29 Januari Ditetapkan Sebagai Hari Arak Bali, Apa Maknanya?

Advertisement

Selalu ada alasan untuk mengunjungi Bali, mencicipi araknya mungkin bisa menjadi satu di antaranya. Kamu sudah tahu soal arak Bali yang terkenal itu? Akhir Desember 2022 lalu, Gubernur Bali menetapkan bahwa pada setiap tanggal 29 Januari akan diperingati sebagai Hari Arak Bali.

Apa makna dari hari tersebut? Berikut ulasan lengkap tentang penetapan 29 Januari sebagai Hari Arak Bali,. serta maknanya bagi turis dan masyarakat Bali itu sendiri.

Penetapan Hari Arak Bali

Gubernur Bali I Wayan Koster menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Arak Bali. Ialah hari untuk menghormati dan merayakan kearifan lokal yang terkandung dalam arak Bali. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga budaya dan tradisi arak Bali.

29 Januari Hari Arak Bali
Foto via SampaiJauh.com

Penetapan hari peringatan ini mengambil ide dari Festival Arak Bali yang telah berlangsung sejak tahun 2020 setelah resminya Peraturan Gubernur Bali Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi Dan/Atau Destilasi Khas Bali. Festival ini merayakan budaya dan seni yang telah diwariskan dari generasi ke generasi di Bali.

Mengapa Ada Hari Peringatan Ini?

Menurut Gubernur Koster, Hari Arak Bali akan menyatukan masyarakat dalam menghargai dan menghormati kearifan lokal yang terkandung dalam arak Bali. Ia juga mengungkapkan bahwa hari itu akan meningkatkan dan menyempurnakan karakter budaya Bali.

29 Januari Hari Arak Bali
Photo by Anthony DELANOIX on Unsplash

Selain itu, Gubernur Koster juga mengatakan bahwa Hari Arak Bali akan menjadi ajang untuk mempromosikan arak Bali di tingkat nasional dan internasional. Ia mengatakan bahwa perayaan ini akan dimanfaatkan untuk meningkatkan citra positif arak Bali di tengah masyarakat. Ia juga berharap bahwa dengan ditetapkannya Hari Arak Bali, hasil karya para pembuat arak Bali akan mendapatkan pengakuan dan apresiasi yang lebih luas.

Arak Bali telah menjadi bagian dari budaya Bali selama bertahun-tahun dan telah menjadi bagian dari ritual dan upacara adat, serta banyak digunakan untuk acara keagamaan dan pesta.

Arak Bali diyakini banyak orang sebagai minuman yang memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres, dan meningkatkan kesehatan jantung. Arak Bali juga digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit seperti asma, insomnia, dan masalah pencernaan.

Advertisement
Tags
Arak Bali Hari Arak Bali kearifan lokal tradisi budaya bali
Share