5 Hotel di Indonesia Ini Duduki Top 100 Hotel Terbaik Dunia, Keren!

Travel + Leisure merupakan majalah yang banyak membahas tentang kegiatan travelling di seluruh dunia. Markasnya berada di New York City, New York dan memiliki sekitar 4,8 juta pembaca di seluruh dunia. Setiap tahunnya, Travel + Leisure memberikan peringkat hotel terbaik di dunia berdasarkan hasil survei kepada para pembacanya. Penilaiannya meliputi fasilitas, lokasi, layanan, makanan, dan nilai keseluruhannya. Tahun ini, sebanyak 27 dari 100 hotel terbaik di dunia berlokasi di benua Asia. Kabar baiknya, dari daftar tersebut, 5 hotel di Indonesia berhasil masuk dalam jajaran hotel terbaik dunia. Bahkan Indonesia juga berhasil keluar sebagai pemenang dan menempati peringkat pertama. Berikut daftar 5 hotel di Indonesia yang terpilih dalam 100 hotel terbaik di dunia versi Travel + Leisure :

1. Four Seasons Resort Sayan, Bali (Peringkat 1)

Sumber : instagram.com/mgtenazas
Four Season Bali via instagram.com/mgtenazas

Hotel yang satu ini memang pantas mendapat peringkat pertama sebagai Hotel Terbaik di Dunia karena perpaduan antara kemewahan dan suasana alamnya yang sangat apik sekali. Terletak di tepi Sungai Ayung, Four Seasons Resort Bali at Sayan menawarkan berbagai fasilitas dan layanan yang dapat memanjakan siapa pun yang berkunjung. Sebut saja fasilitas gym, spa, kolam renang outdoor, penukaran mata uang, penyewaan kendaraan, parkir valet gratis, perpustakaan, hingga sarana bermain untuk anak-anak.

Sumber : instagram.com/ms.luxuryworldtraveler
Four Season Bali via instagram.com/ms.luxuryworldtraveler

Setiap suite dan villa pun didesain sangat elegan dan mewah. Di setiap unitnya, dilengkapi dengan ruang makan, ruang duduk dengan sofa, dan teras pribadi dengan pemandangan alam yang menyejukkan mata. Fasilitasnya pun lengkap, meliputi brankas, TV layar datar, hingga fasilitas untuk menyetrika. Di masing-masing kamar pun disediakan ruang tamu dan kamar mandi pribadi dengan perlengkapan kamar mandi gratis.

 

Jika ingin bersantai sambil menikmati hidangan pun Anda bisa memilih hingga 4 pilihan tempat makan, yakni : Ayung Terrace yang mengkhususkan pada masakan Indonesia; Jati Bar yang menyajikan berbagai cocktail dan makanan ringan; Riverside Cafe yang khusus menyajikan hidangan ala barat untuk makan siang dan makan malam; dan In-Villa Dining yang memberikan Anda kemudahan dan kenyamanan untuk menikmati hidangan di dalam kamar.

2. The Mulia, Bali (Peringkat 6)

The Mulia Resort Nusa Dua
The Mulia Resort Nusa Dua via Instagram/@king_icebear

The Mulia adalah hotel berbintang lima dengan konsep suites yang terletak di Jalan Raya Nusa Dua Selatan, Kawasan Sawangan, Nusa Dua, Bali. Terdapat tiga tipe suite yang ditawarkan oleh salah satu hotel terbaik dunia yang ada di Bali ini, antara lain :

The Marquess Suite

Sumber : themulia.com
Kamar di Mulia Resort via themulia.com

The Marquess Suite memiliki satu buah kamar tidur utama dan satu buah kamar dengan dua tempat tidur. Suite ini juga dilengkapi dengan ruang keluarga dan ruang makan dengan desain furnitur yang sangat elegan. Dari The Marquess Suite ini Anda juga bisa menyaksikan langsung keindahan pantai dari dalam kamar maupun dari atas balkon

The Earl Suite

Sumber : traveluxblog.com
Pemandangan dari kamar Mulia Resort via traveluxblog.com

Tipe suite ini sangat menarik karena memadukan keindahan warna coklat kayu yang bersanding dengan warna emas yang memberikan kesan mewah dan elegan khas kamar mandi para raja dan bangsawan. Tipe Suite ini juga dilengkapi dengan ruang terbuka dimana Anda dapat menikmati pemandangan pantai sambil bersantai di kamar Anda.

The Baron Suite

Sumber : kiwicollection.com
Keindahan kamar Mulia Resort via kiwicollection.com

Suite ini menawarkan sentuhan eksklusif dan elegan. Dilengkapi dengan furnitur dan aksesoris serta sebuah area dimana Anda bisa menikmati semilir angin laut dari dalam kamar Anda. Jika Anda menginap di suite ini, Anda juga akan dimanja dengan layanan khusus seperti gratis menggunakan ruangan The Lounge; gratis memakai fasilitas Mulia Villas & Mulia Resort; gratis afternoon-tea, cocktail dan makanan ringan; gratis butler service; serta gratis penggunaan akses internet.

