Setelah Semeru Gantian Gunung Rinjani yang Akan Segera Dibuka, Para Pendaki Berpesta!

Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya Gunung Rinjani pun akan menyusul Gunung Semeru yang telah dibuka pada 12 Mei 2019. Balai Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) mengumumkan akan segera membuka kembali jalur pendakian Gunung Rinjani. Dua Gunung populer dibuka, para pendaki tentunya seperti berpesta pora. Kapan Gunung Rinjani dibuka?

4 Jalur Dibuka Pada Awal Juni

Gunung Rinjani dibuka, via Instagram/drajadbn
Gunung Rinjani dibuka, via Instagram/drajadbn

Dilansir dari Detik.com, pembukaan jalur pendakian Gunung Rinjani ini akan mulai awal Juni 2019. Akan ada empat jalur pendakian yang dibuka, yakni Jalur Sembalun dan Timbanuh di Lombok Timur, jalur Senaru di Lombok Utara dan jalur Aik Berik di Lombok Tengah.

Keempat jalur ini akan dibuka usai Idul Fitri tahun 2019, awal sampai pertengahan Juni. Tentunya ini kabar yang sangat menggembirakan buat kamu yang telah menanti-nanti sebelumnya.

Destinasi Wisata Lebaran

Destinasi wisata lebaran, via Instagram/aditbendoth
Destinasi wisata lebaran, via Instagram/aditbendoth

Rinjani ini sendiri merupakan gunung yang belokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, karena hal itulah sangat menantang sekali untuk didaki, terutama buat pendaki yang berpengalaman. Karena dibuka awal Juni, Gunung Rinjani bisa menjadi salah satu alternatif pilihan wisata saat lebaran ya. Tentu saja dengan persiapan yang matang sebelumnya.

Aturan Mendaki Semakin Diperketat

Aturan diperketat, via Instagram/jessicalegii
Aturan diperketat, via Instagram/jessicalegii

Aturan mendaki ke Rinjani semakin diperketat, mengingat ini merupakan gunung dengan tingat kesulitan yang tinggi. Misalnya saja ada pembatasan jumlah wisatawan yang bisa mendaki. Sistem nanti menggunakan sistem check in dan check out, bisa dipesan secara online. Bukti tiket bisa dicetak. Pemegang tiket juga wajib melakukan pelaporan saat naik ataupun turun.

Tidak hanya itu saja, peraturan lainnya berkaitan dengan sampah. Sampah akan diatur sedemikian rupa dengan sistem barang yang dibawa naik akan didata, termasuk apa saja yang berpotensi jadi sampah. Nah, saat turun juga akan dicek kembali. Ini untuk mengurangi produksi sampah di gunung yang belakangan tak terbendung.

Tips Tips Mendaki Rinjani

Persiapkan fisik yang matang, via Instagram/buang.waktu
Persiapkan fisik yang matang, via Instagram/buang.waktu

Karena Rinjani tidak mudah ditaklukkan, ada banyak tips yang perlu Teman Traveler lakukan sebelum mendakinya. Salah satu yang paling utama adalah mempersiapkan fisik sedemikian rupa sehingga stamina tetap terjaga meskipun mendaki.

Caranya? Latih stamina dengan melaukan beragam olahraga, misalnya saja jogging, renang, bersepeda, dan lain-lain. Selain itu persiapkan juga barang-barang yang diperlukan dengan baik dan efisien, jangan kebanyakan juga, bisa menjadi beban saat mendaki.

Bagaimana Teman Traveler, apakah sudah siap mendaki Rinjani usai Idul Fitri? Persiapkan jasmani dan rohani terlebih dahulu.

Tags
Gunung Rinjani Gunung Rinjani dibuka Indonesia Lombok
Share