Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Mudik, Penting Untuk Disimak!

Pulang ke kampung halaman ketika Idul Fitri sudah menjadi tradisi yang dilakukan orang Indonesia. Libur Lebaran semakin dekat, Teman Traveler wajib mempersiapkan sesuatu dengan matang sebelum mudik 2019. Berikut sejumlah hal penting ketika mudik biar lancar. Simak!

Rest Area

Hal yang harus diperhatikan ketika mudik
Rest Area via Shutterstock

Mampir ke Rest Area saat melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan pribadi menjadi hal penting ketika mudik. Selain sebagai tempat untuk beristirahat, rest area biasanya telah dilengkapi tempat makan untuk keluarga, jasa pijat, bengkel, tempat ibadah, pos polisi, hingga pom besin. Sehingga para pemudik dapat mengisi ulang tenaga sekaligus memeriksa kendaraan jika terjadi masalah.

Oleh-Oleh

Oleh-oleh
Oleh-oleh via Instagram/muthyaayuningthyas

Sayang banget kalau pulang ke kampung halaman dengan tangan hampa. Maka dari itu hendaknya membawa oleh-oleh untuk sanak keluarga yang ada di rumah. Karena setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing mulai dari kuliner hingga barang seperti kerajinan tangan. Akan lebih baik, sebelum berangkat mudik Teman Traveler berburu buah tangan sejenak sebagai hadiah.

Menyiapkan Uang Cash

Menyiapkan uang tunai
Menyiapkan uang tunai via Shutterstock

Hal penting ketika mudik adalah membawa uang tunai. Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat dan nggak sedikit orang lebih memilih untuk melakukan transaksi secara online dengan kartu debit, kredit, bahkan aplikasi yang mereka punya. Namun ada pentingnya juga untuk membawa uang tunai ketika bepergian.

Membawa uang cash dapat membantu Teman Traveler jika terjadi hal yang tidak diinginkan selama perjalanan berlangsung seperti musibah ban bocor, kerusakan pada kendaraan, atau kena tilang dari polisi karena tidak semuanya bisa dilakukan transaksi online.

Melakukan Persiapan Jauh Hari

Hal yang harus diperhatikan ketika mudik
Ilustrasi memeriksa kondisi kendaraan via Shutterstock

Nah, penting juga untuk selalu mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan mudik lebih dulu. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Teman Traveler wajib mengecek kondisi kendaraan apakah layak atau tidak. Selain itu ketika melakukan perjalanan panjang, siapkan camilan agar tak mudah kelaparan.

Hiburan di Perjalanan

Ilustrasi mendengarkan musik di kendaraan
Ilustrasi mendengarkan musik di kendaraan via Shutterstock

Terakhir, hal penting ketika mudik yang jangan sampai dilupakan adalah menyiapkan hiburan untuk di perjalanan. Baik menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum, bosan akan datang. Jika mengendarai mobil, penumpang bisa memutar musik atau menyiapkan film.

Kalau memakai transportasi umum kalian dapat dengan bebas memutar film dan musik menggunakan earphone agar tak mengganggu penumpang lain dan membawa powerbank serta payung untuk berjaga-jaga.

Itulah beberapa hal yang harus Teman Traveler perhatikan ketika mudik ke kampung halaman. Bagaimana, kalian bakal mudik pakai apa nih?

Tags
Hal yang harus diperhatikan ketika mudik Indonesia tips dan inspirasi tips mudik
Share