Itinerary 2D1N Banyuwangi, Serasa Liburan ke Negeri Lord of The Rings

Siapa sih yang tidak tertarik melihat keindahan alam dan budaya dari Banyuwangi? Kota kecil yang terletak di ujung timur pulau jawa ini memang seakan menjadi list wajib para traveler yang ingin mengeksplor segala potensi alam Indonesia. Untuk kamu yang tertarik, intip yuk itinerary 2D1N Banyuwangi berikut ini.

Hutan Djawatan Benculuk mirip hutan LOTR

itinerary 2d1n banyuwangi
Hutan The Lord of The Ring versi Banyuwangi (c) Gadis Hadianty/Travelingyuk

Hari pertama tiba di Banyuwangi, kamu bisa berkunjung ke tempat unik yang berada di daerah Berucuk. Perjalanan ke sana menghabiskan waktu sekitar 1 jam dari pusat kota Banyuwangi. Hutan Djawatan Benculuk dikenal mirip dengan Hutan The Lord of The Rings. Jika ingin berkunjung kamu bisa menggunakan goole maps agar rutenya lebih mudah.

itinerary 2d1n banyuwangi
Banyak spot yang sangat menarik (c) Gadis Hadianty/Travelingyuk

Awal memasuki Hutan Djawatan, kamu akan dibuat takjub dengan banyaknya pepohonan trembesi tua dan rindang sepanjang area. Saat yang paling tepat untuk hunting foto di sini adalah pagi dan sore hari. Cahaya yang masuk dari sela-sela pohon seakan menambah kesan dramatis.

Selain menawarkan area foto berlatar hutan, ada juga sebuah rumah pohon yang menjadi salah satu spot favorit traveler. Semakin siang hari nantinya akan ada banyak yang menjual makanan dan kusir andong yang siap untuk mengajak berkeliling hutan. Untuk tiket masuknya dikenai biaya Rp 10 ribu rupiah per orang.

Taman Nasional Baluran serasa di Afrika

20181230171824_img_8135_XKH.JPG
Serasa di Padang Afrika (c) Gadis Hadianty/Travelingyuk

Dari lokasi utama menuju Taman Nasional Baluran memang terbilang cukup jauh. Waktu untuk menempuh Taman Nasional ini adalah sekitar 1,5 jam. Taman Nasional Baluran merupakan list wajib yang dikunjungi traveler yang pertama kali datang ke Banyuwangi, tepatnya Situbondo.

Menjelajahi tempat ini seakan membawa traveler berpindah menuju pesona hutan Afrika, tak heran kalau taman ini memiliki julukan Africa Van Java.

img_20181230_173820_kEm.jpg
Spot foto wajib ketika di Taman Nasional Baluran (c) Gadis Hadianty/Travelingyuk

Selain disuguhi dengan keindahan dari Savana Bekol dan beberapa satwa liar, terdapat pula beberapa wisata alam lainnya yang mengelilingi Taman Nasional Baluran ini. Ada Pantai Bama dan Hutan Mangrove yang tak kalah menarik untuk dikunjungi Teman Traveler.

img_20181230_164716_dbP.jpg
Jangan lupa melihat indahnya Pantai Bama (c) Gadis Hadianty/Travelingyuk

Dengan menggunakan kendaraan pribadi, traveler bisa mengelilingi setiap sudut lokasi ini dengan bebas. Untuk tiket masuk ke Taman Nasional Baluran berkisar Rp 17 ribu per orang.

Menikmati indahnya Waduk Bajulmati

20181230135305_img_8091_PE0.JPG
Pemandangan Waduk Bajulmati (c) Gadis Hadianty/Travelingyuk

Nama Waduk Bajulmati mungkin memang masih kurang terdengar familiar. Namun waduk yang berada tidak jauh dari Taman Nasional Baluran ini memiliki keindahan yang tak boleh dilewatkan. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Raja Ampat versi Banyuwangi.

Kurang lebih 20 menit berkendara, kamu akan tiba di area waduk dengan pemandangan hamparan bukit menjulang dikelilingi air waduk. Untuk tiket masuknya sekitar Rp 20 ribu per kendaraan.

Kawah Ijen dengan kecantikan warna tosca

fb_img_1567936686930_OlR.jpg
Warna kawah tosca milik Ijen yang indah (c) Dodik Hadinata/Travelingyuk

Hari kedua belum lengkap namanya jika tidak ke Kawah ijen. Kawah ijen dikenal memiliki blue fire dan cuma ada dua di dunia. Letaknya di perbatasan Kabupatan Banyuwangi dan Bondowoso dengan ketinggian 2.386 mdpl. Lama pendakian untuk sampai di Kawah Ijen sekitar 2-3 jam berjalan kaki.

Jika keberatan untuk mendaki, pengelola menyediakan jasa ‘taksi’ dengan menggunakan gerobak tenaga manusia, yang tentunya memasang tarif yang cukup mahal. Hal ini karena rute menuju pos awal pendakian banyak sekali tanjakan, turunan curam, dan tikungan tajam. Sangat disarankan bagi yang ingin berkendara pribadi agar memulai perjalanan tidak terlalu larut malam.

Kawah Wurung yang tak kalah menarik

20181231083832_img_8213_zzY.JPG
Bukit Teletubies ala Kawah Wurung (c) Gadis Hadianty/Travelingyuk

Selain Kawah Ijen, terdapat salah satu wisata indah lainnya yang masih satu jalur perjalanan dari Kawah Ijen. Butuh waktu sekitar 1 jam dengan berkendara untuk tiba di Kawah Wurung. Tempat ini dikatakan sebagai Bromonya Banyuwangi yang sama-sama memiliki hamparan indah bukit Teletubies. Nama Kawah Wurung ini berasal dari bahasa Jawa yang berarti kawah yang tidak jadi atau kawah yang mati.

Rutenya tidak terlalu sulit untuk di capai, dengan jalan beraspal dan beberapa titik jalan berpasir. Sebelum tiba di Kawah Wurung, nantinya akan melewati jalanan menanjak dan bergelombang sejauh 100 meter yang dinamakan dengan Tanjakan Cinta. Ujung dari tanjakan ini adalah sebuah bukit melingkar yang disebut Bukit Cincin. Bukit Cincin merupakan sebuah kubangan besar yang membentuk seperti kaldera besar.

20181231083406_img_8205_761.JPG
Kawah Wurung, alternatif wisata selain Kawah Ijen (c) Gadis Hadianty/Travelingyuk

Dari parkir kendaraan, hanya dibutuhkan sekitar 15 menit untuk sampai diatas kawah. Di atas bukit kawah ini kamu bisa menyaksikan hamparan luas rumput dengan beberapa fauna yang tengah asik bermain. Pemandangan sekitar Kawah Wurung seakan mengingatkan akan hamparan hijau di New Zealand.

Nah itu dia itinerary 2D1N Banyuwangi yang bisa membawamu serasa keliling dunia. Yuk sempatkan waktu untuk datang ke sini. Selamat Traveling!

Tags
itinerary banyuwangi wisata banyuwangi
Share