Intip Hotel-hotel yang Pernah Disinggahi Presiden Kita, Nggak Selalu Mewah

Hotel dan jenis tempat menginap lainnya tak bisa dijauhkan dari kehidupan kita. Tak hanya para traveler, hotel juga dijadikan tempat istirahat para tokoh dan orang penting, termasuk presiden saat bertugas di luar kota. Lihat yuk deretan hotel pilihan Presiden Indonesia saat bertugas di beberapa kota. Mungkin bisa menjadi referensimu saat memilih hotel. Apa saja, ya?

1. Jokowi – Hotel Jakarta Indah

Hotel Jakarta Indah
Hotel Jakarta Indah via Wartakota 

Sebagai orang nomor satu di Indonesia, sudah seharusnya mendapat tempat dan fasilitas terbaik di manapun berada. Namun, pilihan Presiden Jokowi ternyata mengejutkan masyarakat Indonesia. Saat berkunjung ke Sumatera, bukan tinggal di hotel mewah, Presiden Jokowi memilih untuk menginap di Hotel Jakarta Indah yang berlokasi di Jalan Lintas Sumatera Km.2, Dharmasraya. Hotel sederhana ini dibangun di sebuah ruko dengan tarif kamar hanya Rp450 ribu per malamnya.

Kamar di Hotel Jakarta Indah
Kamar di Hotel Jakarta Indah via www.google.com

2. Soekarno – Hotel Savoy Homann

Hotel Savoy Homann tempo dulu
Hotel Savoy Homann tempo dulu via Tigerlily’s Book

Ada banyak hotel tua yang masih eksis hingga kini, salah satunya adalah Hotel Savoy Homann yang terletak di Jalan Asia Afrika No.112, Cikawao, Bandung. Pada Konferensi Asia Afrika yang di gelar di tahun 1955, hotel ini menjadi pilihan Presiden pertama kita, yaitu Soekarno.

Bung Karno menginap di lantai tiga, tepatnya di kamar no 244. Keaslian kamar ini masih dijaga hingga kini. Semua perabotnya masih sama, hanya saja ada tambahan seperti shower dan AC agar ruangan lebih nyaman. Hotel yang namanya sudah berganti menjadi Bidakara Grand Savoy Homann ini bertarif kisaran Rp750 ribu per malamnya.

Savoy Homann Hotel masa kini
Savoy Homann Hotel masa kini via HDG Team

3. Megawati – Tugu Hotel Malang

Hotel Tugu Malang
Hotel Tugu Malang via Tuguhotels.com

Saat harus bertugas dinas di Malang, Hotel Tugu yang berlokasi di Jalan Tugu No. 3, Kauman, Klojen, Malang selalu menjadi pilihan Ibu Megawati, Presiden Ke Lima Indonesia. Suasananya yang kental dengan gaya Jawa serta menu makanan tradisionalnya yang membuat Ibu Megawati selalu betah menginap di Hotel Tugu Malang.

Adapun makanan-makanan yang selalu disajikan adalah rujak cingur, lodeh, hingga oseng-oseng genjer. Kamu bisa juga mencoba sendiri bagaimana menginap di hotel yang kamarnya bertarif kisaran Rp1,5 juta per malamnya. Lokasinya sangat strategis karena dekat dengan stasiun dan pusat kota.

Kamar di Tugu Hotel Malang
Kamar di Tugu Hotel Malang Tuguhotels.com

4. Susilo Bambang Yudhoyono – The Trans Luxury Hotel

The Trans Luxury Hotel
The Trans Luxury Hotel via Instagram/@thetransluxuryhotel

Berbeda dengan yang lainnya, presiden ke enam yaitu Susilo Bambang Yudhoyono berkesempatan untuk menjadi tamu pertama yang menginap di kamar terbaik Trans Luxuri Hotel, Bandung. Pak SBY menginap di President Suite yang per malamnya bertarif kisaran Rp25 juta. Kamar tersebut adalah yang paling mahal di hotel yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto No.289, Cibangkong, Bandung. Tersedia berbagai fasilitas mewah, bahkan pelayan pribadi yang siap melayani selama 24 jam.

Kamar di The Trans Luxury Hotel
Kamar di The Trans Luxury Hotel via Instagram/@nsamandans

Nah, deretan hotel di atas bisa menjadi referensi kamu saat berkunjung di kota-kota tersebut. Bisa juga nih sambil melihat sendiri bagaimana hotel pilihan para orang nomor satu di Indonesia. Bagaimana, hotel mana yang paling menarik?

Tags
Akomodasi hotel pilihan presiden Indonesia
Share