Menikmati Indahnya Gombong Lewat Deretan Wisatanya yang Luar Biasa dan Bikin Nagih

Saiful Rizal

Saiful Rizal

On Tempat Wisata

Berbicara tentang Kebumen, biasanya nama ini lekat sekali dengan presiden kedua kita, Pak Soeharto. Ada satu kota yang ada di Jawa Tengah ini sempat jadi tempat tinggal sementara beliau lantaran menempuh pendidikan KNIL alias tentara Belanda. Tapi, kota tersebut tentu nggak cuma tentang Pak Harto ya, di sini juga banyak hal-hal menarik lainnya. Terutama soal tempat wisata Kebumen.

Tepatnya di Gombong, mungkin nggak terlalu terkenal soal wisata, tapi serius di sini ternyata banyak tempat-tempat asyik yang unik. Ada banyak objek wisata Gombong dengan jenis yang bermacam-macam. Mulai dari sejarah sampai dengan wisata alam. Bahkan nih, beberapa tempat wisata yang dimiliki Gombong mungkin bisa dibilang yang terbaik di Jawa Tengah.

Nah, tentu sudah penasaran kan dengan apa yang ada di sini? Mari, kita meluncur ke sana dan bedah satu-satu tempat asyiknya.

Menikmati Indahnya Waduk Sempor yang Indah Luar Biasa

Waduk Sempor [image source]
Berbicara soal wisata di Gombong jelas nggak bakal lepas dari tempat unik satu ini. Ya, Waduk Sempor, tempat ini bisa dikatakan sebagai ikon wisatanya Gombong. Sekilas waduk satu ini biasa-biasa saja, tapi ternyata sungguh luar biasa. Terutama soal pemandangannya yang seperti wallpaper yang ada di komputer atau smartphonemu. Sangat indah dan menawan.

Waduk Sempor [image source]
Di sini kita bisa melakukan banyak hal, entah mancing, menikmati airnya yang tenang, atau bahkan menanti matahari terbit. Oh iya, di Gombong suasananya cukup panas karena letaknya dekat dengan pantai selatan. Tapi, di sini kamu akan merasakan dingin dan sejuk. Kalau ke Gombong, cobain deh mampir ke sini dan rasakan sensasi indahnya.

Lokasi : Waduk Sempor, Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Menyusuri Gagahnya Benteng Van der Wijck

Benteng Van Der Wijk [image source]
Nggak hanya Waduk Sempor, Benteng Van der Wijck juga jadi wisata yang ikonik banget dengan kota satu ini. Benteng satu ini memang luar biasa terutama karena bentuk bangunannya yang begitu gagah, apalagi cat merah yang menempel di tiap temboknya membawa kesan yang makin luar biasa.

Benteng Van Der Wijk [image source]
Seperti kebanyakan benteng lainnya, Van der Wijck ini bentuknya persegi dengan bagian tengahnya yang kosong karena difungsikan sebagai lapangan. Di sini kita bisa menyusuri satu-satu ruangannya yang masih sama seperti dulu. Benteng ini sendiri kalau dilihat dari sejarahnya, dipakai oleh Belanda untuk menahan gempuran pangeran Diponegoro serta sebagai tempat pelatihan PETA Jepang. Oh iya, di sini nggak hanya ada benteng saja, tapi juga wahana-wahana unik yang bisa dicoba.

Lokasi : Jalan Sapta Marga Gombong, Sidayu, Gombong, Kabupaten Kebumen

Belajar Sejarah di Rumah Martha Tilaar

Rumah Martha Tilaar [image source]
Berbicara soal wisata sejarah di Gombong, ternyata opsinya nggak hanya benteng Van der Wijck saja lho. Ada satu lagi tempat wisata sejarah unik yang juga nggak boleh dilewatkan ketika mampir di kota ini. Ya, ini adalah Rumah Martha Tilaar.

Rumah Martha Tilaar [image source]
Nama Marta Tilaar tentu sudah nggak asing di telinga ya. Beliau bisa dibilang adalah seorang pakar di bidang kosmetika yang namanya dikenal seantero Indonesia. Mengunjungi Rumah Marta Tilaar kita bisa mendapatkan banyak hal, terutama pemandangan klasik ala rumah-rumah tempo dulu. Masuk ke dalamnya kita juga akan disajikan dengan begitu banyak ornamen keramik zaman dahulu plus foto-foto dari Marta Tilaar sendiri. Unik nih dan nggak akan kamu temukan selain di Gombong.

Lokasi : Jl. Sempor Lama No. 28, Desa Wonokriyo, Gombong, Kebumen

Menikmati Gua Jatijajar yang Beda daripada yang Lain

Goa Jatijajar [image source]
Gua Jatijajar juga salah satu wisata yang ikonik dengan Gombong meskipun letaknya nggak benar-benar pas di kotanya. Gua satu ini bisa dibilang unik karena nggak hanya terdiri dari guanya saja tapi juga beberapa wahana lain. Tapi, tetep dong yang jadi tujuan orang ke sini adalah gua Jatijajarnya sendiri.

Gua Jatijajar [Image Source]
Gua Jatijajar [Image Source]
Dilihat dari fisiknya Gua Jatijajar ini unik. Di bagian atasnya masih sangat alami, tapi lantainya sudah dibangun sedemikian rupa sehingga sangat nyaman. Di dalamnya kita bisa melihat banyak patung-patung diorama yang menceritakan kisah Raden Kamandaka dan Dewi Ciptoroso. Di dalam gua ini juga ada beberapa sendang alias sumber mata air. Konon, barang siapa mencuci muka di sana katanya bakal awet muda. Terlepas dari mitosnya, tapi airnya sendiri memang benar-benar sejuk.

Lokasi :  Jl. Jatijajar, Jatijajar, Ayah, Kabupaten Kebumen

Pantai Logending

Pantai Logending [image source]
Pantai selatan banyak diterpa isu tentang keberadaan Nyi Roro Kidul, di Gombong bahkan ada salah satu tempat yang dianggap sebagai gerbang menuju kerajaan ghaib pantai selatan itu. Tepatnya ada di Pantai Logending yang terletak di Gombong Selatan. Terlepas dari mitos yang mengikutinya, Pantai Logending adalah tempat wisata Gombong yang asyik untuk dikunjungi. Memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan menyuguhkan pemandangan keren.

Pantai Logending [image source]
Pantainya diapit oleh dua pegunungan yang menjulang tinggi. Di tepiannya terdapat lahan-lahan milik nelayan yang menyambung hidup dengan hasil alam. Kamu bisa menikmati pasir putih yang dihiasi dengan perahu-perahu nelayan.  Pulangnya bisa membawa ikan segar sebagai oleh-oleh.

Lokasi : kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen

Setelah membaca ulasan di atas kamu pasti setuju kan kalau Gombong ini luar biasa potensi wisatanya? Makanya, kalau mampir ke Jawa Tengah sempat juga mengunjungi Gombong dan deretan tempat asyiknya. Dijamin kamu bakal dipuaskan banget dengan apa yang ada di kota tempat sekolahnya Pak Harto ini.