3. Nihi Sumba, Nusa Tenggara Timur (Peringkat 9)

Sumber : instagram.com/nihisumba
Nihi Sumba via instagram.com/nihisumba

Nihi Sumba (Nihiwatu) yang terletak di Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur ini sudah langganan mendapat penghargaan sebagai Hotel Terbaik di Dunia versi majalah Travel + Leisure. Meskipun awalnya Nihi Sumba ini merupakan sebuah hostel, berkat tangan dingin dari Tory Burch dan James McBride, Nihi Sumba pun menjelma menjadi resort bintang lima pada tahun 2015. Berkat predikat hotel terbaik dunia tersebut, Pulau Sumba menjadi lebih dikenal di dunia. Padahal awalnya banyak orang, termasuk orang Indonesia, yang sering salah mengira jika Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur tersebut adalah Pulau Sumbawa di Nusa Tenggara Barat.

Sumber : instagram.com/nihisumba
Nihi Sumba via instagram.com/nihisumba

Di Nihi Sumba ini, setiap villanya memiliki desain unik yang disesuaikan dengan kearifan lokal yang ada. Atapnya pun didesain sangat tradisional dengan menggunakan jerami. Total ada sekitar 28 villa yang dapat Anda pilih untuk tempat Anda bermalam selama di Pulau Sumba. Setiap villa juga dilengkapi dengan kolam renang pribadi dan pemandangan yang langsung menghadap ke laut.

 

Untuk urusan hidangan, Nihi Sumba juga selalu memberikan yang terbaik untuk para tamunya. Semua bahan makanan yang disajikan ditanam sendiri secara organik. Menu yang disajikan pun dimasak langsung oleh koki kenamaan yang telah memenangi berbagai macam penghargaan.

4. Amandari, Bali (Peringkat 12)

Sumber : instagram.com/amandari_resort
Amandari via instagram.com/amandari_resort

Bali memang tidak pernah bosan untuk dibahas. Kali ini hotel yang menduduki sebagai peringkat ke-12 sebagai Hotel Terbaik Dunia adalah Amandari yang terletak di daerah Kedewataan, Bali. Bagi yang ingin menikmati suasana menginap dengan pemandangan gunung dan pedesaan, Amandari hotel ini sangat cocok untuk tempat Anda menginap. Karena setiap detail bangunannya dibuat menyerupai daerah pedesaan di Bali.

Sumber : instagram.com/amandari_resort
Ruang bersantai di Amandari via instagram.com/amandari_resort

Ada beberapa kategori kamar yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda, yaitu : Village Suite, Valley Suite, Pool Suite, Ayung Suite, Asmara Suite, Amandari Suite, dan Amandari Villa. Beberapa tipe kamar tersebut ada yang menampilkan pemandangan menghadap kolam renang, kebun, dan persawahan. Di setiap kamarnya pun telah dilengkapi dengan tempat tidur king-size, telepon, TV, minibar, pendingin ruangan, dan kamar mandi yang dilengkapi dengan shower/bathub dan pengering rambut.

Restoran di Amandari via instagram.com/amandari_resort
Restoran di Amandari via instagram.com/amandari_resort

Para tamu pun akan dijamu dengan berbagai hidangan lezat di restoran berlantai dua yang menghadap ke kolam renang. Restorannya juga didesain dengan konsep open-air agar para tamu dapat merasakan sensasi bersantap ria sambil menikmati pemandangan alam. Bahan-bahan yang digunakan juga merupakan bahan organik yang ditanam menggunakan cara tradisional Bali. Sangat lezat dan menyehatkan pastinya. Pantas saja jika Amandari termasuk dalam jajaran hotel terbaik dunia.

5. Alila Manggis, Bali (Peringkat 93)

Sumber : myoverseaswedding.com
Alila Manggis via myoverseaswedding.com

Hotel terbaik dunia lainnya adalah Alila Manggis yang menempati peringkat ke-93. Berbeda dengan hotel-hotel sebelumnya, Alila Manggis ini terletak di tengah-tengah kebun kelapa karena jaraknya yang sangat dekat dengan Pantai Buitan. Hotel ini memiliki restoran, spa, dan beragam kamar yang menampilkan pemandangan laut.

Sumber : discoveryloyalty.com
Alila Manggis via discoveryloyalty.com

Ada sekitar 55 kamar yang dibagi dalam tiga tipe, yakni Superior, Deluxe, dan Seaside Suite. Setiap kamar dilengkapi dengan fasilitas modern untuk melengkapi kebutuhan tamu, seperti LCD TV, coffe maker, Wifi, dan lain sebagainya. Unit Deluxe dan Seaside Suite dilengkapi dengan day bed di area balkon agar para tamu dapat bersantai sambil menikmati suasana hembusan angin dan deburan ombak.

Selain unit kamar, Alila Manggis juga memiliki satu unit villa, yakni Villa Idana yang menyuguhkan pemandangan dengan teras-teras sawah yang menyejukkan mata. Karena mengunggulkan suasana yang tenang dan jauh dari keramaian, lokasinya pun dibuat cukup jauh dari kawasan hotel. Sekitar 45 menit jika berkendara. Villa ini juga dilengkapi dengan kolam renang pribadi sepanjang 20 meter.

Untuk urusan makanan, para tamu dapat menikmati ragam hidangan tradisional Bali dan menu Internasional lainnya di Seasalt Restaurant. Bagi yang ingin bercengkrama sambil bersantai bersama keluarga atau teman-teman, dapat juga berkunjung ke Ocean Bar yang menawarkan berbagai macam sajian cocktail dengan panorama pantai yang menyegarkan.

Tags
Akomodasi hotel terbaik dunia Indonesia
Share