Disebut jadi Calon Ibukota, ini Wisata Kabupaten Penajam Paser Utara

Ibu Kota Indonesia masih diperbincangkan sampai saat ini. Namun, Provinsi Kalimantan Timur tidak tinggal diam dan menyodorkan dua daerah untuk dijadikan calon Ibu Kota. Dilansir dari Kalimantan Bisnis, yang menjadi calonnya adalah Bukit Soeharto dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Mungkin Teman Traveler sudah tahu tentang Bukit Soeharto, tapi belum dengan Kabupaten Penajam Paser Utara. Nah, meskipun tidak terlalu populer, kabupaten satu ini ternyata punya wisata alam yang indah. Mau tahu seperti apa? Berikut wisata alam di Kabupaten Penajam Paser Utara. 

Pulau Gusung 

wisata kabupaten penajam paser utara
Pulau Gusung via instagram/auliabasuni

Salah satu wisata alam yang ada di Penajam Paser Utara adalah Pulau Gusung. Destinasi satu ini wajib dikunjungi karena di sekeliling pulau, terdapat area terumbu karang. Bahkan, apabila air laut turun, maka akan terlihat gugusan pasir muncul dan terdapat karang hidup yang langka. 

Berdasarkan penelitian, di sekitar gugusan pasir tersebut ditemukan 56 jenis karang dan 47 jenis ikan hias maupun konsumsi. Dari beberapa jenis ikan itu, terdapat ikan dengan nilai ekonomi tinggi dan dapat dibudidayakan untuk memperkuat ekonomi masyarakat. Seperti Ikan Baronang, Kerapu dan Kakap. Selain itu, juga terdapat satu jenis ikan langka dan dilindungi, yaitu Ikan Napoleon.  

Air Terjun Tembinus 

Air Terjun Tembinus via instagram/adrianuswarta

Penajam Paser Utara punya wisata alam indah yang bernama Air Terjun Tembinus. Air terjun satu ini terbilang unik, karena letaknya berada di tengah-tengah hutan konservasi. Maka dari itu, destinasi wisata satu ini kerap disebut dengan air terjun bak surga yang tersembunyi. 

Air terjun dengan ketinggian sekitar 20 – 30 meter ini meluncur pada tebing batu kokoh dan jatuh di kolam alami yang berbatu. Teman Traveler bisa menikmati keindahan Tembinus ini dengan bermain air di bawah air terjunnya, ataupun berenang di kolamnya.

Pantai Tanjung Jumlai 

Pantai Tanjung Jumlai via instagram/emera_1811 

Objek wisata yang tak kalah indah lainnya yaitu Pantai Tanjung Jumlai.  Salah satu keunggulan pantai ini adalah adanya pepohonan kelapa yang tumbuh di sepanjang bentangan pantai yang menambah keindahan suasana alam. Keberadaan pepohonan kelapa di pantai ini menciptakan suasana sejuk ditambah dengan panorama yang menawan ke arah laut. 

Kelebihan lainnya dari pantai ini yakni dilengkapi dengan beberapa macam permainan. Antara lain banana boat, flying fox dan masih banyak lagi. Untuk fasilitasnya cukup lengkap, karena ada tempat duduk berderet di sepanjang pantai, WC umum, penyewaan ban dan juga warung-warung penjual makanan dan minuman. 

Ekowisata Mangrove Penajam

Ekowisata Mangrove Penajam via instagram/immaahh_02

Di tahun 2016 lalu, pemerintah Penajam Paser Utara membuka Ekowisata Mangrove Penajam. Di sana para pengunjung akan melewati jembatan kayu untuk bisa menikmati pemandangan hutan mangrove di sebelah kanan dan kiri. Apabila beruntung, Teman Traveler bisa melihat hewan-hewan yang hidup di Ekowisata Hutan Mangrove. 

Itulah deretan wisata di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Keindahannya tidak kalah dengan wisata di daerah populer lainnya. Menurut kalian, apa masih ada destinasi wisata alam lainnya di Kabupaten Penajam Paser Utara selain di atas?

Tags
Indonesia Kalimantan Timur penajam paser utara Wisata wisata kabupaten penajam paser utara
Share