Jalur Pendakian Semeru Dibuka 12 Mei 2019, Simak Peraturan Baru yang Berlaku!

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Semeru Dibuka Semeru Dibuka

Teman Traveler yang hobi banget mendaki, ada kabar bahagia nih. Setelah tutup sejak tanggal 3 Januari 2019 lalu, Taman Nasional Bromo, Tengger, dan Semeru (TNBTS) akhirnya dibuka kembali untuk umum pada Minggu (12/5/2019). Pendakian Semeru dibuka ini jadi kabar yang membahagikan bagi banyak orang.

Pengumuman Gunung Semeru Kembali Dibuka

Pintu masuk Gunung Semeru, via Instagram/dennyaldian_75
Pintu masuk Gunung Semeru, via Instagram/dennyaldian_75

Pembukaan pendakian Semeru ini berdasarkan keterangan tertulis dari Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) dengan Nomor PG.02/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/5/2019/ pada Kamis (9/5/2019). Pembukaan kembali Gunung Semeru in dilakukan pasca Rapat Koordinasi Gunung Semeru yang dilakukan pada tanggal 24 April silam.

Dibuka untuk Umum Namun Masih Terbatas

Gunung Semeru sudah dibuka, via Instagram/m_rojatauhid
Gunung Semeru sudah dibuka, via Instagram/m_rojatauhid

Tetapi Teman Traveler, meskipun sudah dibuka, tetapi pendakian yang dilakukan hanya sampai di ketinggian 2700 mdpl saja, Kalimati. Bukan tanpa alasan, hal tersebut sudah didasarkan atas rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologo (PVMBG). Pihak BB TNBTS sudah melakukan pengamatan antara Maret sampai April 2019, curah hujan di Gunung Semeru tidak ekstrem dan sudah relatif menurun.

Tidak hanya itu saja, permintaan masyarakat untuk melakukan pendakian ke Gunung Semeru juga begitu tinggi. Maka dari itulah, supaya tetap mendapatkan izin mendaki, Teman Traveler perlu sekali melaksanakan booking pendakian online pada website bromotenggersemeru.org.

Peraturan Baru yang Ditetapkan Pengelola

Ranu Kumbolo, via Instagram/riskynirmala
Ranu Kumbolo, via Instagram/riskynirmala

Salah satu peraturan baru yang perlu diketahui oleh semua calon pendaki adalah BB TNBTS akan secara resmi menaikkan harga tiket masuk ke Gunung Bromo dan Semeru. Kenaikan tiket ini berlaku per 1 Juni 2019. Kenaikan tiket ini juga merupakan hasil kesepakatan bersama.

Harga tiket Gunung Bromo yang awalnya Rp27.500 menjadi Rp29.000. Kenaikan harga tiket ini juga dikarenakan penambahan premi asuransi dari sebelunya Rp2.500 menjadi Rp4.000. Sementara itu tiket masuk untuk hari libur, naik dari Rp32.500 menjadi Rp34.000. Berlaku untuk wisatawan lokal.

Pendakian yang tak mudah, via Instagram/sukmadede
Pendakian yang tak mudah, via Instagram/sukmadede

Sementara itu untuk tiket masuk ke pendakian Gunung Semeru, dari Rp17.500 menjadi Rp19.000 pada hari biasa. Sementara untuk weekend dan hari libur dari Rp22.500 ke Rp24.000.

Pakai Mountable Supaya Mendaki tetap Aman

Mountable, foto istimewa
Mountable, foto istimewa

Buat kamu yang ingin tetap aman sat mendaki gunung, ada salah satu alat yang direkomendasikan. Namanya adalah Mountable (Smart Monitoring and Emergency System Using Internet of Things in Mountaineering Area). Ini merupakan alat yang ditemukan oleh sivitas akademika Universitas Indonesia (UI).

Fungsi utamanya adalah alat untuk memantau, berkomunikasi, dan informasi tanpa internet, khususnya di area pegunungan. Cukup menggiurkan buat dimiliki, bukan?

Gunung Semeru sudah dibuka ya, buat Teman Traveler yang telah lama menunggunya, persiapkan fisik dan semua perbekalanmu. Selamat mendaki, selalu jaga kebersihan lingkungan ya.