4 Hal Sepele yang Ganggu Penerbangan Pesawat, Salah Satunya Lagu Dangdut

Penerbangan pesawat kerap kali terjadi gangguan karena beberapa hal. Seperti pesawat sedang diperbaiki, cuaca buruk dan masih banyak lagi. Tapi, di sisi lain ada sejumlah hal sepele yang bisa ganggu penerbangan pesawat. Kira-kira hal sepele seperti apa ya? Simak ulasan di bawah ini. 

Musik Dangdut 

hal ganggu penerbangan pesawat
Ilustrasi musik dangdut via shutterstock

Hal pertama yang mungkin tidak Teman Traveler sangka adalah musik dangdut. Dilansir dari laman Vice, musik asli nusantara ini meresahkan pilot mancanegara dan juga lembaga penerbangan internasional. Ini dikarenakan nelayan Indonesia kerap memutar musik dangdut menggunakan radio, sebagai media penghibur di saat mencari ikan.

Dari hal tersebut, gelombang frekuensi radio secara tidak sengaja tersangkut di frekuensi pesawat. Sehingga, dikhawatirkan pesawat akan mengalami kecelakaan ketika mendarat. 

Untuk itu, Ismail yang menjabat sebagai Direktur Jenderal Sumber Daya Dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemkominfo mencari jalan keluar. Caranya adalah dengan menghentikan penjualan pemancar frekuensi radio yang sudah banyak tersebar di mana-mana. 

Menabrak Burung 

hal ganggu penerbangan pesawat
Ilustrasi pesawat dan burung via shutterstock

Kemudian, hal sepele lainnya adalah menabrak burung. Meskipun ukuran burung jauh lebih kecil daripada pesawat, hewan tersebut bisa membahayakan penerbangan apabila saling bertabrakan. Kalau burung terkena mesin pesawat, maka mesin akan kehilangan daya dorong dan burung bisa terbawa ke intake udara mesin. Hal tersebut memungkinkan terjadinya kecelakaan fatal. Kejadian semacam ini pernah dialami oleh Pesawat Lion Air LNI823 dan mengakibatkan hidung pesawat penyok.

Layang-layang 

Ilustrasi Layang-layang via shutterstock

Di Pontianak, layang-layang menjadi hal yang bisa mengganggu penerbangan pesawat. Ini dikarenakan benda tersebut bisa saja tersangkut ke baling-baling pesawat dan dapat mengakibatkan kecelakaan. Oleh karenanya, pihak bandara setempat memberikan penyuluhan kepada masyarakat dan juga anak-anak untuk lebih berhati-hati ketika menerbangkan layang-layang. Namun sayangnya, masih banyak warga setempat yang membandel walaupun sudah diberlakukan denda bagi yang terbangkan layang-layang secara sembarangan. 

Sinar Laser  

Ilustrasi sinar laser via instagram/dewa_dino

Pada tahun 2017 lalu, Otoritas penerbangan Singapura mendadak marah kepada warga Batam. Hal ini karena para pilot terganggu dengan adanya pantulan sinar laser yang diarahkan ke langit. Ditakutkan bisa terjadi kecelakaan lantaran sinar dapat mengganggu konsentrasi para pilot. Sejak saat itulah, Menteri Dalam Negeri serta pihak bandara di Batam memberikan imbauan kepada penjual laser untuk tidak memantulkan sinar laser ke langit lagi. 

Itulah hal sepele yang bisa ganggu penerbangan pesawat. Jadi, kecelakaan pesawat bisa terjadi karena banyak hal, termasuk alasan sepele seperti musik dangdut dan lainnya. Nah, menurut kalian, ada hal sepele lain yang bisa akibatkan kecelakaan pesawat? 

Tags
hal ganggu penerbangan pesawat tips traveling
Share