Jajanan di Alun-alun Kidul Jogja, Enak dengan Harga Murah Meriah

Advertisement

Berlibur ke Jogja, terasa kurang jika tak sekalian mampir ke Alun-alun Kidul atau sebagai Alkid. Tempat yang ikonik dengan dua pohon beringin terkenal dengan persewaan mobil lampion, tempat bersantai, bermain egrang, jogging sore, serta berkuliner. Ada banyak makanan enak yang dijajakan di sini. Penasaran kan apa saja jajanan di Alun-alun Kidul Jogja ini? Berikut ulasan lengkap dari Kontributor Travelingyuk, Annissa Saputri.

1. Bakso Tusuk Kuwah Selera Anda

Bakso kuah ala Pakdhe via Annissa Saputri
Bakso kuah ala Pakdhe (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Bakso Kuwah Selera Anda atau lebih dikenal dengan Bakso Prasmanan memang menjadi idola beberapa waktu terakhir ini. Keunikan dari jajanan di Alun-alun Kidul Jogja ini adalah pembeli yang diberi kebebasan untuk mengambil sendiri bakso di panci. Jenisnya banyak, ada yang berukuran besar isi telur ayam, bakso urat, bakso isi telur puyuh, bakso kecil, dan tahu. Selain itu, pembeli juga diminta untuk menghitung sendiri pesanannya. Bapak penjual yang akrab dipanggil Pakdhe ini memang sangat ramah dan selalu memberi bonus pada pembelinya.

Baksonya prasmanan, ambil sendiri via Annissa Saputri
Baksonya prasmanan, ambil sendiri (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Untuk harganya pun terbilang sangat terjangkau, mulai Rp500 sampai Rp5.000 per bijinya. Tekstur baksonya empuk berpadu dengan rasanya yang gurih. Lengkap pula dengan kuah segar yang tak kalah dengan bakso di tempat lainnya. Irisan loncang, sambal, dan kecap pun membuat bakso ini lebih sempurna. Bermodal gerobak sepedanya, Pakdhe berjualan di sisi selatan Alun-Alun Kidul pada jam 16.00 hingga 17.30. Jika kita melihat ramai-ramai hingga penjualnya tidak terlihat, bisa dipastikan ini adalah Bakso Kuwah Selera Anda.

2. Es Goreng Pak Gatot

Gerobak sederhana Pak Gatot via Annissa Saputri
Gerobak sederhana Pak Gatot (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Pak Gatot sepertinya sudah cukup terkenal di kalangan pemburu kuliner Jogja. Ciri khasnya yaitu menawarkan es goreng dengan megaphone-nya. Tak heran jika banyak pembeli yang berminat untuk mampir. Celotehan Pak Gatot yang lucu dan ramah, membuat pembeli terhibur. Sementara es goreng di sini dibanderol harga Rp3.000 per potongnya. Pak Gatot biasanya berjualan dengan gerobaknya di sisi utara-barat Alun-Alun Kidul. Mudah menemukannya karena suara lewat megaphone-nya menggema ke seluruh Alun-Alun Kidul.

Es Goreng favorit semua kalangan via Annissa Saputri
Es Goreng favorit semua kalangan (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Es goreng yang ditawarkan memiliki rasa kacang hijau dan nangka yang kemudian dicelupkan ke dalam cokelat. Celupan cokelat yang langsung mengering inilah yang menyebabkan jajanan di Alun-alun Kidul Jogja ini disebut es goreng. Harga satu potongnya Rp3.000, tapi jika membeli dua potong dibanderol Rp5.000. Es goreng jadul khas jajanan SD milik Pak Gatot ini bisa jadi andalan untuk menyegarkan tenggorokan setelah lelah keliling Alun-alun. Dingin, manis, dan segar, sekaligus membuat kita nostalgia dengan jaman SD.

3. Lekkericious Alkid

Lekkericious Alkid via Annissa Saputri
Lekkericious Alkid (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Jajanan lain yang memiliki pembeli datang dan pergi silih berganti adalah kue lekker dengan gerobak dorong. Biasanya mangkal di sisi barat Alun-Alun. Gerobak ini tepat berada di dekat gapura menuju Jalan Patehan Lor. Lekker dengan penampakan tipis kering ini menawarkan ukuran mini dan jumbo. Untuk ukuran mininya dibanderol harga Rp1.000 hingga Rp3.000 per buahnya tergantung rasa. Sedangkan untuk ukuran jumbo harga per buahnya mulai Rp7.000 hingga Rp12.000.

Kue lekker tipis kering via Annissa Saputri
Kue lekker tipis kering (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Rasa yang ditawarkan beraneka ragam seperti cokelat gula, cokelat susu, pisang cokelat, keju susu, keju pisang susu, dan komplit. Salah satu yang menjadi favorit para pembeli adalah cokelat gula. Rasanya manis berpadu dengan gurih. Tekstur crispy yang ‘kress’ karena dimasak tipis kering. Nah, Lekkericious Alkid ini buka dari jam 06.00 hingga jam 24.00.

4. Tempura Alkid

Gerobak tempura Alkid via Annissa Saputri
Gerobak tempura Alkid (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Di sisi barat Alun-Alun, gerobak dengan jajanan gorengan juga banyak dijajakan. Gerobak berwarna hijau ini juga tak kalah ramai dengan lainnya. Berbagai macam tempura ini berhasil membuat para pengunjung Alkid mampir untuk mencicipi aneka tempura. Ada sosis, kaki naga, otak-otak, mie gulung, bakso, pangsit, kornet, tempura itu sendiri dan lainnya. Bikin ngiler kan?

Aneka tempura via Annissa Saputri
Aneka tempura (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Tempura di sini memang tidak semurah yang dijual di beberapa SD. Harganya Rp5.000 untuk enam potongnya. Bebas memilih apa saja untuk kemudian digoreng oleh Ibu penjual. Setelah matang kita bisa menikmati jajanan yang disajikan dengan piring ini. Hidangan tersebut sudah lengkap disajikan dengan saos tomat. Meski hanya beralaskan tikar, kamu bisa menikmati tempura sembari merasakan atmosfer sore Alun-Alun Kidul.

5. Wedang Ronde

Gerobak Wedang Ronde Alkid via Annissa Saputri
Gerobak Wedang Ronde Alkid (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Tak jauh dari gerobak tempura, ada penjual wedang ronde yang juga ramai oleh pembeli. Bahkan tak hanya orang lokal, namun beberapa turis juga terlihat mampir menikmati semangkok ronde di sini. Untuk harganya cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp7.000 per mangkok. Sambil menunggu penjualnya meracik, kita bisa lesehan sambil mengobrol santai dengan teman.

Wedang ronde yang segar dan hangat via Annissa Saputri
Wedang ronde yang segar dan hangat (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Wedangan yang terdiri dari kacang tanah, roti tawar, kolang-kaling, dan rondenya itu sendiri terasa lebih nikmat ketika disiram dengan kuah jahe. Rasanya yang manis dan sedikit pedas mampu menghilangkan dahaga dan menghangatkan badan tentunya. Khasiatnya untuk menghangatkan badan ini berasal dari jahe.

Berburu jajanan di Alun-alun Kidul Jogja memang menyenangkan. Jenisnya banyak, harganya juga murah meriah. Kuliner di atas hanya sebagian kecil dari banyaknya yang ada di Alun-alun Kidul. Jadi, kapan liburan ke Jogja?

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja Travelingyuk Yogyakarta
Share