International Coffee Day 2019 Jambi, Sukses Pecahkan Rekor Nasional!

Buat Teman Traveler yang sedang wisata di Jambi bisa coba luangkan waktu mampir ke International Coffee Day 2019. Event yang digelar untuk memperingati Hari Kopi Internasional ini dimeriahkan beragam atraksi seru, termasuk pemecahan rekor nasional! Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Perayaan Kopi Internasional

img_20191002_wa0009_YDL.jpg
Panggung International Coffee Day 2019 (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Selain ikut memeriahkan Hari Kopi Internasional, gelaran ini juga diadakan untuk memberikan apresiasi pada kopi dan petani kopi. Misi yang diusung mewujudkan adalah sistem perdagangan adil dan kesejahteraan bagi petani kopi.

Event bertajuk International Coffee Day sendiri sudah berlangsung reguler sejak 2015 di Indonesia. Tahun ini, Jambi terpilih sebagai tuan rumah. Buat Teman Traveler yang berniat mampir, event ini diadakan mulai 1-4 Oktober 2019. Jadi masih ada waktu lho untuk datang.

Mengusung tema ‘Jambi Kopi Muara Semesta’, panitia coba tonjolkan sisi khas Kota Bertuah, mulai dari kopi hingga kearifan lokal lainnya. Namun demikian, di sini Teman Traveler juga bisa melihat dan mencicipi aneka jenis kopi unggulan dari berbagai provinsi di Indonesia.

Pemecahan Rekor MURI

img_20191002_wa0012_GRy.jpg
Pembukaan acara pemecahan rekor (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Memasuki hari pertama, International Coffee Day Jambi mengadakan upaya pemecahan rekor MURI dengan menyeduh 3.000 gelas kopi sekaligus. Jenis kopi yang digunakan adalah liberika, robusta, dan arabika. Semuanya diambil langsung dari para petani kopi di Jambi.   

img_20191002_wa0010_gPp.jpg
Acara pemecahan rekor (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Aroma khas yang muncul kala upaya pemecahan rekor ini benar-benar terasa nikmat, sukses menyedot banyak pengunjung berdatangan. Hal ini tak terlepas cara pengolahannya yang masih tradisional, yakni dengan metode tubruk.

Menariknya lagi, semua hasil seduhan tersebut bakal diberikan gratis ke pengunjung. Mereka bisa merasakan sensasi kopi nikmat khas Jambi di satu tempat.

Gerai Kopi dari Berbagai Daerah

international coffee day 2019
Aneka kopi dari berbagai daerah (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Teman Traveler yang punya minat besar terhadap kopi wajib datang ke acara ini. Selain bisa nikmati aneka seduhan kopi cuma-cuma, di sini kalian juga bisa belajar banyak seputaran kopi. Kalian tinggal datang ke masing-masing gerai dan bertanya pada petugas yang ada di sana.

img_20191002_wa0003_ca4.jpg
Salah satu gerai di International Coffee Day 2019 (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Memasuki area lokasi, Teman Traveler akan melihat sejumlah gerai yang hadirkan beragam biji kopi dari berbagai daerah. Mulai dari Riau, Aceh, Lampung, Kalimantan, serta masih banyak kawasan lainnya. Lengkap dan menarik untuk disimak.

international coffee day 2019
Peralatan untuk meracik kopi (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Tak hanya memamerkan produk kopi, deretan gerai tersebut juga coba mempromosikan wisata dari daerah masing-masing. Mulai dari taman nasional, wisata alam, dan masih banyak lagi. Para perwakilan provinsi juga aktif mengampanyekan kesejahteraan petani kopi serta pelestarian lingkungan.

Dihadiri Artis Ternama

Tak hanya menyedot pemerhati kopi, acara ini juga menarik di mata para selebritis. Hal ini terbukti dengan hadirnya penyanyi Marcello Tahitoe atau akrab disapa Ello. Ia hadir sebagai guest star dalam gelaran kali ini. Aksi panggungnya benar-benar sanggup memikat para penonton.

Kenalan dengan Si Juaro

save_20191002_160245_gXm.jpeg
Juaro, Maskot International Coffee Day 2019 (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Gelaran ini juga ditawarkan diramaikan dengan kehadiran ‘Si Juaro’, maskot International Coffee Day 2019. Karakter ini hadir pula dalam bentuk suvenir lucu berupa boneka mungil, lengkap dengan pakaian adat Melayu dan lacal, tutup kepala khas Jambi.

Nama ‘Juaro’ sendiri diambil dari bahasa lokal yang berarti Sang Pemenang. Harapannya tentu saja kopi Jambi dan Indonesia bisa jadi juara di hati para penggemar kopi.   

Boneka ‘Si Juaro’ bisa diperoleh di stand panitia. Buat mereka yang berpartisipasi sebagai pengisi acara, asesoris ini akan diberikan gratis. Namun jika Teman Traveler tertarik mendapatkannya, kalian bisa membeli dengan harga Rp50.000 per buah.

Lokasi, Waktu, dan Tiket

international coffee day 2019
Antusiasme pengunjung (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang tertarik mampir, bisa langsung datang ke Ratu Convention Center (RCC). Alamat lengkapnya ada di Jalan Slamet Riyadi no. 24, Telenai Pura, Jambi.

Acara ini bakal dihelat antara 1-4 Oktober 2019. Untuk tiket masuk, Teman Traveler tidak perlu bayar sepeser pun. Cukup siapkan Rp2.000 untuk biaya parkir. Bagaimana, tertarik mampir?

Tags
Jambi kontributor Travelingyuk wisata jambi
Share