Hortimart Agro Center, Petik Buah Lokal dari Langsung dari Pohonnya

Kalau Teman Traveler merasa sudah tamat menjelajah wisata yang ada di kota Semarang, artinya kini kalian harus segera melipir ke Semarang Coret alias wisata-wisata yang ada di Kabupaten Semarang. Salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi adalah Hortimart Agro Center, sebuah agrowisata yang terletak di Jalan Gatot Subroto No.55 Bawen, Semarang.

Konsepnya hampir mirip dengan Taman Buah Mekarsari yang ada di Cileungsi, Bogor. Namun, tetap ada keunikan dan keistimewaannya sendiri. Daripada penasaran, simak ulasan lengkap berikut, yuk!

Sudah Berdiri Sejak Tahun 1970

Hortimart Agro Center
Hortimart makin berkembang via Instagram/fadhielboe

Menilik sejarahnya, rupanya perusahaan Hortimart Agro Center yang diprakarsai oleh Budi Dharmawan telah ada sejak tahun 1970 dengan nama Hortimart Utama. Awalnya, Hortimart Utama ini diperuntukkan sebagai lokasi budidaya buah-buahan lokal dan ingin agar petani lokal bisa lebih produktif. Namun, seiring berjalannya waktu dan memenuhi kebutuhan wisatawan, akhirnya Hortimart bisa berkembang seperti sekarang.

Punya Lima Divisi Agrobisnis

hortimart agro center
Sirsat madu yang manis (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Setelah akhirnya berubah nama menjadi Hortimart Agro Center pada tahun 1999, Hortimart terus berbenah untuk menyesuaikan dengan perkembangan agrowisata kekinian. Hingga di tahun 2015, Hortimart fokus pada lima divisi agrobisnis, yaitu Agro Estate, Agro Tour, Agro Mart, Agro Resto, dan Agro Supply.

Agro Estate Hortimart

hortimart agro center
Jadwal panen jeruk siem madu via Instagram/tyas.retry

Disebut Agro Estate karena Hortimart menyediakan kebun seluas kurang lebih 25 hektar yang ditanami berbagai jenis buah dan sayuran organik. Uniknya, ada 3 buah embung raksasa di salah satu sudut kebun sebagai penampung air hujan yang nantinya akan digunakan untuk mengairi kebun pada musim kemarau. Jadi, jika Teman Traveler datang saat musim kemarau, Hortimart akan tetap terlihat hijau.

Agro Tour Hortimart

hortimart agro center
Mobil tour Hortimart via Instagram/hortimartagrocenter

Nah, di Agro Tour ini Teman Traveler diizinkan mengelilingi kebun buah dan sayur menggunakan mobil oranye yang sudah disediakan oleh Hortimart. Dengan membayar tiket sebesar Rp100.000 per mobil, kalian bisa membawa kerabat sampai dengan 12 orang. Lalu, ada sopir yang merangkap tour guide akan menjelaskan seputar sejarah Hortimart, jenis buah dan sayur apa saja yang ada di kebun, dan informasi menarik lainnya.

Jenis buah yang ditanam di kebun Hortimart banyak sekali, lho. Bahkan dari satu jenis buah, seperti melon, punya beberapa jenis varietas, seperti melon Kirani, Alisa, dan Kinanti. Begitu juga dengan durian yang menjadi produk unggulan Hortimart, ada durian Petruk, Srikandi, Baladewa, dan Musang King.

Kalian juga bisa melihat pohon buah yang lain, seperti jeruk bali, sirsat madu, buah naga, mangga, nangka, jeruk, kelengkeng, dan masih banyak lagi. Di musim panen, Teman Traveler bisa turun langsung ke kebun untuk memetik buah yang sudah masak. Setelahnya, kalian tinggal membayar buah tersebut sesuai harga masing-masing buah. Seru banget, kan?

Agro Mart Hortimart

hortimart agro center
Buah di Agro Mart (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Apabila Teman Traveler tak sempat menaiki mobil oranye untuk keliling kebun, kalian tetap bisa memborong buah lokal di Agro Mart yang terdapat di bagian depan Hortimart. Agro Mart ini menyediakan berbagai buah dan sayur hasil panen kebun.

Ada juga produk UKM setempat yang ikutan dijual di sana, seperti keripik, sirup, dan es krim. Melihat aneka buah dan sayur segar dipajang di etalase Agro Mart, dijamin kalian bakal kalap pengin memboyong pulang semua!

Agro Resto Hortimart

hortimart agro center
Salah satu menu di Agro Resto via Instagram/makanansemarang

Puas menjejalah kebun dan belanja di Agro Mart, Teman Traveler bisa mengisi perut dulu di Agro Resto yang bersebelahan dengan Agro Mart. Sebagai informasi, Hortimart sebenarnya punya dua buah resto. Pertama, Agro Resto yang ada di bagian depan, dan Green Resto yang terletak di dalam kebun buah Hortimart, yang bisa bisa dicapai menggunakan mobil oranye atau mobil pribadi.

Jika Green Resto didominasi oleh menu vegetarian dan tradisional yang disajikan secara prasmanan khusus untuk pengunjung rombongan, maka di Agro Resto disediakan menu vegetarian siap saji yang diperuntukkan bagi pengunjung reguler. Tapi, tak perlu khawatir. Meski lebih banyak menawarkan menu vegetarian, namun baik Green Resto dan Agro Resto tetap menyediakan menu bahan-bahan nabati, seperti daging ayam dan udang.

Agro Supply Hortimart

Hortimart agro center
Tambulampot stroberi via Instagram/hortimart_agro_supply

Terakhir, sebelum Teman Traveler beranjak pulang, sempatkan membeli bibit tanaman buah yang dijual di Agro Supply. Di toko bibit ini, kalian bisa menemukan beragam tambulampot (tanaman buah dalam pot), benih, pot, pupuk, pestisida dan alat-alat kebun. Harganya bervariasi namun tetap terjangkau, bahkan sering ada promo.

Sebagai salah satu agrowisata di kabupaten Semarang, Hortimart layak banget Teman Traveler kunjungi bersama keluarga dan sahabat. Datanglah sepagi mungkin agar kalian bisa puas berkeliling ke setiap sudutnya.

Tags
hortimart agro center Indonesia Jawa Tengah Kabupaten Semarang kontributor Wisata
Share