Fenomena Aneh saat Cuaca Dingin Ekstrem, Rel Kereta Api pun Harus Dibakar

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Info Terbaru
Akibat Cuaca Dingin Ekstrem Akibat Cuaca Dingin Ekstrem

Sebagian wilayah di Amerika Serikat kini tengah dilanda cuaca dingin ekstrem akibat Polar Vortex. Fenomena di mana sebuah pusaran menghembuskan udara dingin kutub ke arah selatan alias daratan Amerika Serikat.

Akibatnya, banyak kejadian-kejadian aneh yang melanda daerah yang suhunya mencapai minus 54 derajar Celsius ini. Mulai dari danau dan sungai membeku sampai pembakaran rel kereta api. Inilah ulasan lengkapnya.

Pembakaran Rel Kereta Api

Rel Kereta Api Harus Dibakar via Twitter

Pembakaran jalur kereta api harus dilakukan petugas setempat agar mencegah rel membeku dan kereta tetap bisa berjalan. Panas dari api tersebut dapat mencegah logam berkontraksi.

Kalau sampai hal tersebut terjadi, logam di jalur kereta api akan retak, serta mur dan baut dapat terlepas. Api yang terlihat menyala di sepanjang lajur kereta api tersebut berasal dari pemanas bertenaga gas.

Danau&Sungai Membeku

Danau dan Sungai Membeku via Instagram @mmeyers76
Danau dan Sungai Membeku via Instagram @mmeyers76

Dampak dari cuaca dingin ekstrem pun bisa membekukan gagahnya air terjun Niagara yang berada di Kanada. Sekelas danau dan sungai di kawasan Amerika Serikat pun tidak ketinggalan dari efek tersebut.

Di antaranya Danau Michigan, Danau Mendota, Sungai Chicago, dan lainnya. Sehingga tidak dapat dipergunakan untuk keperluan sehari-hari misalnya dilewati kapal-kapal. Namun sebagian penduduk memanfaatkannya sebagai tempat bermain ski.

Gempa Es

Ilustrasi Gempa Es via Twitter @wallacetim
Ilustrasi Gempa Es via Twitter @wallacetim

Gempa tidak hanya terjadi akibat letusan gunung berapi maupun lempeng tektonik. Cuaca dingin ekstrem yang melanda wilayah Amerika Serikat pun menyebabkan gempa es. Kejadian ini diakibatkan dari masuknya embun salju dan hujan ke dalam tanah.

Ketika terjadi perubahan suhu secara mendadak, maka lembaran es pun mengembang dan muncul suara seperti ledakan. Sama seperti gempa lainnya, peristiwa ini pun mengakibatkan guncangan di area daratan, walau efeknya tidak seekstrem goncangan pada umumnya.

Garpu Mengambang

Garpu Mengambang via Twitter @ccroucher9
Garpu Mengambang via Twitter @ccroucher9

Cuaca dingin ekstrem pun menyebabkan beberapa kejadian-kejadian unik, seperti garpu mengambang. Jadi kalau menikmati santapan mie panas misalnya di teras rumah, saking dinginnya makanan plus garpunya ikut membeku. Memberikan efek seolah peralatan makan tersebut melayang. Bahkan beberapa warga pun menuangkan air panas ke udara, namun bukannya jatuh ke tanah malah jadi seperti kristal mengambang di udara.

Pemerintah setempat sampai menghimbau warganya untuk tidak terlalu banyak bicara ketika di luar ruangan, mencegah bibir sobek bahkan dapat menyebabkan penyakit dalam. Sekolah serta layanan pengantaran surat sampai ditutup akibat cuaca dingin ekstrem ini.

Efek Polar Vortex terasa sekali, ya, di Amerika Serikat dan sekitarnya. Semoga saja cuaca ekstrem tersebut segera berlalu. Bagaimana menurut Teman Traveler mengenai fenomena tersebut?