Kuliner Khas Maluku Terbuat dari Sagu, Rekomendasi untuk Dicicipi saat Festival Teluk Jailolo

Festival Teluk Jailolo yang berlokasi di Halmahera Barat, Maluku Utara digelar pada tanggal 24-29 Juni mendatang. Acara tahunan ini masuk dalam Calender of Event 2019 Kementerian Pariwisata dan kental dengan nuansa budaya di dalamnya. Buat Teman Traveler yang berencana datang, jangan lewatkan mencicipi berbagai sajian istimewanya . Inilah kuliner khas Maluku terbuat dari sagu, bisa dicicip-cicip ya.

Sagu Woku Komo-Komo

Sagu Woku, via Instagram/kulinerindonesia_
Sagu Woku, via Instagram/kulinerindonesia_

Sagu Woku Komo-komo merupakan kuliner asal Maluku berbahan dasar sagu yang dicampur dengan bumbu-bumbu kemudian ditambah dengan jeroan ikan dan air. Adonan sagu ini kemudian dibungkus menggunakan daun wongka lalu dipanggang dengan menggunakan bara api hingga kering dan matang. Cocok menjadi lauk ya. Masuk dalam jajaran kuliner unik yang sangat perlu buat dicoba, kan?

Sagu Bakar

Talam Sagu, via Instagram/inaonik
Talam Sagu, via Instagram/inaonik

Kuliner khas Maluku selanjutnya yang perlu dicoba adalah sagu bakar. Merupakan camilan yang sangat nikmat disantap kala sore hari bersama dengan teh manis hangat. Bahan dasar pembuatan sagu bakar adalah sagu, parutan kelapa, gula merah atau taburan saus cokelat. Proses pembakaran ini memakan waktu 30-60 menit lamanya.

Bubur Sagu Ubi

Bubur sagu ubi, via Instagram/kede_koetja
Bubur sagu ubi, via Instagram/kede_koetja

Ada pula yang namanya bubur sagu ubi yang cukup kondang di Maluku. Cara pengolahannya juga cukup mudah dan bisa diolah sendiri di rumah. Bahan-bahannya antara lain sagu lempengan, gula merah, gula pasir, daun pandang, ubi merah rebus kemudan dilengkapi dengan santan kental dan taburan kenari. Sangat mantap dimakan saat hangat.

Papeda

Papeda, via Instagram/yogakuyoga
Papeda, via Instagram/yogakuyoga

Kuliner khas Maluku terbuat dari sagu lainnya adalah papeda. Bisa dibilang ini merupakan makanan pokok masyarakat Maluku. Papeda ini sendiri adalah bubur sagu yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol yang dibumbui. Teksturnya lengket dan rasanya tawar. Untuk mempermudah pengambilannya, orang-orang akan menggunakan alat semacam sumpit.

Sanole

Sanole, via Instagram/mala.tours
Sanole, via Instagram/mala.tours

Sanole merupakan kuliner yang terbuat dari bahan dasar sagu yang dicampur dengan isian gula aren. Citarasanya adalah gurih dan juga manis. Tampilannya mirip dengan dadar gulung yang biasanya kamu santap lho. Kemudian bagian dalamnya akan ada saos berwarna putih kecoklatan yang merupakan cairan gula. Buat yang pengin manis-manis, bisa dicoba ya.

Terutama buat kamu yang menyaksikan Festival Teluk Jailolo ini, cicipi berbagai makanan yang ditawarkan ya. Jangan sampai berkunjung ke suatu tempat namun tidak mencicipi kulinernya, rugi banget tau!

Tags
Indonesia kuliner khas Maluku terbuat dari sagu kuliner maluku sagu Maluku
Share