Hutan Fatumnasi, Pesona Magis Nusa Tenggara Timur

Pernahkah Teman Traveler membayangkan masuk hutan penuh lapisan kabut dengan suasana magis bagai di negeri khayalan? Tak perlu repot berimajinasi, atmosfer tersebut bisa kalian rasakan dengan mampir ke Hutan Fatumnasi di Nusa Tenggara Timur.

Hutan Fatumnasi tawarkan beragam pesona vegetasi unik. Salah satunya adalah hamparan daun keladi. Berpadu dengan lapisan kabut tipis, keberadaan dedaunan tersebut menciptakan suasana unik yang tak bisa ditemukan di tempat lain. Yuk, simak ulasan soal wisata alam ini selengkapnya.

Berada di Wilayah TTS

62265498_2953061658253377_5302933041198167717_n_bum.jpg
Hamparan daun keladi via Instagram.com/likevinm

Fatumnasi masuk dalam wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur. Jaraknya kurang lebih sekitar 35 km dari SoE, Ibukota Kabupaten TTS.

Jalan menuju sini cukup mulus di awal. Namun begitu hendak sampai tujuan, medannya akan mulai sedikit berat. Teman Traveler bakal melewati melewati jalanan berbatu yang cukup panjang. Namun jangan khawatir, perjalanan bakal terasa menyenangkan karena pemandangan alam di sekitar Desa Fatumnasi begitu mempesona.

Tak hanya itu, udara sekitar juga terasa sangat alami, begitu dingin dan menyegarkan, bebas dari polusi. Lingkungan sekitar tampak asri. Selain itu atmosfernya juga relatif sepi, sangat menenangkan.

Berawal dari Pakan Ternak

65004289_1009420619257265_7608560113347806671_n_AZE.jpg
Daun keladi ini awalnya ditanam untuk pakan ternak via Instagram.com/likevinm

Panorama di Hutan Fatumnasi benar-benar indah Teman Traveler. Siapapun yang datang dijamin benar-benar terpesona. Apalagi selama ini masih sedikit yang mengetahui keberadaan hamparan daun keladi di wisata alam di Timor Tengah Selatan ini.

Daun-daun keladi ini awalnya ditanam oleh warga sekitar dan dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Namun lambat laun jumlahnya semakin banyak hingga membentuk hamparan lumayan luas.

Panorama yang tercipta nampak cukup cantik hingga menarik minat beberapa orang untuk berfoto. Akhirnya daun-daun tersebut tak jadi dipotong untuk diberikan pada ternak dan dibiarkan begitu saja demi menyenangkan para wisatawan.

Daun keladi di sini bentuknya berbeda-beda lho Teman Traveler. Ada yang masih kecil dan batangnya tidak terlalu tinggi. Ada juga yang begitu besar hingga sama tingginya dengan orang dewasa.

Gratis Masuk

hutan fatumnasi
Bagaikan berada di negeri dongeng ya? via Instagram.com/likevinm

Masuk ke kawasan Hutan Fatumnasi sama sekali tak butuh biaya masuk. Di sekitarnya hanya berupa alam terbuka, sehingga siapapun bebas menikmati. Oh ya, sebaiknya Teman Traveler jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman karena di sekitar sini jarang ada orang berjualan.

Lingkungan di Hutan Fatumnasi masih sangat terjaga Teman Traveler. Jadi sebaiknya kalian ikut perhatian kebersihan saat berkunjung ke sini ya. Jangan buang sampah sembarangan atau meninggalkan bekas bungkus makanan.

Lantaran udara di sekitar hutan bisa sangat dingin, ada baiknya Teman Traveler mengenakan jaket. Jangan sampai kalian jatuh sakit usai berkunjung ke tempat cantik ini.

Sering Jadi Lokasi Pre-Wedding

52120322_392941197931063_3002199897524882237_n_Qre.jpg
Suasana di sekitar sini benar-benar magis via Instagram.com/_arrens

Hutan Fatumnasi juga memiliki sejumlah pohon besar berjejer rapi. Kelihatan sangat indah Teman Traveler. Jika datang pagi hari, kalian akan melihat permukaan daun keladi dilapisi embun. Ciptakan pemandangan yang begitu dramatis. Tak heran jika tempat ini kemudian sering dijadikan sebagai lokasi untuk foto pre-wedding.

hutan fatumnasi
Sebaiknya datang pagi jika ingin mendapat view terbaik via Instagram.com/_arrens

Itulah sedikit ulasan mengenai indah dan magisnya alam di sekitar Hutan Fatumnasi. Buat Teman Traveler yang berniat menjelajah indahnya wisata Nusa Tenggara Timur, boleh sempatkan untuk mampir ke sini. Dijamin takkan kecewa dan tentunya jadi pengalaman jalan-jalan mengesankan.

Tags
Indonesia kontributor Nusa Tenggara Timur Timor Tengah Selatan Travelingyuk Wisata wisata nusa tenggara timur
Share