Hotel di Jogja dengan Suasana Jawa Banget, Ngangenin!

Advertisement

Jawa Tengah khususnya Jogja identik dengan budaya yang kental, kesenian hingga peninggalan-peninggalan yang terjaga hingga sekarang. Pernak-perniknya jadi konsep tersendiri untuk berbagai unsur pariwisata, termasuk yang ada pada hotel di Jogja Berikut ini.  Yuk dipilih sendiri mau menginap di mana!

1.  Ndalem Natan adalah sebuah guest house dengan mengusung bentuk bangunan keraton yang berada di daerah Kotagede, Yogyakarta. Tempat ini merupakan wajah dari bangunan lama yang telah hampir hancur dan dipugar kembali tanpa menghilangkan identitas aslinya. Mulai dari pintu, lantai, hingga jendela semuanya sangat kental dengan suasana jawa dan keraton.

Ndalem Natan [image source]

Alamat: Jl. Mondorakan No.5, Prenggan, Kotagede, Daerah Istimewa Yogyakarta 

2. Tegal Panggung Guest House terletak di sebelah timur kawasan Malioboro, tepatnya di Jalan Tegal Panggung no. 39 Yogyakarta. Hanya dengan berjalan kaki 10 menit dari guest house ini kamu akan mencapai Malioboro. Bidang-bidang kayu yang menghiasi sebagian besar tampilan depan rumah, jendela, furnitur, dan lantai memberikan suasana yang modern tapi masih sangat kental akan adat jawa.

Tegal Panggung Guest House
Tegal Panggung Guest House [image source]

Alamat: Jl. Tegal Panggung, Tegal Panggung, Daerah Istimewa Yogyakarta

3. Kvlatresna Vila adalah sebuah vila yang memadukan arsitektural modern minimalis dengan arsitektural tradisional jawa. Dengan bentuk kotak dan menyerupai joglo, vila ini diberi warna putih serta penggunaan jendela yang cukup banyak. Selain itu, perpaduan warna putih dan coklat membuat tempat ini semakin terlihat elegan.

Kvlatresna [image source]
Kvlatresna [image source]

Alamat: Gang Srikandi, Krebet, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Mengusung bentuk bangunan Joglo, membuat guest house ini memiliki atmosfer Jawa yang begitu kental. Belum lagi pemandangannya yang membuatmu serasa dilempar kembali pada suasana pedesaannya, karena tidak jauh dari guesthouse ini kamu masih bisa menemukan sawah yang jarang sekali ditemukan di kota besar.

oglo House Syariah [image source]
Oglo House Syariah [image source]

Alamat: Jl. Wahid Hasyim, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

5. Dengan memanfaatkan rumah warisan kakek dan neneknya, Bintoro, seorang pengusaha batik Solo mendirikan homestay ini. Sebagian besar, bentuk asli bangunan ini tetap terjaga. Meja klasik, kursi, dan perabotan lainnya dapat ditemukan di setiap ruangan, yang tentunya hal seperti ini bagi mata wisatawan mancanegara. 

Cakra Homestay Solo [image source]
Cakra Homestay Solo [image source]

Alamat: Jl. Cakra 2 No.15, Kauman, Ps. Kliwon, Kota Surakarta

6. Selain mengusung tema bangunan adat, di tempat ini kamu bisa melakukan segala kegiatan seni. Karena, homestay ini berada pada komplek taman hutan lemah putih yang notebene adalah sebuah tempat pementasan seni. Mulai dari seni tari hingga seni membuat keramik. Juga nggak ketinggalan kamu bisa menikmati beberapa menu minuman tradisional yang disediakan.

Omah Wening guest house di komplek Taman hutan lemah putih [image source]
Omah Wening Guest House di komplek Taman Hutan Lemah Putih [image source]

Alamat: Jalan Bonorejo, RT 02 RW 02, Plesungan, Solo

7. Omah Awang Kedai & Homestay merupakan homestay dan kedai yang ada dalam lokasi yang sama. Homestay yang unik ini menawarkan penginapan dengan suasana pedesaan dan hanya terdapat 1 rumah dengan kapasitas 4-5 orang. Nasi ayam gongso dan mie ayam spesial juga dapat kamu nikmati di kedai ini.

Omah Awang [image source]
Omah Awang [image source]

Alamat: Jl. Ahmad Wahid No.236, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

8. Hanya berjarak 10 menit dari Maliboro, membuat Ndalem Suryo Saptono menjadi sebuah homestay dengan suasana desa yang berada di tengah kota. Belum lagi area sekitar rumah joglo yang dikelilingi tanaman sekaligus membuat tempat ini terlihat lebih asri. 

Ndalem suryo saptono [image source]
Ndalem Suryo Saptono [image source]

Alamat: Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

9. Yabbiekayu Bungalows Homestay terletak pada desa Tembi di selatan Yogyakarta. Sebuah penginapan yang mengadaptasi bentuk bangunan joglo ini hampir di dominasi kayu sebagai material dasarnya. Dengan lokasi yang tidak terlalu padat, kamu akan benar-benar merasakan suasana pedesaan.

yabbiekayu [image source]yabbiekayu [image source]
Yabbiekayu [image source]

Alamat: Jl. Parangtritis KM 8,5 RT 05/ RW 04, Tembi, Kec. Sewon, Timbulharjo Sewon, Bantul
Daerah Istimewa Yogyakarta

10. Omah Tentrem Homestay menyuguhkan suasana tradisional jawa yang begitu kental. Walaupun memiliki suasana seperti pada pedesaan, Omah Tentrem terletak tidak jauh dari pusat perkotaan.  Ambarukmo Plaza, Candi Prambanan, dan Transmart terletak tidak jauh dari tempat ini.

Omah tentrem [image source]
Omah Tentrem [image source]

Alamat: Kecamatan Depok, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Budaya Jawa yang kental pada beberapa Hotel di Jogja bisa jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara. Bagaimana tidak, yang seperti di atas tidak ada di belahan bumi lain bukan?

Advertisement
Tags
Daerah Istimewa Yogyakarta hotel Indonesia Jawa Tengah Solo Vila
Share