/@aomisino

Kekinian dengan Aneka Topping

Aneka topping di Khanon Krok
Aneka topping di Khanon Krok via instagram/@namvoda

Jika dulu polosan, kini Khanon Krok makin kekinian dengan aneka topping di atasnya. Tambahan cantik di atas makanan ini berupa potongan daun bawang yang memiliki aroma wangi ketika terkena panggangan. Namun, kamu bisa memilih menggunakan tambahan lain seperti jagung dan taro. Tentu saja rasanya nendang, apalagi disantap saat masih hangat.

Khanon Krok dengan aneka topping
Khanon Krok dengan aneka topping via instagram/@bowlingfatpig

Itulah sekilas tentang jajanan khas Thailand yang mirip dengan kue tradisional di Indonesia. Bagaimana menurutmu? Mau coba untuk mengetahui cita rasanya?

Tags
bangkok Jajanan Pasar Thailand
Share