4 Aksi Positif Bagi Korban Banjir Jakarta, Secercah Harapan Dibalik Musibah

Banjir Jakarta yang menerjang pada Tahun Baru 2020 kemarin menyisakan dukacita mendalam. Selain merendam ribuan rumah dan merusak berbagai sarana warga, banjir kali ini juga menimbulkan korban jiwa yang tak sedikit. Syukurlah, ada beberapa hal positif yang muncul di balik tragedi memilukan ini. Apa sajakah itu? Simak ulasan berikut!

1. Perbaiki Dokumen Pribadi dan Keluarga Gratis

Ilustrasi dokumen basah terendam banjir via Shutterstock

Banjir membawa kerusakan di segala aspek. Salah satu benda vital yang paling terancam adalah arsip dokumen pribadi maupun keluarga, seperti Kartu Keluarga, ijazah, dan sejenisnya. Nah, apa yang terjadi kalau sudah terlanjur terkena banjir dan rusak? Jangan khawatir! Badan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sudah menyiapkan layanan restorasi gratis untuk arsip keluarga yang rusak pasca banjir.

Nah, layanan ini mulai dibuka Kamis, 2 Januari 2020 sejak pukul 07.30 WIB hingga 15.30 WIB. Kalian bisa membawa dan melaporkan arsip keluarga yang rusak secara langsung ke Gedung ANRI. Lokasinya terletak di Jalan Ampera Raya No 7, Cilandak, Jakarta Selatan.?

2. Cuti bagi PNS yang Terkena Banjir

Image may contain: one or more people, people standing and outdoor
Para aparatur negara sedang apel pagi di Kota Tua via Instagram/upk_kotatuajakarta

Banjir Jakarta menimpa setiap aspek dari masyarakat, mulai dari warga biasa, artis, bahkan hingga aparatur negara sekalipun, loh! Nah, tentu mereka tidak bisa bekerja dalam kondisi rumah sedang terendam banjir bukan?

Menjawab permasalahan ini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia Tjahjo Kumolo menyatakan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terdampak banjir diperkenankan mengajukan cuti dengan alasan penting. Jangka waktu cuti diserahkan kepada penilaian dan kebijakan masing-masing pimpinan instansi. Namun, biasanya maksimal 1 bulan.?

3. Diskon Menginap di Hotel Hingga Rp200.000

Image may contain: one or more people and indoor
Ilustrasi menginap di hotel Jakarta via Instagram/jessbanditt

Banyaknya rumah yang kebanjiran mendorong warga untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Selain itu, aneka penginapan di Jakarta menjadi pilihan favorit untuk mengungsi, loh! Hal ini yang membuat salah satu perusahaan teknologi pemesanan tiket pesawat dan hotel, Traveloka membuat promo menarik bagi warga Jakarta yang kebanjiran.

Promo ini berbentuk diskon sebesar 10% atau potongan maksimal Rp200.000 untuk pemesanan hotel dengan transaksi minimum Rp300.000. Kupon berlaku untuk produk hotel di semua destinasi. Jadi buat Teman Traveler yang bingung mau mengungsi ke mana, penawaran ini bisa dijadikan pilihan.

4. Perbaiki Drainase Ibukota Secara Menyeluruh

Image may contain: one or more people, tree, outdoor and water
Warga saling membantu seorang nenek yang terjebak banjir via Instagram/cnnindonesia

Pasca peristiwa banjir yang terjadi di Tahun Baru 2020 ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk melakukan perombakan di banyak bidang, khususnya agar kejadian yang sama tidak terulang lagi. Salah satunya adalah perbaikan drainase dan normalisasi sungai di seluruh sudut Ibukota. Selain itu, Pemprov berusaha membangun lebih banyak lagi jalur air agar bisa langsung mengalir ke laut.

Itulah tadi sederet hal positif yang terjadi di balik banjir yang terjadi di Jakarta Tahun Baru ini. Kalau dari Teman Traveler sendiri, hal positif apa yang bisa didapatkan di balik bencana alam ini?

Tags
Banjir Jakarta Indonesia info terbaru Jakarta
Share