Ibu Kota Pindah ke Penajam Paser Utara dan Kutai, Bagaimana Rupanya?

Ada kabar penting untuk seluruh warga Indonesia dari Presiden Joko Widodo. Tepat tanggal 26 Agustus 2019 kemarin, beliau menyampaikan bahwa ibu kota akan pindah ke Provinsi Kalimantan Timur. Tepatnya di dua daerah, yaitu Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. Penasaran bagaimana rupa dari calon ibu kota Indonesia? Yuk simak ulasan berikut ini. 

Alasan Pemilihan Ibu Kota Baru

ibu kota pindah
Kutai Kartanegara via instagram/info.kape

Bukan tanpa alasan Pak Jokowi memindahkan ibu kota ke dua wilayah ini. Menurutnya, ada lima alasan konkrit yang menjadikan dua daerah ini kandidat terkuat sebagai pengganti Jakarta. Pertama adalah risiko terkena bencana sangat minim, seperti banjir, gempa bumi, erupsi gunung berapi dan masih banyak lagi. Kemudian, alasan kedua yaitu lokasinya sangat strategis, terletak di tengah-tengah Indonesia. 

ibu kota pindah
Penajam paser Utara via instagram/info.kape

Lalu, faktor lainnya yakni terletak di antara kota-kota yang sudah berkembang, seperti Balikpapan dan Samarinda. Selanjutnya, infrastruktur yang sudah mulai lengkap. Terakhir adalah tersedianya lahan yang sudah dikuasai pemerintah seluas 180 hektare. 

Infrastruktur yang Sudah Berjalan 

ibu kota pindah
Jembatan Pulau Balang via instagram/anakmudapenajam

Meskipun dua daerah tersebut jarang terdengar, ada beberapa infrastruktur yang sudah mulai dibangun oleh pemerintah setempat. Di sisi infrastruktur darat, terdapat pembangunan Jalan Km 37 Samboja-Petung Kabupaten PPU,  pembangunan jaringan kereta api, dan pembangunan dua ruas jalan tol

ibu kota pindah
Ruas Tol Balikpapan – Samarinda via instagram/adhikaryaid

Ada pula pembangunan Jembatan Tering Seberang Kubar, Jembatan Pulau Balang Balikpapan, dan Jembatan Mahakam II & Mahulu Samarinda. Selain itu Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud juga mengatakan dalam waktu dekat ini, di wilayahnya akan dibangun jembatan tol terpanjang yang menghubungkan Penajam Paser Utara dengan Balikpapan. 

Rencana Desain Ibu Kota 

Terdapat monumen pancasila via instagram/info_purbalingga

Calon ibu kota baru ternyata sudah didesain dan terdapat beberapa hal menarik di dalamnya. Pertama, akan ada monumen pancasila yang merupakan simbol ibu kota baru. Kemudian, yang kedua yaitu di sekitar monumen akan didirikan istana presiden yang di sampingnya terdapat perumahan untuk menteri. 

Akan ada banyak ruang terbuka hijau via instagram/info_purbalingga

Selanjutnya, ibu kota negara yang baru akan dibangun ruang budaya, galeri nasional, museum gedung pertunjukan dan taman-taman kesenian. Lalu yang terakhir, ibu kota baru akan dibangun beberapa ruang terbuka hijau agar para pejalan kaki merasa nyaman dan nantinya pengguna sepeda juga bisa menikmati fasilitasnya. 

Deretan Wisata Calon Ibu Kota 

Air Terjun Tembinus via instagram/adrianuswarta

Tak hanya punya infrastruktur lengkap, Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara juga memiliki tempat wisata yang dapat dikunjungi. Di Penajam Paser Utara terdapat beberapa wisata alam dengan keindahannya yang sangat memukau. Salah satunya yang paling dicari adalah Air Terjun Tembinus yang ketinggiannya mencapai 20 sampai 30 meter. 

Jembatan Kutai Kartanegara via instagram/syammr 

Sedangkan di Kutai Kartanegara, Teman Traveler akan lebih banyak menemukan destinasi wisata buatan. Seperti Kedaton Kutai Kartanegara, Museum Kayu Tuah Himba, dan yang paling ternama adalah Jembatan Kutai Kartanegara. 

Jadi, begitulah sedikit info mengenai calon ibu kota baru yang ada di Kalimantan Timur. Ternyata, ada beberapa alasan mengapa ibu kota pindah ke dua daerah ini. Mulai dari minimnya terkena risiko bencana alam, sampai dengan banyaknya tempat wisata yang ada di sana. Bagaimana, apa Teman Traveler akan berpindah ke sana juga setelah ibu kota baru diresmikan? 

Tags
ibu kota pindah Kalimantan Timur kutai kartanegara news penajam paser utara
Share