Jajanan Tradisional Makassar, Kearifan Lokal yang Bikin Lidah Terus Goyang

Advertisement

Liburan ke luar kota paling asyik menjajal jajanan tradisionalnya. Apalagi jika kuliner tersebut legendaris. Sayang sekali jika dilewatkan. Kali ini, Travelingyuk ingin memberikan beberapa rekomendasi jajanan pasar di Makassar yang bisa kamu coba. Simak ya!

1. Bikang Doang

Bikang doang yang menggugah selera [image source]
Terbuat dari tepung terigu, parutan bawang, tauge, dan potongan wortel yang digoreng menjadi satu. Bikang doang juga dihiasi oleh topping udang yang berukuran cukup besar. Jajanan ini makin lezat jika disantap dengan sambal cuka khas Makassar. Salah satu kedai yang terkenal dengan Bikang doangnya adalah Toko Jalangkote Lasinrang. Letaknya Jl. Lasinrang.

dicicip dengan sambel makin mantap [image source]

2. Roko-Roko Unti

nikmat disantap setelah sarapan [image source]
Jajanan yang juga disebut “Kue Nagasari” ini menggunakan potongan pisang sebagai bahan utama. Ciri khasnya dibungkus menggunakan daun pisang. Selain pisang, lapisan adonan dari tepung beras bertekstur lembut. Sementara rasanya manis dan gurih. Roko-Roko Unti bisa kamu dapatkan di Mama Toko Kue yang terletak di Jl. Adhyaksa.

cocok untuk yang senang makan pisang [image source]

3. Putu Cangkiri

Berbentuk mirip cangkir terbalik [image source]
Nama Putu Cangkiri diambil dari bentuk kue yang mirip cangkir terbalik. Bahan dasar jajanan ini berupa gula merah, kelapa, dan beras ketan. Terdapat dua jenis warna dari kue ini, yaitu cokelat dan putih. Satu buah tak akan cukup, karena rasanya gurih dan terus menggoyang lidah. Jajanan ini bisa ditemukan pada beberapa toko kue di sekitar Jl. Tamalate. 

Siap untuk dibawa pulang [image source]

4. Buroncong

sedikit gosong, makin enak [image source]
Sekilas, jajanan ini mirip dengan kue cubit. Namun, di Makassar kue ini dikenal dengan nama Buroncong. Teksturnya kenyal dan memiliki aroma wangi kelapa yang kuat. Kuliner satu ini dibuat dengan cara dipanggang menggunakan kayu bakar. Umumnya para penjual makanan ini dengan cara berkeliling.

metode masak buroncong [image source]

5. Barongko

barongko yang segar dan manis [image source]
Kuliner yang sarat dengan historis kebudayaan suku Bugis ini merupakan kue berbahan dasar pisang. Dulunya, jajanan tersebut merupakan makanan penutup untuk kalangan bangsawan. Pisang yang sudah dihaluskan dicampur dengan gula pasir, garam, telur, dan santan. Adonan tersebut dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus hingga matang. Barongko juga bisa ditemui di Mama Toko Kue Jl. Adhyaksa.

dikemas dengan daun pisang [image source]

6. Sanggara Belanda

Sanggara belanda yang manis [image source]
Secara Harfiah, arti dari nama jajanan ini adalah Pisang Goreng Belanda. Kue ini berbahan dasar pisang raja yang memiliki rasa luar biasa enaknya. Konon, warga Belanda menyukai jajanan ini. Saat ini, sangat mudah menemukan Sanggara Belanda. Selain di toko jajanan tradisional, juga disediakan ketika ada kegiatan khas suku bugis, seperti pernikahan.

Rasakan sendiri manisnya [image source]
Itulah 6 makanan tradisional khas Makassar yang patut kamu coba. Jangan sampai kelewat saat liburan ke kota cantik di Pulau Sulawesi ini ya!

Advertisement
Tags
Indonesia jajanan tradisional Makassar Sulawesi Selatan
Share