Indahnya Teluk di Sulawesi Selatan, Ada yang Bisa Lihat Milky Way

Teman Traveler tentu sudah tak asing lagi dengan wisata yang ada di Sulawesi Selatan. Salah satu yang paling populer adalah Pantai Losari. Ternyata ada beberapa wisata alam lain yang tak kalah indahnya, di antaranya adalah teluk yang ada di Sulawesi Selatan. Kalau tidak percaya, bisa simak ulasan berikut ini. 

Teluk Laikang 

teluk di sulawesi selatan
Teluk Laikang via Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Laut biru, pasir putih, cottage, dan debur ombak rupanya menjadi satu kesatuan harmoni alam di Teluk Laikang, Takalar. Keindahan Teluk Laikang semakin populer lantaran akses ke destinasi wisata bahari di kabupaten yang terletak di Sulawesi Selatan ini kian memudahkan wisatawan. Kawasan ini dikenal memiliki keindahan bawah laut yang relatif masih terjaga, sehingga sangat cocok bagi yang suka snorkeling dan diving.

Kalau kalian beruntung, di malam hari akan terlihat deretan bintang yang menawan di langit. Ini sangat cocok untuk Teman Traveler yang suka berburu foto Milky Way. Bisa dibilang, Teluk Laikang merupakan wisata yang keindahannya super lengkap. Baik dari wisata bawah lautnya hingga langitnya. 

Teluk Mandar 

Teluk Mandar via instagram/festivaltelukmandar

Teluk pertama yang tidak boleh dilewatkan oleh Teman Traveler adalah Teluk Mandar. Ini karena lekukan pesisirnya yang indah ditambah dengan air laut berwarna biru yang akan menyegarkan mata. Selain itu, Teluk Mandar juga merupakan habitat dari hewan penyu.

Hanya saja, habitat penyu ini agak sedikit terancam karena di sekitar teluk sudah mulai dilakukan pembangunan-pembangunan gedung. Namun, pemerintah setempat akan terus berusaha supaya budidaya penyu tetap berjalan sebagaimana mestinya. 

Teluk Bone 

Teluk Bone via instagram/artpabokori

Sama seperti teluk lainnya, Teluk Bone juga memiliki keindahan pada pasirnya dan air lautnya. Para wisatawan biasanya lebih tertarik ke destinasi wisata yang ada di sekitar Teluk Bone. Yaitu Pulau Tangkulara dan Bukit Karang Tanjung Pallette. Untuk Pulau Tangkulara daya tariknya berasal dari gundukan pasir putih yang menyembul di perairan. Selain itu, pasir ini juga dikelilingi oleh indahnya vegetasi terumbu karang, juga biota laut-ikan yang ada.

Sedangkan Bukit Karang Tanjung Pallette memiliki keindahan pada wisata bawah lautnya. Namun, daratannya pun juga tidak kalah indah. Tumbuhan rindang di atas bukit karang, serta tebing yang dihiasi akar pohon, memberikan suatu nuansa yang berbeda. 

Teluk Belang-belang 

Teluk Belang-belang via instagram/ahlulhaqki_

Terakhir, ada Teluk Belang-belang di Sulawesi Selatan. Panoramanya hampir sama dengan teluk-teluk pada umumnya. Satu yang membedakan adalah banyaknya pohon yang tumbuh di tepian perairan. Teluk Belang-belang juga memiliki ombak yang tenang, sehingga tidak membahayakan para pengunjung. Maka dari itu, teluk satu ini sering kali dipakai oleh warga sekitar, mulai dari anak-anak hingga dewasa untuk berenang di sore hari. 

Meskipun deretan teluk yang ada di Sulawesi Selatan ini tidak terlalu populer, tapi keindahannya tidak perlu diragukan lagi. Bagaimana, mau berkunjung ke teluk mana dulu, nih?

Tags
Indonesia Sulawesi Selatan teluk di sulawesi selatan Wisata
Share