Hamparan Bintang di Gunung Lompobattang, Keindahan Desa Ujung Bulu Sulawesi Selatan

Desa Ujung Bulu di Kecamatan Rumbiah, Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan dikenal sebagai produsen garam. Namun tidak hanya itu, Teman Traveler bisa menikmati lautan bintang di langit Gunung Lompobattang.

Gunung Lompobattang punya tinggi sekitar 1800 mdpl. Desa Ujung Bulu sendiri punya suasana dingin dan tanahnya subur. Untuk ke desa ini membutuhkan waktu tempuh sekitar empat jam perjalanan dari Kota Makassar. Setelah sampai di Pos Nol kalian bisa jalan kaki ataupun mengendarai motor trail mengingat jalan cukup menanjak.

Pendakian Dimulai

Jalur pendakian (c) Muhammad Saadduddin Tenripada

Teman Traveler yang memulai pendakian ke Desa Ujung Bulu disarankan untuk berjalan kaki. Supaya dapat mengabadikan setiap momen yang dilewati dan menikmati pemandangan dengan lebih syahdu. Teman Traveler juga akan melewati kebun warga. Kalau mendaki di pagi hari, akan ada kabut yang menyelimuti jalanan, memberikan udara segar yang jarang ditemukan di tengah kota.

istrahat sejenak (c) Muhammad Saadduddin Tenripada / Travelingyuk

Teman Traveler juga dapat bercengkrama dengan petani ramah yang sedang mengolah hasil kebunnya. Perjalanan akan menempuh sekitar 45 menit hingga satu jam untuk sampai ke lokasi camp, waktu yang ditempuh tergantung dari kecepatan Teman Traveler tracking.

Lokasi Camp

Sesampainya di lokasi camp sebaiknya Teman Traveler beristirahat sejenak. Jangan lupa menikmati hangatnya kopi untuk mengalihkan dingin pegunungan sambil melihat Jeneponto dari atas ketinggian.

Setelah lelah telah hilang, Teman Traveler bisa membangun tenda di sekitaran camp ground. Buat juga api unggun untuk menjaga tubuh agar tetap hangat terutama di malam hari.

Panorama Sunset 

gunung lompobattang
Sunset di desa Ujung Bulu (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Senja di gunung merupakan suasana dan pemandangan yang sangat indah, sayang sekali untuk dilewatkan. Namun yang membuat spesial dari Gunung Lompobattang adalah pemandangan langit senja berwarna orange disertai lampu-lampu dari perkotaan di bawahnya. Sehingga kesan meninggalkan keramaian kota sungguh terasa saat berada di wisata Sulawesi Selatan.

gunung lompobattang
After sunset (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Panorama Bintang berpadu dengan kelap-kelip lampu perkotaan

gunung lompobattang
Keindahan Hamparan Bintang (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Setelah asik dengan sunset, Teman Traveler bisa menyaksikan lampu perkotaan yang semakin banyak. Suasana sibuk bisa kita rasakan dan lihat dari jauh. Tidak hanya teluk di Sulawesi Selatan, Teman Traveler juga bisa menyaksikan milky way di sini.

Bintang di langit muncul dan memenuhi angksa ditambah dengan lampu perkotaan di bawah, seolah menyambung dengan bintang tanpa batas horizon. Malam Teman Traveler seperti mendapat pemandangan bintang dari atas gunung dan bawah gunung.

gunung lompobattang
Panorama di malam hari (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Bagaimana Teman Traveler? Pengin meregangkan kakunya syaraf dan otak dari kerjaan dan bisingnya kota? Segera atur jadwal liburan ke Desa Ujung Bulu dan kunjungi Gunung Lompobattang.

Tags
gunung lompobattang Indonesia kontributor Sulawesi Selatan Travelingyuk Wisata
Share