Ice Tsunami Terjadi di Amerika dan Kanada, Berikut Daerah yang Terkena Dampaknya

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Luar Negeri
Ice Tsunami Ice Tsunami

Sebagian wilayah Amerika dan Kanada sedang mengalami fenomena cuaca dingin ekstrem. Akibatnya, banyak peristiwa tidak biasa. Mulai dari pembakaran rel kereta api, gempa es, sampai garpu mengambang. Ternyata tidak sampai di situ saja, baru saja terjadi ice tsunami.

Penyebabnya adalah hembusan angin dingin yang sangat kencang. Sehingga mendorong air yang telah menjadi bongkahan es ke jalanan. Berikut adalah tempat-tempat berlangsungnya kejadian langka tersebut.

Erie Lake, Amerika Utara

Ice Tsunami di Erie Lake via Twitter @1055WDUV
Ice Tsunami di Erie Lake via Twitter @1055WDUV

Erie Lake merupakan salah satu lokasi yang punya dampak cukup signifikan akibat ice tsunami. Angin kencang telah menaikkan level air di danau, peristiwa tersebut disebut seiche. Kemudian menyisir air yang telah membeku ke bagian hulu Erie Lake.

Erie Lake via Twitter @realcdoll
Erie Lake via Twitter @realcdoll

Selain ice tsunami, angin kencang juga mengakibatkan pemadaman listik dan penundaan perjalanan. Hal tersebut terjadi di sebagian wilayah pemukiman dekat Danau Erie.

Hoover Beach, Amerika Serikat

Ice Tsunami di Hoover Beach via Instagram @news4buffalo
Ice Tsunami di Hoover Beach via Instagram @news4buffalo

Tidak hanya di kawasan Amerika Utara dengan Kanada saja, ice tsunami juga terjadi di Amerika Serikat. Tepatnya di Hoover Beach, kawasan Hamburg, New York. Tinggi bongkahan es mencapai 7 sampai 9 meter. Bahkan sampai ke area teras rumah penduduk di pinggir pantai.

Warga pun melakukan evakuasi secara sukarela. Terdapat pula himbauan untuk menjauhi Hoover Beach. Sebab selain ice tsunami, angin kencang menumbangkan pohon dan listrik padam.

Niagara River, Kanada

Ice Tsunami di Niagara River via Twitter @CodyLaw1
Ice Tsunami di Niagara River via Twitter @CodyLaw1

Ice tsunami terjadi di Niagara River yang masuk dalam wilayah Kanada. Bongkahan es terlihat memenuhi sisi-sisi sungai ini. Bahkan sampai ke jalanan, sehingga beberapa akses pun ditutup.

Sampai Melibas Lampu Jalan via Twitter @CodyLaw1
Sampai Melibas Lampu Jalan via Twitter @CodyLaw1

Penanggung jawab setempat pun mengeluarkan pernyataan, untuk berhati-hati apabila harus melewati akses tersebut. Menurut pantauan dari warganet di Twitter, es-es tersebut mulai melibas pepohonan dan lampu jalan.

Great Lakes, Amerika Utara

Ilustrasi Great Lakes Tepatnya Danau Erie via Twitter @TJPignataro
Ilustrasi Great Lakes Tepatnya Danau Erie via Twitter @TJPignataro

Great Lakes merupakan danau-danau besar di Amerika Utara, yaitu Erie, Michigan, Huron, Superior, dan Ontario. Salah satu danaunya telah terkena dampak ice tsunami yaitu Erie Lake. Dilansir dari laman foxnews.com, terdapat adanya salju di area Great Lakes.

Dengan adanya badai angin, ada kemungkinan terjadinya fenomena serupa seperti di Erie Lake. Kemungkinan tersebut menjadi perhatian besar bagi warga setempat.

Seperti itulah fenomena ice tsunami yang terjadi akibat hembusan angin kencang. Warganet di Amerika dan Kanada saja sampai terheran-heran dengan ice tsunami. Semoga peristiwa tersebut tidak memakan korban, ya. Bagaimana menurut Teman Traveler tentang kejadian langka tersebut?