Internet di Bali Dimatikan Saat Nyepi, Ini Hal Seru untuk Atasi Bosan

Nyepi tahun ini jatuh pada Sabtu(17/3/2018). Bali dengan masyarakat yang mayoritas memeluk agama Hindu, tentu juga ikut merayakannya. Wisatawan pun dihimbau untuk tetap menghormati rangkaian ritual selama Nyepi. Bahkan operator seluler yang menjadi anggota Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia atau ATSI sepakat untuk memutus sementara jaringan internet di Bali.

Pemutusan Internet di Bali saat Nyepi Dilakukan Sehari Semalam

Operator seluler yang tergabung dalam ATSI di antaranya adalah Telkomsel, Indosat, XL, Tri, dan Smartfren. Pemutusan koneksi internet tersebut akan dilaksanakan pada 17 Maret 2018 pukul 06.00 WITA sampai 18 Maret 2018, pukul 06.00 WITA. Menteri komunikasi dan informatika sendiri juga mengeluarkan surat himbauan berkaitan dengan dengan hal tersebut.

Salah satu ritual dalam perayaan Nyepi di Bali
Salah satu ritual dalam perayaan Nyepi di Bali Via SBI

Meski begitu, jaringan internet akan tetap tersedia untuk layanan tertentu dan kepentingan umum. Seperti yang dikatakan oleh Merza Fachys selaku Ketua Umum ATSI dilansir dari Kompas (16/3/2018). “Namun tetap menjaga kualitas layanan akses internet untuk obyek-obyek vital serta layanan kepentingan umum lainnya yang menurut sifatnya harus tetap berlangsung”, kata Merza.

Tidak Semuanya Diputus

Merza juga menyampaikan bahwa ATSI dan anggota operator selulernya akan menerapkan beberapa hal untuk mendukung kelancaran Hari Raya Nyepi di Bali. Mulai dari melakukan sosialisasi dengan mengirimkan pemberitahuan lewat sms. Tetap menyediakan layanan internet di objek vital seperti rumah sakit, pemadam kebakaran, ambulan, SAR, BMKG, BPBD, hingga TNI dan Polisi. Pelaksanaan pemutusan dan penghidupan kembali internet akan diupayakan tepat dalam waktu 24 jam.

Hal seru untuk mengusir bosan ketika internet di Bali Dimatikan saat Nyepi
Hal seru untuk mengusir bosan ketika internet di Bali Dimatikan saat Nyepi Via Instagram/@briancrawfordphotography

Jika kamu sedang berada di Bali dan tidak ikut merayakan Nyepi, tak perlu khawatir dengan pemutusan internet ini. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari bosan. Lupakan sejenak media sosial di handphone atau aplikasi ojek hingga pengiriman makanan online. Kalau kamu menginap di salah satu hotel, bisa coba berenang dan santai menikmati suasana. Selain itu juga bisa maraton nonton film atau membaca buku dari pengarang favoritmu.

Kesepakatan tentang pemutusan internet ini tentu dibuat bukannya tanpa alasan. Harapannya pelaksanaan ibadah akan lebih tenang dan lancar. Selamat Hari Raya Nyepi 2018.

Tags
Bali Indonesia nyepi Nyepi di Bali
Share