Hutan Kota Makassar, Eloknya Surga Alam Tersembunyi

Muh Azhar Triputra Bachtiar

Muh Azhar Triputra Bachtiar

On Indonesia
Hutan Kota Makassar Hutan Kota Makassar

Kala itu hari masih pagi, namun tubuhku sudah bergelut dengan keringat. Melatih fisik demi menjaga kesehatan dan kebugaran. Meski lelah, terasa nikmat karena suasana sekitar terasa asri, sejuk, dan indah. Saat itu saya tengah berolahraga di Hutan Kota Universitas Hasanuddin atau dikenal juga sebagai Hutan Kota Makassar.

Papan nama Hutan Kota (c) Muh. Azhar Triputra Bachtiar/Travelingyuk

Ruang publik ini menyediakan beragam fasilitas untuk para pengunjung, termasuk peralatan olahraga untuk menjaga kebugaran. Siapapun boleh mengakses tanpa membayar sepeser pun.

Suasana Menyegarkan Bebas Polusi

Suasana asri di dalam Hutan Kota (c) Muh. Azhar Triputra Bachtiar/Travelingyuk

Di tengah hiruk pikuk dan polusi perkotaan, kehadiran Hutan Kota Makassar bagai oase di tengah padang pasir. Udara di dalam wisata Makassar ini terasa sangat segar dan berkualitas. Cocok untuk Teman Traveler yang ingin mencari suasana alam tanpa bepergian jauh. Fasilitas di dalamnya pun terbilang lumayan lengkap.

Area Terapi untuk Pengunjung

Area terapi kaki (c) Muh. Azhar Triputra Bachtiar/Travelingyuk

Hutan Kota Makassar menyediakan aneka ragam fasilitas memanjakan pengunjung. Salah satunya jalur terapi alias tracking therapy, yang permukaannya terdiri dari tonjolan bebatuan. Konon dengan rutin berjalan di sini penyakit rematik akan berangsur hilang. Cocok untuk para lansia atau mereka yang mengalami masalah punggung.

Jogging Track Asyik

Jogging track asyik untuk pengunjung (c) Muh. Azhar Triputra Bachtiar/Travelingyuk

Pengelola Hutan Kota juga menyediakan jalur khusus jogging bagi pengunjung yang ingin lari pagi. Jalur ini dibuat sedemikian rupa mengelilingi kompleks Kampus Universitas Hasanuddin yang luasnya mencapai 220 hektar. Bisa digunakan untuk berolahraga sembari menikmati keindahan sekitar.

Jalur khusus untuk jogging (c) Muh. Azhar Triputra Bachtiar/Travelingyuk

Santai Sambil Menikmati Suasana Alam

Jalur untuk berjalan kaki (c) Muh. Azhar Triputra Bachtiar/Travelingyuk

Hutan Kota juga menyediakan bangku-bangku taman yang bisa digunakan untuk duduk santai bersama keluarga maupun sosok terkasih. Area di sekitarnya bisa dimanfaatkan sebagai area bermain anak. Semua fasilitas di sini memang ditata sedemikian rupa untuk memanjakan pengunjung.

Teman Traveler bisa menjajal asyiknya menikmati keindahan alam sekitar sembari berjalan kaki di track yang sudah disediakan. Rasakan segarnya oksigen berkualitas yang dihasilkan pepohonan rimbun di dalam kawasan Hutan Kota Universitas Hasanuddin.

Melepas Penat Sejenak di Akhir Pekan

Pemandangan asri di sekitar taman (c) Muh. Azhar Triputra Bachtiar/Travelingyuk

Teman Traveler bisa sejenak memanjakan diri atau melupakan masalah dengan menikmati indahnya pemandangan danau di dalam Hutan Kota. Sangat efektif untuk menyegarkan otak sejenak, sebelum kembali beraktivitas dan bergelut dalam kesibukan.

Hutan Kota Universitas Hasanuddin berada di Jalan Perintis Kemerdekaan km 10, Kecamatan Biring Kanaya, Makassar. Aksesnya sangat mudah karena berada dekat Bandara Sultan Hasanuddin dan Jalan Tol Makassar.

Keberadaannya Hutan Kota Makassasr bagaikan surga alam di tengah kompleks gedung menjulang tinggi. Bagaimana Teman Traveler? Tertarik berkunjung ke sini kala sedang jalan-jalan di sekitar Kota Daeng?