Deretan Harga Nasi Rames Ini Bikin Heran, Mahal Banget Sampai Jutaan Rupiah

Advertisement

Nasi rames biasa disebut nasi bungkus dengan pilihanyanf beraneka ragam dan pastinya memiliki harga murah. Nasi rames ini biasa didapatkan dipedagang kaki lima atau warung-warung kalangan bawah. Namun, banyak orang merasa heran bahkan geleng-geleng kepala dengan sajian nasi rames yang memiliki harga mahal. Padahal, nasi kaya akan jenis lauk ini akan terlihat sama dibeberapa negara di Asia Tenggara, mungkin pembedanya hanya pada sebutan atau namanya saja. Misalnya nasi kukus khas Malaysia, dan economic rice ala Singapura.

Nasi rames yang rersaji dengan aneka lauk yang lengkap
Nasi rames yang rersaji dengan aneka lauk yang lengkap. Foto via detik.com

Di Indonesia, nasi ini menjadi pilihan banyak orang untuk memenuhi kebutuhan setiap hari khususnya bagi kamu seorang urban. Nasi Padang juga layaknya nasi rames yang dibungkus menggunakan kertas minyak dengan isian bervariasi mulai dari lauk, sayuran, sambal san kuah. Yang pasti harganya murah meriah, namun tidak untuk beberapa nasi rames dibawah ini

Nasi Rames Harga Rp. 120.000

Berada diarea kebutuhan biaya yang tinggi memang menjadi problem tersendiri bila pendapatan dirasa sangat pas-pasann. Karena semua berpengaruh akan beban biaya termasuk harga makanan. Hal ini dapat kamu rasakan ketika berkunjung ke negara tetangga yaitu Singapura. Rasanya bakal susah menemukan warung kecil sekelas kaki lima di Indonesia. Singapura akan menyajikan warung ala restoran ataupun kafe modern yang notabane memiliki harga yang dijamin selangit.

Economic rice atau Cai Fan menjadi sajian nasi rames di Singapura
Economic rice atau Cai Fan menjadi sajian nasi rames di Singapura. Foto via burpple.com

Untuk kamu yang ingin merasakan masakan Indonesia cobalah memilih menu Cai Fan atau Economic Rice, menu ini layaknya nasi oadang atau nasi rames ala warung tegal. Namun jangan kaget ya dengan harga yang aduhai mengerikan. Untuk seporsi Economic Rice ala nasi rames nusantara dibanderol dengan harga hingga SGD 11 atau setara Rp. 117.000. itu pun belum termasuk air minum.

Nasi Rames Padang Tembus 100ribu

Pastinya sudah mengenal makanan asli dari Sumatera Barat yaitu Masakan Padang. Masakan ini sungguh terkenal hingga belahan nusantara. Dari perkotaan hingga desa sekalipun ada saja sajian nasi padang atau Rumah Makan Padang. Di Yogyakarta, rumah makan ini sangat bertebaran diberbagai wilayah keramaian kota Gudeg. Namun, urusan harga, setiap warung sepertinya bakal mematok harga yang berbeda-beda. Apalagi Yogyakarta terkenal dengan harga yang relatif murah.

Masakan padang dengan harga nyaris ratusan ribu didaerah Yogyakarta
Masakan padang dengan harga nyaris ratusan ribu didaerah Yogyakarta. Foto via food.detik.com

Meski demikian, ada beberapa traveler yang mengeluh akan harga makanan dari salah satu Rumah Makan Padang, sehingga merasa kaget. Harganya nyaris mendekati seratus ribu, itupun belum termasuk harga minuman yang dipesan. Padahal pengunjung ini hanya memesan nasi cumi dengan tambahan 2 perkedel saja.

Nasi Padang Marco Ala Chef Lim

Meski berdasarkan dengan konsep nasi Padang, resto ini menambah sentuhan ala fine dinning dengan berbagai menu andalan masakan padang. Dari segi harga memang resto ini menjadi yang termahal di area Jakarta. Rasanya enggan untuk makan bila sajian menu untuk ikan baramudi lado mudo saja dibanderol seharga Rp. 120.000.

Menu spesial dari Nasi Padang Marco Ala Chef Lim adalah Ikan Baramudi Lado Mudo. Foto via jakartakita.com

Bila kamu menikmati menu nasi padang lengkap, kamu harus menyediakan aung sebesar Rp. 300.000 untuk menu lengkap nasi rames Padang ala Marco. Menu lengkap ini terdiri dari sajian nasi yang dilengkapi lauk seperti rendang hitam, ikan baramundi, telur dadar ayam panggang, sayuran daun singkong, dendeng batokok serta gulai tunjang. Tak lupa siraman kuah kuning kental gurih tepat diatas nasi.

Nasi Padang Singapura 128rb

Singapura memang memiliki tarif kehidupan yang relatif mahal. Meski sajian masakan dari Indonesia terkenal dengan harga yang murah, tetap saja di Singapura memiliki harga yang cukup fantastis. ASda salah satu warga Singapura yang ingin menikmati masakan padang di resto Padang-Padang ION Orchard.

Nasi padang di Singapura olahan dari Padang Padang resto di ION Ordcard Singapore
Nasi padang di Singapura olahan dari Padang Padang resto di ION Ordcard Singapore. Foto via pergikuliner.com

Sajian makanan ini cukup satu porsi saja dengan total lauk yang dibelinya seperti lauk ikan lada hitam seharga SGD 4,80. Ikan Bilis dan kacang seharga SGD 2,50 serta tambahan telur ceplok seharga SGD 1,80, dan satu porsi nasi seharga SGD 1,20. Bila ditotal sejumlah SGD 10,3 atau setara dengan Rp. 128.000 itu pun belum termasuk harga untuk minuman.

Nasi Padang Rp 8 Juta

Banyak nasi bungkus yang notabane memiliki harga yang relatif murah meriah. Namun tidak untuk satu warung masakan Padang satu ini. Salah satu Netizen dengan nama Toddy Aditya tengah mengeluh dengan mengunggah foto bon hingga menghabiskan total Rp. 8.223.600 ketika makan nasi padang di restoran Padang Pagi Sore di Bumi Serpong Damai, BSD, Tangerang Selatan.

Hanya makan Nasi Padang habiskan hingga 8 juta rupiah
Hanya makan Nasi Padang habiskan hingga 8 juta rupiah. Foto via food.detik.com

Alih-alih, Netizen ini ternyata menikmati nasi padang bersama 40 orang rekanan. Masalah menu yang dipilih memang bervariasi mulai dari udang, ayam, daging rendang, ikan laut hingga aneka sayuran dan minuman. Toddy mengira bakal menghabiskan tagihan tak lebih dari 5 juta saja, namun ternyata malah lebih dari 8 juta rupiah.

Advertisement
Tags
Kuliner Nusantara nasi rames Wisata Kuliner
Share