Wisata Alam di Timor Tengah Selatan NTT, Indahnya Bikin Kamu Tambah Bersyukur Tinggal di Indonesia!

Wisata alam di Timor Tengah Selatan (TTS) Nusa Tenggara Timur keindahannya bikin tambah bersyukur tinggal di Indonesia. Sebuah kabupaten dengan luas hampir 4.000 km persegi ini memiliki bentang alam yang suguhkan panorama menakjubkan. Jauh dari hawa-hawa kota besar, mereka tawarkan ketenangan. Teman Traveler sedang berencana untuk menjelajah Indonesia bagian timur? TTS nggak boleh terlewatkan! Berikut ini beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi selama liburan di sini!

1. Cantiknya Pantai Kolbano dengan Ribuan Batuan Kecil yang Berwarna-warni

Pantai Kolbano Cantik dengan Batuan Kerikilnya yang Berwarna-warni via Instagram/ lia.liung

Keindahan sebuah pantai, bisa tersusun dari banyak hal: airnya yang sangat jernih, pasir putihnya yang membentang luas, atau nyiur melambai di pinggiran pantai. Tetapi, pada Pantai Kolbano, Teman Traveler akan menemukan keindahan lain! Yaitu berupa hamparan bebatuan berwarna-warni berbagai ukuran yang indah sekali. Batu-batu di Pantai Kolbano sangat lembut, sehingga tidak akan melukai kaki. Sehingga menyusuri pinggiran pantai, tetap terasa menyenangkan!

2. Taklukkan Gunung Mutis Tertinggi di NTT!

Padang Savana di Gunung Mutis via Instagram/ hendraseger

Wisata alam di Timor Tengah Selatan selanjutnya akan memuaskan Teman Traveler yang hobi mendaki. Ia adalah Gunung Mutis. Bukan sembarangan, gunung ini merupakan yang tertinggi di Nusa Tenggara Timur! Ketinggiannya mencapai 2.458 mdpl. Untuk sampai sini, Teman Traveler bisa lebih dulu melakukan perjalanan dari Kupang ke Soe. Dari Soe, lanjutkan perjalanan ke Desa Fatumnasi; desa terakhir sebelum mulai mendaki.

3. Jernihnya Aliran Air di Air Terjun Oehala Berasal dari Gunung

Air Terjun Oehala yang Bertingkat dan Memikat via Instagram/ ntagitatanzielia

Berjarak sekitar 13 Km dari Soe, Ibu Kota Timor Tengah Selatan, terdapat air terjun yang unik dan cantik. Namanya adalah Air Terjun Oehala. Aliran air di Oehala datang dari Gunung Mutis. Karenanya ia sungguh jernih dan bersih. Selain itu, air terjun ini juga memiliki pola bertingkat yang terbentuk secara alami. Keberadaannya dilingkupi rimbun pepohonan, sehingga udara di sekitar sini benar-benar segar! Tidak terlalu jauh dari pusat kota, akses menuju air terjun ini cukup mudah.

4. Air Tagepe Noinbila, Eksotis dengan Dinding yang Mengapitnya

Menyusuri Air Tagepe yang Diapit Dua Tebing via Instagram/ rehany_maharani

Air Tagepe di Desa Noinbila menjadi objek wisata alam di Timor Tengah Selatan yang selanjutnya. Ia merupakan aliran air yang diapit dua tebing kokoh. Eksotis sekali! Tempat ini akan mengingatkan Teman Traveler pada beberapa Grand Canyon yang ada di Indonesia. Soal kesegarannya, juga jangan diragukan. Cocok sekali untuk siapa pun yang ingin menyegarkan kembali pikiran setelah penat dengan tumpukan pekerjaan.

5. Pantai Boisae, Batuan Besar di Sini Bikin Terpesona

Batuan Besar di Pantai Boisae via Instagram/ _arrens

Pantai Boisae atau masyarakat setempat menyebutnya dengan Pantai Apot, berada di Desa Naulunat, Kot’olin. Ia berjarak sekitar satu jam dari Pantai Kolbano. Bentang alam Pantai Apot tidak kalah cantik. Ia kaya dengan bebatuan besar di pesisirnya. Persis seperti yang ada di Belitung sana. Airnya biru menyegarkan, menyenangkan sekali untuk liburan!

6. Meski Aksesnya Sulit, Air Terjun Oeklofo Bikin ‘Love’

Segarnya Air Terju Oeklofo via Instagram/ imoaprilia_th38rother

Satu lagi air terjun cantik di kawasan Timor Tengah Selatan. Yaitu Air Terjun Oeklofo. Air terjun ini berada di Oinlasi, Mollo Selatan. Akses menuju air terjun ini cukup sulit. Teman Traveler harus berjalan kaki setidaknya 2 km, melintasi ladang milik masyarakat setempat, menuruni tebing yang licin dan sungai. Meski demikian, keindahannya langsung bikin takjub! Tetapi jangan hanya takjub ya, melainkan juga harus tetap berhati-hati!

7. Hamparan Pasir yang Luas di Pantai Oetune

Pantai Oetune yang Seperti Padang Pasir via Instagram/ ryo_nomleni

Bicara wisata alam di Timor Tengah Selatan, tidak lengkap tanpa menyebutkan Pantai Oetune; sebuah pantai dengan hamparan padang pasir yang sangat luas! Luasnya mencapai sekitar 100 meter persegi. Hamparan pasirnya yang putih berpadu dengan pohon-pohon Kasuari yang diperkirakan usianya sudah puluhan tahun, menciptakan pemandangan indah yang takbisa ditemukan di sembarang tempat. Jika tertarik mengunjunginya, Teman Traveler bisa datang ke Amanuban Selatam, TTS.

Kekayaan wisata alam di Timor Tengah Selatan sudah sepantasnya menambah kekaguman dan rasa bangga pada Indonesia. Belum banyak tersentuh, bukan berarti tidak cantik. Justru di sini, Teman Traveler dapat menikmati pemandangan yang menawan dengan lebih tenang. Yuk agendakan bersama beberapa teman! Ditunggu ya!

Tags
Indonesia Nusa Tenggara Timur Timor Tengah Selatan Wisata wisata alam di timor tengah selatan
Share