Hati-Hati! 5 Hal ini Justru Sangat Berbahaya Bila Kamu Lakukan Saat Traveling

Berlibur adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Kalian bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang seru dan keren. Tetapi hati-hati! Ada beberapa hal berbahaya saat traveling yang harus kalian hindari.

1. Tidak Memperhatikan Lingkungan Sekitar

Ilustrasi awas copet via Shutterstock

Tidak semua orang terbiasa di tempat dan lingkungan yang baru. Teman Traveler harus cepat beradaptasi sambil melihat maps, petunjuk arah, dan sejenisnya.

Tapi hati-hati! Kalau kalian terlalu sibuk dengan diri sendiri dan lalai dengan lingkungan sekitar, beragam bahaya bisa mengintai. Mulai dari kehilangan barang, tersesat, hingga yang paling parah adalah kecopetan. Maka dari itu, tetaplah waspada dan jaga barang kalian.

2. Mabuk-Mabukan di Tempat Berlibur

Ilustrasi mabuk via Shutterstock

Mencoba aneka kuliner favorit daerah atau negara yang dikunjungi merupakan hal wajib setiap travelers. Namun, tetap kuasai diri! Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bila dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan efek samping serius, misalnya mabuk.

Selain bisa membahayakan nyawa, ketika mabuk, kalian bisa berbuat hal-hal yang berisiko dan mengancam orang lain. Ujung-ujungnya, Teman Traveler malah berurusan dengan pihak berwajib. Tidak menyenangkan, bukan?

3. Bawa Barang Terlalu Banyak

hal berbahaya traveling
Ilustrasi membawa barang bawaan terlalu banyak via Shutterstock

Ketika Teman Traveler hendak berlibur ke sebuah tempat, sangat dianjurkan untuk membawa barang secukupnya saja. Koper atau ransel yang terlalu penuh dan berat, selain berpotensi menghambat gerak kalian, juga sangat berisiko membuat cedera punggung atau tangan.

Selain itu, barang terlalu banyak akan membuat kalian lebih gampang lalai dengan perlengkapan yang dibawa. Akibatnya, potensi kehilangan akan lebih besar.

4. Tidak Lakukan Riset Sebelum Berlibur

hal berbahaya saat traveling
Ilustrasi riset via Shutterstock

Melakukan riset dan merencanakan itinerari sebelum liburan adalah hal wajib yang harus dilakukan Teman Traveler. Dengan mempersiapkan semuanya, kalian akan jauh lebih siap secara mental. Selain itu, kalian juga dapat mengetahui seperti apa medan yang akan dihadapi.

Sebaliknya, bertindak lalai dan menggampangkan itinerari berisiko besar dalam menghancurkan liburan. Perjalanan kalian yang harusnya menyenangkan malah penuh petaka karena tidak disiapkan dengan baik.

5. Tidak Memperhatikan Aturan Budaya yang Berlaku

hal berbahaya saat traveling
Ilustrasi tidak menaati aturan via Shutterstock

Hal berbahaya saat traveling lainnya yang harus dihindari adalah tidak menaati norma atau aturan yang berlaku. Harus disadari, tidak semua hal yang kalian lakukan di daerah asal bisa diterima di tempat liburan yang dituju. Tentu Teman Traveler tidak mau mendapatkan masalah serius dengan penduduk lokal yang berbuntut pengusiran, bukan?

Itulah tadi sederet hal-hal berbahaya saat traveling yang harus Teman Traveler hindari. Yuk, kita bikin liburan jadi lebih menyenangkan dengan menjaga diri lebih baik!

Tags
hal berbahaya saat traveling Indonesia Luar negeri tips dan inspirasi traveling
Share