Menikmati Sunrise di Gunung Kunir Purworejo

Jawa Tengah memiliki banyak wisata dengan pemandangan luar biasa. Selain Magelang dengan Borobudurnya, Purworejo juga beragam tempat indah. Salah satunya berlokasi di kawasan Bukit Menoreh. Mengusung nama Gunung Kunir, destinasi ini adalah salah satu tempat terbaik menikmati sunrise di Purworejo.

Sunrise di Gunung Kunir via Instagram.com/adibagas21

Susah-susah Gampang Ditaklukkan

Potongan bambu membentuk tulisan Gunung Kunir (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Meski diberi nama Gunung Kunir, destinasi satu ini lebih menyerupai bukit. Tingginya hanya sekitar 900 meter di atas permukaan laut. Meski begitu, lokasi wisata yang berada di Desa Benowo, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo ini menghadirkan jalur cukup menantang.

Untuk sampai lokasi parkir bawah saja membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Jalan Raya Magelang-Purworejo. Berikutnya, naik ke puncak
juga membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam.

Matahari terbit tertutup awan dan bukit (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Namun jangan khawatir, pengunjung tidak perlu melalui jalur pendakian layaknya yang bakal menguras tenaga. Pengelola Desa Wisata Benowo sudah menyiapkan jalur yang mudah dengan bentuk seperti tangga-tangga alami, meski hanya memanfaatkan tanah sekitar.

Meski demikian, perjalanan menuju puncak sama sekali tidak bisa diremehkan. Apalagi jika Teman Traveler jarang berolahraga, dijamin bakal lumayan melelahkan. Untungnya, sepanjang jalan sudah
disediakan beberapa titik untuk beristirahat.

Panorama Deretan Puncak Gunung

Lapisan kabut yang mulai menghilang (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Meski tingginya hanya sekitar 900 meter, ditambah kehadiran bukit di sisi timur, jika cuaca sedang cerah kita bisa melihat deretan puncak gunung seperti Merapi, Merbabu, Tidar, bahkan Slamet, Sindoro, dan Sumbing.

Bukit di sisi timur Gunung Kunir memang bakal menghalangi pemandangan matahari terbitnya, namun hal ini justu jadi daya
tarik tersendiri. Pengunjung bisa melihat indahnya langit berwarna merah merona dengan siluet bukit berwarna hijau menyegarkan.

Lanskap Gunung Kunir yang begitu luas dan dikelilingi perbukitan berwarna hijau tentu bakal memanjakan mata. Seluruh otot yang kaku usai sibuk bekerja bakal sedikit mengendur usai liburan di sini. Pas sekali untuk merilekskan badan dan pikiran.

Sedikit tips, sangat disarankan memakai alas kaki nyaman. Selain itu, saat terbaik mengunjungi Gunung Kunir adalah menjelang terbit atau matahari terbenam. Selamat jalan-jalan, Teman Traveler.

Tags
Indonesia kontributor Purworejo Travelingyuk wisata purworejo
Share