7 Jajanan Ambon 10 Ribuan, Semuanya Enak Buat Camilan

Ambon punya banyak kuliner menarik yang wajib dicoba. Kali ini Travelingyuk rekomendasikan deretan jajanan Ambon 10 ribuan spesial untuk Teman Traveler. Mulai dari yang lembut, manis, maupun asin, semuanya dijamin mengenyangkan. Bisa jadi rekomendasi saat Teman Traveler berkunjung ke Kota Manise ini. Catat, ya.

Sagu Serut

Sagu Keju via Twitter/@bernard1985_

Ambon memiliki makanan pokok berbahan sagu, maka tak heran sagu serut menjadi jajanan favorit. Sagu serut ini seperti kue kering yang dicampur jahe dan kayu manis. Rasanya pun enak dan kaya aroma saat digigit.

Jika berkunjung ke Maluku khususnya Ambon, jajanan ini selalu laku untuk dijadikan oleh-oleh. Kamu pun bisa mencarinya di Pasar Mardika dengan harga Rp 15 – 20 ribu per bungkusnya.

Gogos

Gogos via Twitter/@bernard1985_

Gogos merupakan jajanan yang sering disajikan orang Ambon sebagai hidangan pembuka. Sajiannya memang mirip seperti lemper, namun ternyata jajanan ini tidak memakai ketan melainkan tumisan ikan yang dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dibakar.

Makanan inipun bisa kamu temukan di sekitar pasar tradisional Ambon dengan harga mulai dari Rp 5 ribu.

Bubur Ne

Bubur Ne via Instagram/@skachemical

Bubur Ne merupakan bubur sagu yang populer di Ambon. Bubur ini adalah bubur khas Maluku yang rasanya manis dan teksturnya kental. Rasa bubur ini agak mirip dengan kolak ubi di Jawa, namun hanya saja lebih lebih manis dan kental.

Satu mangkuk Bubur Ne ini berisi bubur, ubi, serta taburan kenari. Bagi para pecinta manis wajib mencobanya kalau sedang jalan-jalan ke Ambon. 

Rujak Natsepa

Rujak Natsepa via Instagram/@wowpedasnya

Sama seperti rujak pada umumnya, rujak ini juga terdiri dari aneka buah segar seperti kedondong, mangga, belimbing, jambu air, pepaya, hingga nanas. Namun menariknya, rujak ini ada tambahan ubi jalar. Rasa manis, pedas, dan asam yang bercampur menjadi satu sangat enak dan terasa pas di lidah.

Untuk mendapatkan Rujak Natsepa ini hanya dikenakan Rp 15 ribu.  Kamu pun bisa menemukannya di Pantai Natsepa yang berada di kawasan Suli, Salahutu atau sekitar 18 km dari pusat kota. 

Kopi Rarobang

Kopi Rarobang via Twitter/@asbonbon

Kamu mungkin akan bertanya-tanya melihat topping yang ada di atas kopi ini. Pasalnya topping tersebut adalah biji kenari. Yap, kopi Rarobang ini memadukan biji kenari dalam sajiannya.

Tak hanya kenari, minuman ini juga diolah dengan jahe putih dan madu.  Kopi yang digunakan dalam kopi ini adalah kopi robusta. Kamu pun mencoba kopi unik ini di Cafe Sibu-sibu yang berada di Jalan Said Perintah. Harganya hanya Rp 19.000 per cangkir. 

Sagu Lempeng

Sagu lempeng via Instagram/@rabb_hidayat

Selanjutnya ada sagu lempeng yang tak kalah enak. Sagu lempeng ini memiliki rasa yang manis sehingga memiliki sebutan sagu gula. Cara membuatnya dengan mencampurkan sagu dan kelapa kemudian dipanggang. 

Pada beberapa daerah, kadang sagu lempeng ini dibakar dan diberi isian gula aren yang nikmat. Camilan ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 2 ribu sampai 3 ribu di pasar tradisional Ambon. 

Asida

Asida via Instagram/@khadijah.samsu

Terakhir yang tak kalah menarik, ada Asida. Asida ini terbuat dari terigu yang dicampur dengan gula merah, mentega, bubuk kayu manis, serta kapulaga. Camilan ini seringkali menjadi takjil favorit saat Ramadhan tiba.

Jika ingin mencoba makanan ini kamu bisa mencarinya di beberapa pasar tradisional Ambon dengan harga kisaran Rp 4 ribu – 7 ribu.

Itu dia deretan jajanan Ambon 10 ribuan yang wajib dicoba Teman Traveler. Bagi pecinta manis pasti bakal ketagihan mencoba jajanan ini. Jadi mau incip yang mana dulu?

Tags
Ambon jajanan ambon kuliner kuliner ambon
Share