12 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan saat Pertama Kali ke Bali

febri rama

febri rama

On Indonesia
Bali Bali

Pergi ke suatu tempat untuk pertama kali adalah pengalaman yang tidak akan terlupakan. Contohnya saat tiba di Bali. Meski sudah banyak informasi diperoleh, tempat ini kadang tetap membingungkan. Apa yang bisa kamu lakukan pertama kali di Pulau Dewata? Jika kamu bisa menentukan dan memilih keseruan sesuai seleramu, kenapa tidak. Berikut ini adalah rekomendasi berbagai hal yang bisa kamu lakukan saat pertama kali ada di Bali.

1. Tiba di waktu yang tepat itu sangat penting, apalagi jika kamu tidak punya banyak waktu. Atur keberangkatanmu agar tiba di Bali sebelum momen matahari terbit dan langsung menuju ke Sanur. Jika ingin melihat matahari tenggelam bisa menuju ke Pantai Kuta.

Pantai Sanur
Pantai Sanur [image source]
2. Kalau lapar tinggal menuju tempat kulineran yang terkenal di Bali. Jangan sampai melewatkan Ayam Betutu dan Nasi Jinggo ya! Salah satunya ada di Warung Ayam Betutu Khas Gilimanuk.

Ayam Betutu
Ayam Betutu [image source]
3. Sebagai destinasi wisata kelas dunia, Bali punya banyak tempat menginap yang istimewa. Jadi aktivitas seperti staycation bisa banget kamu lakukan. Coba akomodasi pinggir pantai seperti Four Seasons, dijamin nyaman dan bisa bergaya ala bangsawan.

Four Season
Four Season [image source]
4. Di sela-sela waktu istirahatmu, ada deretan pantai yang menunggu untuk kamu kunjungi. Sebut saja Canggu dan Seminyak. Pantai Balangan dan Nusa Dua juga bisa jadi pilihan menarik.

Pantai di Bali
Pantai di Bali [image source]
5. Puas berjemur di Pantai, mari berburu kesejukan ke Bedugul. Di sini ada danau yang dikelilingi pegunungan dan Pura Ulun Danu yang megah.

Bedugul
Bedugul [image source]
6. Pulangnya bisa mampir ke Pasar Sukawati untuk belanja berbagai oleh-oleh. Ada baju, kerajinan, hingga kuliner.

Pasar Sukawati
Pasar Sukawati [image source]
7. Bali identik dengan budaya. Jadi, ke sini tanpa melihat pertunjukan tradisional rasanya kurang. Di Ubud kamu bisa menyaksikan tari barong yang mengundang tawa. Kalau ke Tanah Lot atau Ulu Watu biasanya terdapat tari kecak dengan atraksi mendebarkan.

Tari Kecak
Tari Kecak [image source]
8. Nusa Penida saat ini sedang naik daun. Kamu tidak hanya bisa jelalah pantai, Namun juga bisa mengarungi lautan, senorkeling hingga menyelam. Di dekatnya ada Nusa Lembongan dan Ceningan yang tidak kalah keren. 

Nusa Penida
Nusa Penida [image source]
9. Jika suka olahraga selam, Tulamben adalah destinasi wajib yang indahnya nggak karuan. Desa nelayan ini menawarkan pesona bahari dengan terumbu karang warna-warni.

Menyelam di Tulamben
Menyelam di Tulamben [image source]
10. Tegalalang tentu saja masih jadi primadona. Bagi yang kangen dengan hijaunya alam, tempat ini menawarkan ketenangan dan suasana alami berupa persawahan.

Tegallalang
Tegallalang [image source]
11. Pulau Dewata adalah surganya air terjun. Sempatkan waktu seharian untuk menjelajahinya. Kamu bisa mulai dari air terjun Gitgit yang eksotis.

Air Terjun
Air Terjun di Bali [image source]
12. Pemandian Tirta Empul adalah wujud nyata keelokan Bali dalam hal budaya. Tempat bersejarah ini banyak dikunjungi oleh turis yang ingin melihat seperti apa budaya Bali yang menyatu dengan alam.

Tirta Empul
Tirta Empul [image source]
Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan pertama kali di Bali. Tentu masih banyak pilihan lainnya yang belum di sebutkan. Semuanya memiliki daya tarik yang berbeda-beda. Kamu mau mulai dari yang mana dulu nih?