Istana Sakura, Nuansa ala Negeri Samurai di Blitar

Mendengar nama Istana Sakura, Teman Traveler mungkin langsung berpikir soal Jepang. Salah! Destinasi satu ini masih ada di Indonesia kok. Meski begitu, suasana gak kalah keren dibanding di Negeri Matahari Terbit lho.

Istana Sakura termasuk wisata Blitar yang terbaru. Teman Traveler bisa rasakan suasana ala Jepang tanpa harus terbang ribuan kilometer jauhnya. Penasaran seperti apa penampakannya? Yuk, simak pengalaman kunjungan saya Teman Traveler.

Destinasi Hits Blitar

Berfoto di spot ini harus antre lho (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Istana Sakura saat ini sedang hits di kalangan anak muda Blitar lho. Tak heran jika dalam beberapa waktu terakhir, jumlah pengunjungnya cukup membludak. Sepertinya masih banyak traveler penasaran ingin tahu seperti apa keiistimewaan wisata ala Jepang ini.

Mudah Diakses

Jadi salah satu wisata hits (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Bertempat di Desa Kemloko, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, destinasi anyar ini seolah tak pernah sepi pengunjung. Jika penasaran, Teman Traveler bisa mampir antara pukul 08.00 hingga 17.00.

Keberadaan Istana Sakura memang tak pelak menjadi tambahan amunisi baru bagi Kabupaten Blitar untuk menggaet wisatawan anyar. Begitu pula dengan para traveler loyal yang sebelumnya sudah banyak habiskan waktu di Kota Koi. .

Kolam dengan jembatan merah (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Akses jalan mulus dan mudah juga jadi keuntungan tersendiri buat Istana Sakura. Pengunjung jadi lebih gampang menemukan lokasi wisata yang terletak di kawasan perkampungan ini. Selain itu area parkirnya juga cukup luas, sanggup mampu menampung kendaraan dalam jumlah lumayan. Sayang, permukaan lahannya masih berupa tanah.

Bagai Liburan di Jepang

Wajah depan Istana Sakura (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Dinding depan Istana Sakura dihiasi mural dengan tema ala Jepang. Begitu melewatinya, Teman Traveler akan melihat pintu masuk unik dengan desain melingkar. Melangkah lebih jauh, kalian bakal disambut jejeran replika bunga sakura. Semua ditata mengikuti alur jalan pada kedua sisinya. Suasana ala Jepang makin terasa berkat kehadiran gapura kayu bercat merah khas Negeri Matahari Terbit.

Fasilitas permainan anak (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Begitu saya sampai di area utama, pengunjung sudah bukan main ramainya. Kebanyakan adalah anak-anak muda yang sedang sibuk berswafoto.

Tapi jangan khawatir Teman Traveler, tempat ini juga cocok untuk berwisata bersama keluarga kok. Bagi yang membawa anak-anak, tersedia kolam renang dengan mainan balon raksasa. Tentunya buah hati bakal senang jika diajak bermain-main di sini.

Replika Rumah Tradisional dan Kincir Angin

Replika rumah tradisional Jepang (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Di tengah area wisata, pengelola menghadirkan replika rumah tradisonal ala Jepang. Terlihat menarik, dengan hiasan menyerupai tumpukan salju di bagian atapnya. Agar tampak makin otentik, ditambahkan pula deretan lampu taman ala Negeri Sakura.

Air mancur berbentuk teko arak (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Di depan replika rumah terdapat sebuah taman mungil dengan kolam berhiaskan teko arak raksasa. Desainnya memang cukup unik, cocok juga jika dijadikan latar belakang berfoto.

Replika kincir angin (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Ketika saya berkunjung, Istana Sakura masih dalam tahap pembangunan dan pengembangan. Ada beberapa bagian yang belum sepenuhnya rampung. Meski demikian, hal tersebut tak mengurangi animo pengunjung. Buktinya banyak pengunjung memilih tempat ini untuk habiskan liburan, sekaligus hilangkan rasa penasaran akan nuansa ala Jepang yang ditawarkan.

Rest Area dan Kuliner

Terapi ikan yang memanjakan pengunjung (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Bagi pengunjung yang kelelahan dan ingin istirahat sejenak, pengelola Istana Sakura menyediakan tempat luas dengan panggung musik terbuka. Teman Traveler juga bisa mengisi perut di kantin yang tawarkan menu dan nuansa ala Jepang. Dijamin bakal bikin liburan kalian terasa makin lengkap.

Kedai dengan nuansa ala Jepang (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Secara keseluruhan, saya rasa Istana Sakura sudah merepresentasikan kondisi dan suasana ala Jepang. Di masa mendatang, destinasi ini kabarnya juga bakal sediakan persewaan kimono dan menambah spot foto anyar. Bagaimana Teman Traveler, tertarik? Jangan lupa mampir ketika jalan-jalan di Blitar ya.

Tags
Blitar kontributor Travelingyuk wisata blitar
Share