Trip Istana Presiden, Rasakan Sensasi Jadi Pemimpin Negeri Selama Sehari

Sebagai masyarakat biasa, kita seringkali penasaran dengan barang-barang apa saja yang ada dalam Istana Presiden. Memang kerap tayang di televisi, namun jika dirasa kurang puas, kamu bisa melihatnya secara langsung lho.

Ada beberapa Istana Presiden di Dunia yang dibuka untuk umum. Meskipun tidak setiap hari dan ada yang terbatas beberapa waktu saja, namun setidaknya kamu bisa ‘mencicipi’ kehidupan pemimpin negeri dalam sehari ya.

Istana Merdeka Indonesia

Depan tangga Istana Merdeka/via instagram @fafeby
Depan tangga Istana Merdeka,via instagram/fafeby

Istana Merdeka dibangun sejak tahun 1873 oleh Gubernur Jenderal J. W. van Lansberge. Lokasi ini memang salah satu yang cukup bersejarah di Indonesia, menjadi saksi bisu penandatanganan naskah pengakuan Kedaulatan Republik Indonesia Serikat (RIS) oleh Pemerintah Belanda di tahun 27 Desember 1949 yang lalu.

Kala itu, Sang Saka Merah Putih berkibar dengan gagahnya. Banyak orang berkumpul dan berteriak kencang menyerukan kata “Merdeka!”. Semenjak saat itulah, tempat ini diberi nama dengan Istana Merdeka. Senangnya, kamu bisa berkunjung ke Istana Merdeka. Ada namanya program Istura atau Istana untuk Rakyat dan melihat isinya. Kamu bisa menyakasikan secara langsung kemegahan di dalam Istana Merdeka dengan gratis!

Istana Kepresidenan Abu Dhabi

Istana Kepresidenan Abu Dhabi, via Instagram/bhupendrabagla
Istana Kepresidenan Abu Dhabi, via Instagram/bhupendrabagla

Tidak hanya Istana Merdeka saja yang dibuka untuk umum, Istana Kepresidenan Abu Dhabi juga. Awal bulan Maret 2019, istana yang selama ini terkenal dengan kemegahannya dibuka untuk umum. Para pengunjung boleh menyaksikan ruangan-ruangan di Qasr Al Watan. Banyak hal mewah dan megah yang bisa kamu lihat di dalam Istana Kepresidenan Abu Dhabi ini.

Istana yang begitu megah, via Instagram/ahlamalmazmi
Istana yang begitu megah, via Instagram/ahlamalmazmi

Gedung megah milik pemerintah Abu Dhabi ini sudah selesai dibangun sejak tahun 2015 yang lalu. Tidak hanya sebagai gedung pemerintahan saja, tempat ini juga merupakan lokasi tinggalnya pangeran mahkota dan sejumlah menteri. Istana dibuka mulai dari pukul 10:00-20:00 waktu setempat. Harga tiketnya dibedakan menjadi dua macam Palace & Garden Ticket dan Garden Only Ticket.

White House Amerika Serikat

White House saat musim salju, via Instagram/whitehouse
White House saat musim salju, via Instagram/whitehouse

Dari Abu Dhabi kita langsung ke Amerik Serikat yang juga membuka White House untuk umum. White House ini merupakan kediaman resmi dari Presiden Amerika Serikat yang telah berusia 200 tahun. Gedung ini memiliki bentuk bangunan yang sangat megah dan mempunyai warna putih nan mengesankan. Gedung ini menjadi saksi bisu beberapa pergantian penguasa di Amerika.

Buat yang ingin berkunjung ke tempat ini saat traveling ke Amerika Serikat, kamu bisa datang pada hari Selasa-Sabtu setiap pagi. Kamu tidak perlu membayar tiket untuk bisa masuk ke dalam gedung. Namun tentu saja harus dengan pengamanan atau pemeriksaan yang ketat terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam istana.

Istana Versailles Perancis

Begitu mewah, via Instagram/brunasantos0
Begitu mewah, via Instagram/brunasantos0

Lokasi selanjutnya adalah Istana Versailles. Tempat ini bahkan sudah tercatat dalam World Heritage Site pada tahun 1979 yang lalu. Ternyata, awalnya tempat ini hanya difungsikan sebagai lokasi peristirahatan sementara bagi pemimpin dan rombongannya usai menyalurkan hobi berburunya. Kemudian di tahun 1661, setelah Raja Louis XIV naik tahta, barulah istana ini dijadikan kediaman resmi.

Istana Versailles Perancis, via Instagram/ambxxr
Istana Versailles Perancis, via Instagram/ambxxr

Istana ini begitu megah, hampir di setiap sudutnya kamu bisa menikmati arsitektur mewah khas Eropa. Ornamen-ornamen di dalamnya juga begitu berkelas. Sangat cantik diabadikan dalam kamera. Kamu perlu mampir ke tempat ini ya. Harga tiketnya berbeda-beda tergantung lokasi yang akan dituju. Sementara buat kamu yang masih berusia di bawah 18 tahun, gratis!

Apakah ada Istana Presiden lainnya yang bisa dikunjungi? Yuk bagikan informasinya di kolom komentar.

Tags
Dalam negeri Istana Presiden Luar negeri Wisata Istana Presiden
Share