Jelajah Gunung Selok Cilacap, Mistis Namun Punya Pesona Alam yang Elok

Gunung Selok Cilacap terletak di Kecamatan Adipala. Ia merupakan bagian dari Taman Wisata Alam berupa hutan gunung yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Banyumas Timur. Luasnya mencapai 236,7 Km. Dari atas gunung ini, Teman Traveler dapat melihat langsung pemandangan sebuah pantai yang berada di kejauhan. Tawaran keindahan tersebut bukan satu-satunya yang membuat gunung ini punya daya tarik. Selain dari itu, cerita mistis dan misteri juga kental beredar di kawasan ini. Penasaran, seperti apa cerita misteri yang dimaksud? Benarkah gunung ini punya hubungan dengan Presiden Republik Indonensia yang pertama?

1. Mitosnya, Objek Wisata Spiritual Para Dewa

Gunung Selok Cilacap yang Misterius
Gunung Selok Cilacap yang Misterius via Instagram/soesilo25

Nuansa mistis di Gunung Selok Cilacap, salah satunya dimulai dari cerita bahwa tempat ini merupakan kawasan wisata spiritual kahyangan dari para dewa yang ada di Pulau Jawa. Dahulu, masih menurut cerita, nama Gunung Selok adalah Junggring Seloka. Junggring Seloka konon dibangun oleh para dewa sebagai tempat pelarian di Pulau Jawa setelah dihukum turun ke Bumi oleh Tuhan. Kebenarannya tentu boleh dipercaya atau tidak. Hanya, cerita seperti ini, disadari atau tidak, menjadi daya tarik sebuah tempat yang malah membuat banyak orang penasaran ingin berkunjung.

2. Punya Cerita Terkait Ir. Soekarno

Konon, Punya Cerita dengan Presiden Indonesia Pertama
Konon, Punya Cerita dengan Presiden Indonesia Pertama via Instagram/gunz_praz

Gunung Selok Cilacap juga menyimpan cerita lain. Kali ini terkait dengan Presiden Republik Indonesia yang pertama, Ir. Soekarno. Pada Tahun 80-an, beredar sebuah isu bahwa di tempat ini, Bung Karno mendapat wahyu mengenai Pancasila. Lagi-lagi, kebenarannya masih belum terbukti pasti. Keterkaitan tempat ini dengan Ir. Soekarno, menjadi magnet lain yang dimiliki Gunung Selok.

3. Sering Dijadikan Tempat Semedi atau Spiritual

Salah Satu Spot Wisata Spiritual di Gunung Selok
Salah Satu Spot Wisata Spiritual di Gunung Selok via Instagram/andriersada

Sebab berbagai cerita mistis yang dimilikinya, Gunung Selok Cilacap kerap dijadikan destinasi wisata spiritual oleh beberapa pengunjung. Mereka melakukan kegiatan-kegiatan seperti ziarah atau semedi di petilasan dan goa yang memang ada di kawasan ini. Beberapa lokasi seperti Padepokan Jambe Lima dan Jambe Pitu, dianggap yang paling keramat. Jadi, ketika Teman Traveler berkunjung ke Gunung Selok, jangan heran jika bertemu dengan hal-hal yang terkait ritual atau semacamnya ya.

4. Sekarang, Punya Beberapa Spot Kekinian

Spot Kekinian di Gunung Selok Cilacap
Spot Kekinian di Gunung Selok Cilacap via Instagram/muflikhatunm

Kawasan Gunung Selok Cilacap yang memang indah, semakin dioptimalkan oleh pihak pengelola. Di sini, Teman Traveler akan mendapati beberapa spot-spot kekinian yang instagenic. Gardu Pandang disediakan agar para pengunjung dapat menikmati pemandangan yang lebih luas. Gunung Selok View misalnya. Dari sini, pantai laut selatan, terlihat dari kejauhan.

Dengan berbagai cerita mistis yang mewarnainya, Gunung Selok Cilacap punya sisi lain. Sebuah keindahan alami yang berdaya tarik dan membuat siapa pun penasaran untuk datang. Teman Traveler kapan dong ke sini?

Tags
Alam Cilacap gunung selok cilacap Indonesia Jawa Tengah Wisata
Share