Wisata Keliling Istana Kepresidenan? Begini Caranya

Belakangan Istana Negara sedang ramai kunjungan. Mulai dari duo komedian Vincent dan Desta hingga beberapa ulama dari antar daerah yang melakukan kunjungan. Ternyata, bukan hanya orang-orang penting saja yang bisa masuk ke dalam Istana Kepresidenan. Warga sipil pun dapat melihat dan berkeliling di dalam wilayah orang nomor satu di Indonesia tersebut. Tapi bagaimana ya caranya?

1. Ikut Program ISTURA

Seorang pengunjung sedang berfoto di depan tangga Istana Merdeka via instagram/@fafeby

ISTURA merupakan kepanjangan dari Istana Untuk Rakyat. Program istana untuk masyarakat yang memperbolehkan siapa saja untuk masuk dan tur keliling. Dengan begitu setiap kalangan masyarakat dapat melihat langsung seperti apa tempat nomor satu di Indonesia tersebut.

Segala lapisan masyarakat dapat datang dan berkunjung via instagram/@halilintarasmid

2. Datang Langsung dan Mendaftar

Tangga di depan gerbang utama Istana Merdeka via instagram/@achmad.fahrurozi

Jika ingin berkunjung ke Istana Merdeka, kamu dapat langsung saja datang dan mendaftar di pos pendaftaran yang telah disediakan. Baik untuk rombongan maupun perorangan, Istana Merdeka dibuka untuk umum pada hari Sabtu dan Minggu. Kebijakan ini hanya berlaku di Istana Kepresidenan pusat, berbeda dengan istana daerah.

Pengunjung sedang berfoto dengan patung pasukan upacara Istana Merdeka via instagram/@doni_juanto

3. Daftar Jauh Hari untuk Istana Daerah

Bagian koridor samping via instagram/@maulnarifff

Istana daerah memiliki kebijakan yang berbeda, untuk dapat masuk ke tempat-tempat tersebut. Kamu harus membuat surat izin sejak jauh-jauh hari dan ditujukan kepada Kepala Rumah Tangga Kepresidenan u.p. Kepala Istana Setempat. Surat permohonan izin kunjungan dapat diantar langsung, dikirim melalui pos, atau faks ke: Biro Istana-istana, Rumah Tangga Kepresidenan, Tlp. (021) 23545001, ext. 7171, 7276, Faks. (021) 3442224; atau Istana Presiden di daerah yang dituju.

Rute tur yang cukup panjang via instagram/@deejay_________

4. Rute Seru dan Benda-benda Bersejarah

Gambar aerial Istana Merdeka via instagram/@martinrimbingjr

Ketika masuk ke Istana Merdeka, kamu tak akan dilepas begitu saja. Namun mendapat tour guide yang akan menemani selama perjalananmu di dalam. Rute yang ditempuh juga cukup banyak dan beragam. Seperti halaman depan kantor presiden, koridor samping wisma negara, dan masih banyak tujuan yang lainnya.

Bagian depan Istana Merdeka via instagram/@gallivantingaroundweb

Ternyata bukan orang penting saja yang dapat masuk ke dalam kawasan Istana Kepresidenan, rakyat biasa juga dapat melihat langsung. Semoga setelah masuk ke Istana Kepresidenan, bibit-bibit nasionalisme kalian semakin tumbuh subur, ya!

Tags
Indonesia Istana kepresidenan Istana merdeka Wisata
Share