Island Hopping di Berau Kalimantan Timur, Serunya Bisa Bermain Ubur-ubur Tanpa Takut Disengat!

Advertisement

Island Hopping di Berau Kalimantan Timur akan jadi aktivitas seru saat menjelajah bagian timur Pulau Borneo. Di salah satu pulaunya, Teman Traveler bahkan bisa bermain dengan ubur-ubur, tanpa perlu takut tersengat! Jika punya rencana untuk menghabiskan libur panjang di Kalimantan, pastikan deretan wisata berikut ini menjadi pilihan!

1. Pulau Kaniungan

Panorama Pulau Kaniungan via Instagram/cece_chaann

Pesisir pantai yang penuh dengan hamparan pasir siap menyambut kedatangan Teman Traveler setibanya di Pulau Kaniungan. Namanya memang belum terlalu banyak dikenali. Namun keindahannya, semacam surgawi! Luas pulau ini tiga kali lebih besar dari Derawan.

Jernihnya Air di Kaniungan via Instagram/ancu__

Untuk sampai ke lokasi, perjalanan memang cukup panjang. Dari Tanjung Redeb, butuh waktu sekitar 5-6 jam perjalanan darat menuju Kecamatan Biduk-Biduk.

Setelah itu, lanjutkan dengan kapal dari Dermaga Teluk Sulaiman untuk menyebrang ke Kaniungan. Waktu tempuhnya kurang lebih 15 menit dengan biaya sewa kapal sekitar Rp500 ribu untuk 7 orang.

2. Pulau Kakaban

Bermain dengan Ubur-Ubur di Kakaban via Instagram/brinkleydavies

Island Hopping di Berau Kalimantan Timur bisa Teman Traveler lanjutkan dengan berkunjung ke Pulau Kakaban. Di sini, para wisatawan bisa berenang dengan banyak ubur-ubur tanpa perlu takut tersengat!

Agendakan untuk ke Kakaban via Instagram/caswanassegaf

Jenis ubur-ubur yang ada di Danau Kakaban antara lain moon jellyfish, aurelia aurita, golden jellyfish dan mestigeas papua. Untuk sampai ke lokasi, dari Berau Teman Traveler bisa sewa speedboat menuju Pulau Derawan terlebih dahulu.

Selanjutnya, kembali sewa speedboat menuju Kakaban. Harga sewanya mulai dari Rp100 ribu/orang. Harga ini tentu dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan lebih dulu ya!

3. Pulau Maratua

Panorama Cantik dari Maratua via Instagram/fianbkl

Pulau Maratua berjarak cukup dekat dari Derawan. Hanya sekitar 1 jam menggunakan speedboat. Pulau ini lokasinya juga berdekatan dengan perbatasan Malaysia. Sekaligus sebagai salah satu pulau terluar Indonesia. Walau terhitung jauh, panorama di sini cantiknya luar biasa.

Pulau Maratua yang Cantiknya Luar Biasa via Instagram/paramiswari

Khusus Teman Traveler yang hobi menyelam, alam bawah laut Pulau Maratua juga tidak boleh dilewatkan. Terdapat banyak spot cantik yang memukau. Bukan hanya itu, senja di sini yang berpadu dengan deburan ombaknya, menambah suasana semakin luar biasa.

4. Pulau Sangalaki

Sunset Cantik di Sangkalaki via Instagram/aganto_seno

Pulau di Berau selanjutnya yang nggak boleh dilewatkan begitu saja adalah Sangalaki. Letak pulau ini ada di bagian utara perairan Kabupaten Berau. Di sini terdapat spesies penyu yang terhitung langka dan terancam punah. Seperti penyu sisik dan penyu hijau.

Alam Bawah Laut Sangalaki via Instagram/patricianataliee

Pulau Sangalaki memiliki panorama yang indah. Luasnya mencapai 15 hektar. Ia juga termasuk jajaran pulau terluar Indonesia. Untuk menuju Sangalaki, Teman Traveler bisa menyewa speedboat dari Derawan dengan waktu tempuh sekitar 60 menit.

5. Pulau Derawan

Lanskap Pulau Derawan via Instagram/gekko_potovanja

Bicara jelajah pulau di Berau, rasanya nggak lengkap tanpa berkunjung ke Pulau Derawan. Keindahan alam bawah laut di sini, sudah banyak diakui oleh para wisatawan. Pantai dan pesisirnya pun berhasil memesona siapa saja yang melihatnya.

Cantiknya Pulau Derawan via Instagram/zaiwagraphy

Teman Traveler berencana untuk berkunjung? Ada rute darat dan udara yang bisa dipilih. Keduanya memiliki rincian biaya yang berbeda. Hanya yang jelas, pastikan untuk sampai ke Tanjung Redeb terlebih dahulu. Dari Tanjung Redeb, perjalanan dilanjutkan menggunakan speedboat menuju Derawan.

Island hopping di Berau Kalimantan Timur, harus diagendakan, setidaknya sekali seumur hidup. Menikmati panorama di alam bawah lautnya atau sengaja menyepi untuk menyaksikan sunset di pulau-pulau tersebut, pasti jadi aktivitas liburan yang nggak terlupakan.

Punya rencana untuk melakukannya? Ajak beberapa teman agar liburan lebih seru ya!

Advertisement
Tags
island hopping di berau kalimantan Kalimantan Timur Wisata
Share