Menyepi ke Pinggiran Jogja dengan Menginap di Kawasan Bantul

Sudah bukan rahasia, Jogja merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Keindahan beragam wisatanya membius para wisatawan. Kelezatan kuliner Jogja pun menjadi salah satu daya tarik bagi turis untuk berkunjung berkali-kali. Selain Malioboro yang jadi spot hits para turis, Jogja masih luas dan memiliki daerah menarik lainnya, seperti Bantul. Agar bisa mengeksplor wisata kawasan ini lebih maksimal, menginap saja di empat hotel di Bantul berikut ini.

1. Omah Ndeso Homestay

Omah Ndeso Homestay, Bantul
Omah Ndeso Homestay, Bantul via Instagram/@atikha_p

Jika mendambakan suasana pedesaan, Bantul merupakan pilihan yang tepat. Kawasan ini dikenal tenang dan cocok untuk menyepi. Ditambah lagi jika menginap di tempat yang tepat. Salah satu tempat yang bisa dipertimbangkan adalah Omah Ndeso Homestay yang berlokasi di Patalan, Jetis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Omah Ndeso Homestay
Omah Ndeso Homestay via Instagram/@fuadrentalyk

Sesuai dengan namanya yang berarti ‘rumah desa’ dalam bahasa Jawa, homestay ini terbuat seperti rumah tradisional. Tak hanya tempat menginap, disediakan juga restoran bertema Jawa dengan kuliner khas setempat seperti bakmi godog. Sediakan budget sekitar Rp300 ribu per malamnya, ya.

2. Frogstay Homestay

Frogstay Bantul, Jogja
Frogstay Bantul, Jogja via FrogHouse

Rasanya kurang sempurna jika traveling ke Jogja tapi tidak mencoba menginap di tempat yang unik. Coba pesan kamar di Frogstay yang letaknya di Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Kamar-kamar yang disediakan di sini dibuat dari bilik-bilik bambu dan kayu. Tak hanya tempat istirahat, di Frogstay juga menyediakan wadah bagi tamu yang ingin belajar membatik dengan canting. Sekeliling dari homestay ini pun masih sangat asri, penuh dengan pepohonan yang menenangkan. Tarif menginap semalam di Frogstay berkisar dari Rp150 ribu saja, lho.

Frogstay Bantul
Frogstay Bantul via FrogHouse

3. Trava House

Trava House
Trava House via Instagram/@kus.andi

Salah satu hal yang dipertimbangkan oleh para traveler masa kini adalah spot instagenic, termasuk pada tempat menginap. Kamu akan menemukan banyak pojokan keren untuk latar belakang fotomu saat menginap di Trava House yang berlokasi di Lorong Barat Gang Cempaka, Mantrijeron, Jogja yang tak jauh dari Bantul. Letaknya pun strategis karena dekat dengan tempat wisata. Untuk menuju Taman Sari, kamu hanya perlu berjalan kaki selama 15 menitan. Disediakan juga kamar tipe asrama yang hanya bertarif kisaran Rp150 ribu per malamnya.

Trava House Jogja
Trava House Jogja via Instagram/@ucik_nh

4. Paddy de Sawah Guest House

Paddy dan Sawah Guest House
Paddy dan Sawah Guest House via Paddy de Sawah Guest House

Bangun tidur mau disuguhi pemandangan sawah hijau yang menyejukkan mata? Menginap saja di Paddy D’sawah Guest House yang berlokasi di Sumbermulyo, Bambang Lipuro, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Guest house yang satu ini sederhana dan dibuat dari jerami dan bambu. Terpampang hamparan hijau yang luas di belakangnya, pemandangan asri yang tidak akan membosankan. Tarif untuk menginap semalam di Paddy D’sawah Guest House ini harganya mulai Rp150 ribu saja. Hemat, tapi sangat nyaman.

Kamar di Paddy dan Sawah Guest House
Kamar di Paddy dan Sawah Guest House via Paddy D Sawah Guest House

Jangan khawatir akan terlantar, meski tak di dekat kota ternyata ada banyak tempat menginap keren di Bantul. Pastikan menyempatkan diri untuk mencicipi kuliner enak di Bantul, ya. Bagaimana, kapan mau ke Jogja?

Tags
Akomodasi Bantul DIY hotel Indonesia Jogja
Share