Mengarungi Kehidupan Masa Lalu Sang Proklamator di Istana Gebang Blitar

Advertisement
Advertisement

Blitar memang dari dulu terkenal dengan tanah kelahiran Ir. Soekarno. Oleh karenanya, banyak orang yang ingin berkunjung ke kota ini untuk berwisata sejarah. Tapi, banyak yang belum tahu kalau di sana ada rumah Bung Karno yang dijadikan tempat wisata. Masyarakat setempat biasa menyebutnya dengan Istana Gebang Blitar. Kalau kalian penasaran dengan tempat ini, bisa simak ulasan berikut.

1. Disambut Patung Gagah Sang Proklamator

istana gebang
Patung Bung Karno di bagian depan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Ketika kalian masuk ke tempat ini pasti akan langsung disambut dengan patung sang proklamator di bagian depan. Cukup tinggi dan mungkin akan membuat siapa saja terpana melihatnya. Patung ini seolah menegaskan kalau Istana Gebang adalah rumah milik sang proklamator.

2. Gong Perdamaian Dunia Menghiasi Halaman Rumah

istana gebang
Gong Perdamaian Dunia (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di sini, Teman Traveler juga akan menemukan sebuah gong perdamaian dunia. Letaknya berada di sisi kanan halaman depan. Namun, gong ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan yang ada di komplek pemakaman Bung Karno.

3. Banyak Benda Peninggalan Bung Karno

istana gebang
Area ruang tamu (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Setelah masuk ke bangunan utama, kalian akan melihat ruang tamu yang kental dengan nuansa Jawa klasik. Dilengkapi dengan kursi rotan yang dipadu meja kayu. Kemudian di bagian dinding, ada sejumlah lukisan dan foto masa lalu Bung Karno.

istana gebang
Meja kerja Bung Karno (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Masuk lebih dalam, kalian akan melihat area ruang tengah. Di dalam ruangan ini masih banyak furniture kayu, mulai dari kursi rotan, meja kayu, lemari lengkap dengan ukirannya serta lampu gantung klasik . Tapi yang cukup menyita perhatian adalah meja kerja Bung Karno di sudut ruangan. Di atas meja ini masih dilengkapi mesin ketik yang sudah digunakan sejak dulu.

lrm_export_20190802_210218_zoI.jpg
Area kamar tidur (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Kemudian, ada juga kamar yang masih terjaga kelestariannya. Semuanya masih tertata rapi dengan segala perlengkapannya. Bahkan di salah satu kamar ada radio kuno yang tak pernah dipindah dari tempat asalnya.

lrm_export_20190802_210316_kmo.jpg
Salah satu ruangan di area belakang (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Nah, kalau kalian berjalan ke area belakang akan menemukan beberapa ruangan. Ada ruang makan, ruang rapat, dapur dan juga kamar pembantu rumah tangga. Lalu, di depan ruang makan kalian akan medapati sebuah teras dengan meja panjang dan juga beberapa kursi. Di tempat inilah Bung Karno biasa berkumpul dengan rekan seperjuangan atau bersama keluarga.

4. Ada Koleksi Foto dan Gamelan

lrm_export_20190802_205911_Ouq.jpg
Foto-foto lawas (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Masih di bagian teras belakang, ada juga kumpulan foto zaman dulu. Foto-foto ini mengisahkan semua perjalanan hidup Bung Karno saat masih tinggal di Kota Blitar. Seperti foto bersama kerabat, teman-teman, saudara dan bahkan saat beliau mulai terlibat dalam usaha kemerdekaan Indonesia.

lrm_export_20190802_210339_vlT.jpg
Koleksi gamelan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain itu, ada juga satu set gamelan Jawa yang terpajang di sudut teras. Walaupun sekarang sudah tidak dimainkan lagi, tapi keadaan alat musik tradisional koleksi keluarga Bung Karno ini masih sangat terawat.

5. Kentongan Hingga Mobil Mewah Kuno Menghiasi Halaman Samping

lrm_export_20190802_210008_C7f.jpg
Kentongan dengan ukiran indah (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di halaman samping juga tak kalah menarik perhatian. Di sana terdapat “Kenthong Robyong” yang merupakan kentongan yang digunakan warga zaman dulu. Tapi sebenarnya kentongan ini barus saja diresmikan tanggal 16 Juni 2019 lalu, setelah para seniman Kota Blitar berinisiatif untuk membuat karya seni dari batang kayu pohon gada yang tumbang  di halaman Istana Gebang beberapa waktu silam.

lrm_export_20190802_205936_SQg.jpg
Mobil kuno (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selanjutnya, ada garasi yang berisika dua buah mobil. Pertama adalah VW Kodok yang merupakan kendaraan operasional Istana Gebang dan bukan peninggalan Bung Karno. Lalu yang satunya lagi adalah mobil sedan Mercedes lawas yang merupakan peninggalan Bung Karno dan pernah dipakai saat beliau menjadi Presiden Republik Indonesia. Mobil Mercedes ini dibuat khusus oleh pabrikannya untuk Bung Karno, karena di bagian depan tersemat bendera Republik Indonesia.

Demikianlah jalan-jalan ke rumah Istana Gebang yang ada di Blitar. Semua yang ada di dalamnya, tampak rapi dan masih terjaga kelestariannya. Kalau Teman Traveler ingin ke sana, langsung datang ke Jl. Sultan Agung, Kelurahan Bendo Gerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar.

Advertisement
Tags
Blitar Indonesia istana gebang blitar Jawa Timur kontributor Wisata
Share