Hal Konyol Saat Mudik, Pernah Alami Salah Satunya?

Renada Vischa

Renada Vischa

On Indonesia
Hal konyol yang kerap terjadi saat mudik Hal konyol yang kerap terjadi saat mudik

Lebaran ialah momen spesial yang terjadi setahun sekali dan dimanfaatkan sebagai ajang berkumpulnya sanak saudara yang ada di kampung halaman. Maka itu penting sekali untuk memerhatikan keamanan serta kenyamana selama di perjalanan. Bagi Teman Traveler yang telah berkeluarga, pasti ada saja hal konyol saat mudik. Kira-kira apa saja ya? Ini dia!

Rebutan Powerbank

hal konyol saat mudik
Ilustrasi Powerbank via Shutterstock

Ketika hendak melakukan perjalanan jauh, kita pasti tak bisa jauh dari yang namanya smartphone. Karena banyak sekali informasi seputar mudik atau hiburan lain yang bisa didapat dari gadget. Tapi salah satu kelemahan jika terlalu sering menggunakannya membuat baterai cepat habis sehingga harus diisi ulang.

Karena cukup sulit untuk menemukan sumber daya atau colokan, maka tak sedikit juga yang membawa powerbank. Ketika liburan bareng keluarga, rebutan powerbank sudah menjadi hal lumrah. Agar hal tersebut tidak terjadi alangkah baiknya Teman Traveler mempersiapkan lebih dari satu powerbank selama di perjalanan.

Rebutan Bantal

Hal konyol saat mudik
Ilustrasi penggunaan bantal leher via Shutterstock

Nggak hanya powerbank yang dijadikan rebutan, terkadang bantal pun juga menjadi benda yang paling diincar. Entah itu bantal leher, bantal sofa yang kecil, atau yang berukuran cukup besar.

Karena jika melakukan perjalanan yang panjang, salah satu cara untuk hilangkan penat yakni dengan mengistirahatkan badan atau tidur sejenak. Maka dari itu dibutuhkan sesuatu yang empuk agar kepala tak sakit karena sedang berada di kendaraan. Biar lebih nyaman, Teman Traveler bisa membawa bantal lebih dari satu.

Rebutan Tempat Duduk

Ilustrasi mengantri
Ilustrasi mengantri via Instagram/siantar.waterpark

Kalo daftar satu ini memang pas ditujukan bagi Teman Traveler yang mudik menggunakan transportasi umum dan biasanya terjadi ketika menaiki bus. Bahkan sebelum pintu bus dibuka, para pemudik telah siap mengantri dari luar agar mendapatkan tempat duduk.

Dan tak sedikit juga yang tidak kebagian kursi sehingga berdiri dalam waktu yang cukup lama. Salah satu tips untuk menghindarinya yakni dengan membeli tiket jauh hari dan datang lebih awal agar tak kehabisan agar lebih bisa menikmati perjalanan.

Barang Tertinggal

Ilustrasi barang tertinggal
Ilustrasi barang tertinggal via Shutterstock

Kalau yang satu ini cukup berbahaya bahkan pernah dialami hampir semua pemudik baik yang menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum jalur darat, laut, juga udara. Dan biasanya yang suka tertinggal yakni oleh-oleh, tas, dan lain-lain.

Hal tersebut cukup merepotkan dan nggak sedikit juga dari orang yang mengikhlaskan barang bawaannya. Namun jika barang tersebut sangat penting, Teman Traveler bisa melaporkannya kepada petugas yang ada di stasiun, bandara, atau terminal. Selain itu, hindarilah membawa barang yang terlalu banyak sehingga tidak menimbulkan kebingungan atau lupa.

Nyasar

Ilustrasi nyasar
Ilustrasi nyasar via Shutterstock

Hal konyol lain yang terjadi ketika mudik yakni nyasar. Hal ini berlaku bagi Teman Traveler yang pulang kampung dengan menggunakan kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil.

Bagi yang pertama kali, jalur mudik terkadang cukup membingungkan dan sering membuat orang tersasar. Maka dari itu, sebelum bepergian hendaknya terus memantau informasi seputar jalur mudik yang akan dilewati serta gunakan aplikasi peta offline agar sesuai jalur.

Itulah beberapa hal konyol yang terjadi saat mudik. Kira-kira sudah sampai mana nih persiapan mudik Teman Traveler sendiri? Tetap berhati-hati saat mudik 2019, ya!