Istana Gebang, Kediaman Keluarga Bung Karno di Blitar yang Menakjubkan

Blitar dan Bung Karno merupakan dua hal yang tak dapat terpisahkan. Setiap mendengar nama Blitar, spontan ingat Bung Karno. Bagaimana tidak, kota ini merupakan tempat lahir Bung Karno. Bahkan banyak tempat bersejarah yang berhubungan dengan Presiden pertama RI di kota ini. Seperti Makam Bung Karno, Museum, Perpustakaan Nasional Bung Karno hingga Istana Gebang.

Yap, Istana Gebang menjadi salah satu yang tak luput dari sorotan. Destinasi tersebut menyimpan sejarah yang tak boleh terlewatkan. Seperti apa isi di dalamanya? Yuk, simak cerita Kontributor Travelingyuk, Verwati Iriani berikut

Kediaman Bung Karno yang Masih Terawat

Salah satu ruangan di Istana Gebang
Salah satu ruangan di Istana Gebang (c)Verwati Iriani/Travelingyuk

Banyak wisatawan luar Blitar yang tak tahu menahu dengan kediaman ini. Rumah tua ini yang berkaitan erat dengan Bung Karno karena menjadi tempat istirahat di masa kecilnya. Asal usul rumah ini berawal dari Sang Ayahanda Bung Karno yaitu R.Soekeni Sosrodihardjo yang dipindahkan tugaskan dari Mojokerto ke Blitar. Beliau menjabat sebagai Guru Sekolah Guru Laki-Laki (Normal Jongens School) yang sekarang bernama SMAN 1 Blitar.

Dulunya, Istana Gebang ini tidak begitu dikenal dan kurang familiar. Hal ini karena rumah tersebut masih dimiliki dan dikuasai oleh ahli waris atau kerabat Bung karno. Namun, kini rumah tua tersebut telah dimuseumkan dan dapat dikunjungi.

Rumah Tua dengan Interior khas Belanda

Istana Gebang
Istana Gebang (c)Verwati Iriani/Travelingyuk

Sebelum memasuki rumah (Istana Gebang), Teman Traveler akan disuguhkan dengan patung Bung Karno di depan rumah. Selanjutnya, disambut bangunan tua yang terawat dengan baik.Ciri khas perumahan masa lalu dengan aksen Belanda cukup kental di setiap sudutnya. Arstitektur unik ini ternyata berasal dari pemilik terdahulunya yang seorang warga Belanda CH. Porteir, seorang pegawai kereta api di Blitar.

Dokumentasi Pribadi (blog pribadi) kamar Bung Karno
Kamar Bung Karno (c)Verwati Iriani/Travelingyuk

Nuansa khas zaman dulu jelas terasa saat memasuki setiap ruangannya. Hampir setiap ruangan dilengkapi dengan perabotan yang masih utuh. Mulai dari ruang tamu yang masih utuh dengan kursi-kursi kayu anyaman hingga kamar tidur tamu yang tertata rapi. Daya tarik lain hadir dari kamar Sang Proklamator yang masih tertata seperti aslinya. Rapi dengan sprei putih dan tudung kamar tidur.

Perabotan Antik yang Cantik

Dokumentasi Pribadi (blog pribadi) ini adalah ruang tengah Istana Gebang
Ruang tengah Istana Gebang (c)Verwati Iriani/Travelingyuk

Selain kamar Bung Karno, tempat istirahat Ibundanya pun tak kalah menarik perhatian. Ruangan tersebut dilengkapi dengan cermin rias besar dan kamar mandi dalam. Halaman belakang lengkap dengan sumur tuanya dan berbagai ruangan lainnya. Sangat bersih, wangi, dan tertata rapi.

Dokumentasi Pribadi (blog pribadi) perabot kediaman keluarga Bung Karno
Perabot kediaman keluarga Bung Karno (c)Verwati Iriani/Travelingyuk

Seakan melewati pintu ajaib ke masa lalu, Teman Traveler juga bakal dibuat takjub ketika memasuki dapur.  Ruangan ini dilengkapi dengan perabotan lengkap. Ada pemanggang roti, toples, alat penggorengan, lemari es, lemari kuno, sepeda kuno, hingga meja makan yang tertata seperti aslinya.

Bangunan Belakang yang Tak Kalah Menawan

Dokumentasi Pribadi (blog pribadi) perabot kediaman keluarga Bung Karno
Perabot kediaman keluarga Bung Karno(c)Verwati Iriani/Travelingyuk

Rumah masa kecil presiden pertama Indonesia memiliki beberapa ruangan. Ada rumah induk, bangunan belakang, rumah keluarga cikal bakal, paviliun, dapur, rumah pembantu, balai kesenian, bekas kandang kuda, bekas lumbung padi dan garasi yang masih menyimpan mobil Bung Karno yang beliau gunakan saat berkunjung ke Blitar.

Mobil milik Bung Karno
Mobil milik Bung Karno(c)Verwati Iriani/Travelingyuk

Istana Gebang terletak di Jl. Sultan Agung no 95, Sananwetan, Kota Blitar. Akses menuju ke sana sangatlah mudah, jika kalian turun di Stasiun Blitar bisa dijangkau dengan becak, ojek, bahkan kendaraan umum transportasi mirip bajai dengan harga terjangkau pula. Lokasinya masih di kota, jadi beragam penawaran transportasi murah menuju ke sana. Dari terminal kalian juga bisa menjangkau dengan ojek pula.

Bagaimana, tertarik untuk jelajah Istana Gebang yang menjadi rumah masa kecil Bung Karno ini kan? Jangan lupa untuk jelajah wisata di Blitar lainnya, ya!

Tags
Blitar Indonesia Jawa Timur Travelingyuk Wisata Bersejarah Wisata Bersejarah Blitar wisata blitar
Share