Hello Odading, Jajanan SD yang Naik Kelas

Bagaimana jadinya jika makanan tradisional ala-ala Sekolah Dasar (SD) naik kelas? Well, Teman Traveler bisa temukan jawabannya di Hello Odading yang ada di Bandung.

Odading sendiri merupakan penganan klasik yang dikenal dengan nama berbeda di beberapa daerah Indonesia. Mulai dari bolang-baling (Jawa Tengah), kue bantal (Jawa Barat), hingga Odading (Jawa Timur). Lantas seperti apa sajian yang hadir di Hello Odading? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Jajanan SD Naik Kelas

kedai_odading_heloo_o04.jpg
Kedainya bernuansa kekinian (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Odading sebelumnya dikenal sebagai jajanan murid SD di era 90-an. Namun seiring berjalannya waktu, eksistensi panganan ini mulai memudar. Banyak dilibas aneka makanan kekinian.

Namun di tangan tiga pemuda asal Bandung, ketenaran kue Odading perlahan mulai meningkat. Semua berkat inovasi menarik yang mereka lakukan di kedai Hello Odading.

Kerja Sama dengan Pedagang Kue Tradisional

proses_pengolahan_adonan_7GX.jpg
Proses pembuatan kue (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Hussein, salah satu owner kedai, mengisahkan bahwa demi mendapat cita rasa otentik ia rela menjalin kerja sama dengan penjual kue odading tradisional. Dirinya aktif berkonsultasi mengenai cara membuat adonan yang pas, hingga bisa hasilkan kue dengan sensasi rasa nikmat.

“Kami kerjasama dengan tukang Odading yang sudah berjualan bertahun-tahun di dekat rumah saya,” jelasnya.

proses_menggoreng_TeC.jpg
Kue sedang digoreng (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk
ukuran_lebih_besar_4lE.jpg
Siap dilumuri aneka topping (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Hussein menyebutkan bahwa langkah tersebut juga sekaligus merupakan bentuk apresiasi terhadap pedagang Odading konvensional. Ia ingin jajanan tradisional ini tetap lestari dan memiliki peminat.

Sentuhan Cita Rasa Kekinian

odading_helo_proses_dipotong_oTm.jpg
Kemasan bernuansa modern (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk
chocomaltine_selesai_dibuat_sfe.jpg
Berlumur saus coklat (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Demi mengikuti perkembangan kuliner kekinian, kue odading di sini disajikan dalam ukuran lebih besar. Rasanya bermacam-macam, tergantung saus glaze aneka rasa yang dilumurkan di atas permukaannya. Teman Traveler bisa pilih mulai dari Chocomaltine, Tiramisu, Green Tea, Dark Chocolate, White Chocolate, hingga Stroberi. Selain itu masih ada tambahan ekstra topping seperti Marshmallow, Milo, Cheese, Almond Slice, dan Oreo.

Pelanggan dari Berbagai Kalangan

ramainya_pelanggan_MZS.jpg
Suasana di dalam kedai (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Hussein mengatakan bahwa pelanggan Hello Odading bisa dibagi menjadi dua kategori. Pelanggan berusia muda lebih suka kue dengan aneka rasa dan saus kekinian. Sementara pelanggan yang lebih senior berbondong-bondong membeli karena ingin mengenang lagi jajanan masa kecil mereka, sekaligus penasaran dengan inovasinya.

Berdiri sejak April 2019, kedai ini merupakan yang pertama sajikan odading kekinian di Bandung. Dalam waktu singkat mereka langsung sukses merebut hati para penggemar kuliner di Paris van Java. Total kedai ini sanggup menjual 80-100 boks kue per hari.

tempat_tongkrongan_seru_xrT.jpg
Suasana di pelataran kedai (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Satu kemasan box reguler dengan satu varian rasa dihargai Rp15.000. Sementara untuk satu boks mix dengan dua varian rasa, dibanderol Rp16.000 saja. Jika ingin menambah ekstra topping, cukup tambah Rp2.000 saja.

Kedainya sendiri beralamat di Jalan Dipatiukur. Sangat strategis dan kerap dijadikan lokasi kumpul mahasiswa, terutama di jam-jam ramai antara sore hingga malam.

Green Tea Mix Strawberry yang Enak Banget!

strawberry_greentea_JIR.jpg
Varian Green Tea Mix Stroberi (c) Lufti Dananjaya/Travelingyuk

Dari sekian banyak menu yang tersedia, salah satu yang jadi favorit pelanggan adalah kemasan boks mix dengan paduan rasa Green Tea dan stroberi. Sementara untuk versi reguler, yang jadi idola adalah Chocomaltine. Keduanya memang sungguhan enak Teman Traveler. Begitu mencicipi, saya hanya bisa berkomentar the best banget!

chocomaltine_di_C5D.jpg
Rasa Chocomaltine (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang suka kue Odading dan penasaran bagaimana jika jajanan tradisional ini naik kelas, langsung saja mampir ke kedai Hello Odading di Jalan Dipatiukur No. 83. Mereka buka antara Senin – Kamis, mulai pukul 11.00 hingga 21.00. Sementara untuk Jumat dan Sabtu, kedai ini siap melayani pelanggan antara pukul 14.00 hingga 23.00.

Itulah sedikit ulasan mengenai toko kue Hello Odading. Bagaimana, adakah di antara Teman Traveler yang tertarik mencicipi? Jangan lupa mampir jika sedang menjelajah wisata Bandung ya.

Tags
Bandung kontributor kuliner bandung Travelingyuk
Share