Terbaik ke-2 Sedunia, Inilah Enam Keistimewaan Bandara Sepinggan

Warga Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan, baru-baru ini mendapatkan kabar gembira. Bandara kebanggaan mereka, Sepinggan, baru saja dinobatkan sebagai Bandara Terbaik ke-2 Sedunia. Penghargaan tersebut diberikan oleh Airport Council International (ACI), sebuah organisasi Internasional Kanada, yang fokus mengukur kepuasan konsumen di sejumlah bandara dunia.

Sepinggan sendiri sukses mencatat prestasi yang cukup membanggakan dari total 343 bandara di 84 negara berbeda yang masuk dalam penilaian ACI. Bandara berkelas Internasional itu hanya kalah dari Rajiv Gandhi International Airport di India. Lantas sebenarnya apa saja keistimewaan Bandara Sepinggan, hingga membuatnya mendapatkan ranking yang begitu tinggi?

1. Performa Apik dari Semua Aspek

ACI menilai 34 aspek dari semua layanan yang ada terkait dengan bandara, mulai dari akses jalan hingga efisiensi waktu untuk check-in, pengaturan bagasi, dan pemeriksaan penumpang. Selain itu mereka juga akan memberi penilaian pada ketersediaan pusat perbelanjaan, restoran, dan hotel.

Salah satu sudut Bandara Sepinggan via Instagram ferry.setiawann

Hasil penilaian terhadap 34 aspek tersebut akan diumumkan setiap tiga bulan sekali, sebelum akhirnya diakumulasi untuk menentukan pemenang tahunan. ACI mengklaim bahwa mereka juga diam-diam mengirimkan perwakilan untuk menilai kondisi di bandara secara langsung. Sepinggan, yang melayani 5-15 juta penumpang per tahun, akhirnya mendapatkan gelar sebagai bandara kedua terbaik sedunia dan juga menerima Airport Service Qualita Award 2017.

2. Rajin Masuk Barisan 10 Terbaik

Pemandangan megah gedung Bandara Sepinggan via Instagram eriwijaya

Dikelola oleh PT Angkasa Pura I, Sepinggan adalah satu-satunya bandara Indonesia yang rajin masuk daftar 10 bandara terbaik dunia dalam empat tahun terakhir. Selain Sepinggan, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan Internasional Juanda juga pernah meraih penghargaan dari ACI. Pelabuhan udara di Bali sempat jadi yang nomor satu, sementara bandar udara di Surabaya pernah meraih gelar runner-up.

3. Layani Penumpang Berkebutuhan Khusus

Pemandangan lapangan terbang di Sepinggan via Instagram _papakun_

Sepinggan memang bisa dibilang punya fasilitas yang cukup lengkap. Layaknya bandara berkelas Internasional lainnya, terdapat layanan untuk memudahkan para penumpang berkebutuhan khusus. PT Angkasa Pura I bahkan mengklaim Sepinggan adalah satu-satunya pelabuhan udara di Indonesia yang punya fasilitas tersebut. Layanan ini diciptakan untuk membantu para penyandang disabilitas, anak-anak di bawah usia 12 tahun tanpa pendamping, dan ibu hamil.

4. Menyediakan bioskop

Sepinggan sediakan Airport Cinema gratis untuk pengunjung via Instagram nunu_zakkira

Menunggu jadwal penerbangan bisa menjadi sesuatu yang menjemukan. Namun tidak jika kamu berada di Bandara Internasional Sepinggan. Pihak pengelola menyediakan fasilitas bioskop mini yang diberi nama Airport Cinema. Diluncurkan sejak Mei 2016, penumpang bisa memanfaatkannya untuk menonton film-film berkualitas sembari menanti keberangkatan pesawat. Ditambah lagi, tidak ada biaya tiket masuk alias gratis. Airport Cinema sendiri punya empat kali jadwal tayang setiap harinya dan akan berhenti menerima pengunjung pada pukul 21.00 WITA. Namun bioskop mini ini hanya bisa menampung maksimal 20 penonton.

5. Toilet 3D

Toilet 3D di Bandara Sepinggan via Instagram diaanmayaa

Bandara Sepinggan benar-benar memanjakan para pengunjung yang punya hobi berswafoto alias selfie. Guna mempercantik area toilet, pihak pengelola menggunakan wallpaper tiga dimensi dengan gambar pemandangan alam Kalimantan. Tentunya akan jadi pengalaman yang unik berfoto dengan latar belakang birunya langit dan hutan hijau, ketika sedang berada di toilet. Dijamin akan menghasilkan gambar menarik yang layak diunggah di media sosial.

6. Ramah pada anak

Anak-anak berpose di sekitar Bandara Sepinggan via Instagram ninuonel

Para orang tua tak perlu takut ketika membawa anaknya ke Sepinggan. Mereka takkan mudah bosan, karena PT Angkasa Pura I sudah menyediakan sejumlah titik area bermain anak alias playground di seluruh kompleks bandara. Selain itu bagi penumpang yang membawa bayi, bandara Sepinggan juga menyediakan fasilitas stroller gratis. Pengunjung bisa menggunakannya untuk menemani buah hati mereka berkeliling.

Itulah tadi beberapa keistimewaan yang ternyata dimiliki oleh bandara Sepinggan. Jangan lupa untuk membuktikannya sendiri jika Anda kebetulan berkunjung ke Balikpapan dalam waktu dekat.

Tags
Balikpapan bandara sepinggan Indonesia Kalimantan Barat
Share