Gunung Kencana, Tempat Istimewa Menikmati Keindahan Bogor dari Ketinggian

Puncak Bogor sudah terkenal bagi kalangan traveler, terutama warga Ibukota Jakarta. Udaranya sejuk dan letaknya yang tidak terlalu jauh, menjadikannya sebagai destinasi pilihan liburan di akhir pekan. Banyak pilihan spot wisata yang ditawarkan, mulai dari alam, edukasi, maupun wisata kulinernya. Namun jika menyukai tantangan, mendaki Gunung Kencana bisa menjadi pilihan. Seperti apa serunya liburan di sini? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Mohammad Guruh.

Gunung Ramah Pendaki Pemula

Pemandangan saat menuju Gunung Kencana IG @ssagitarr
Pemandangan saat menuju Gunung Kencana via instagram/@ssagitarr

Wisata alam pendakian gunung Kencana baru diresmikan sekitar tahun 2016 lalu. Namanya kian populer setelah banyak pendaki yang memamerkan di sosial media mereka. Banyak juga yang mendaki hanya sekedar berburu matahari terbit atau pun matahari terbenam. Gunung Kencana juga dikenal ramah untuk didaki, tidak perlu khawatir takut tersesat. Banyak petunjuk arah yang akan mengarahkan hingga sampai puncak. Berniat mendaki gunung ini? Teman Traveler bakal dimanjakan keindahan alam Puncak Bogor dari ketinggian.

Butuh Waktu Se-jam Untuk Sampai Puncak

Karena gunung adalah candu ketika jenuh melanda IG @virnidesiana
Karena gunung adalah candu ketika jenuh melanda via instagram/@virnidesiana

Gunung dengan tinggi 1.803 mdpl ini bisa ditempuh 45 menit dari pos sampai puncak. Tidak perlu peralatan khusus jika tidak ingin berkemah, yang diperlukan hanya fisik dan stamina prima. Jika beruntung dengan cuaca cerah, Teman Traveler bisa melihat jelas keindahan gunung Gede Pangranggo yang sempurna. Gunung Kencana bisa jadi pilihan buat Teman Traveler yang ingin mengenal dunia pendakian.

Dikelilingi Perkebunan Teh yang Menawan

Jadikan dirimu sebagai pohon rindang, dimana insan dapat berteduh IG @virnidesiana
Pemandangan alam yang menawan via instagram/@virnidesiana

Hamparan hijaunya perkebunan teh akan menyambut Teman Traveler sebelum memasuki pos pendakian. Suasana sejuk dan asri akan membuat perjalanan terasa menyenangkan. Dengan latar gunung Gede Pangranggo yang berdiri kokoh, cocok dijadikan sebagai lokasi ideal untuk swafoto. Hawa sejuk pegunungan dan pemandangan alam yang indah bisa membuat pikiran lebih tenang dan segar.

Tanjakan Unik di Jalur Pendakian

Ada yang tau? Kenapa dinamakan Tanjakan Sambalado IG @lili_gelasia
Tanjakan Sambalado via instagram/@lili_gelasia

Tidak kalah populer dengan tanjakan cinta di Semeru atau tanjakan penyesalan di Rinjani, Gunung Kencana juga memiliki tanjakan unik yang dinamakan sambalado. Jalur tersebut berupa anak tangga yang sudah tersusun rapi dengan panjang hampir 100 meter serta kemiringan 45 derajat. Nama sambalado sendiri berasal dari kaki terasa pedas setelah melewati tangga ini.

Lokasi dan Rute

Muncak bareng kamu lagi dan lagi IG @karmila___
Muncak bareng pasangan via instagram/@karmila___

Gunung Kencana terletak di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Agar lebih mudah mencarinya, bisa melalui wisata Telaga Warna Cisarua. Sementara jika menggunakan kendaraan pribadi, diarahkan menuju Kampung LC (Lahan Cadangan). Tepatnya SD Cikoneng yang berada di pertigaan jalan sebelum menuju ke Kampung LC. Jika bingung dan tersesat, bisa menanyakan ke penduduk sekitar. Dengan senang hati penduduk sekitar akan menunjukan arah ke pos pendakian gunung Kencana.

Menikmati keindahan alam di wisata Bogor bisa dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan mendaki gunung Kencana. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya mendaki gunung satu ini?

Tags
Bogor Indonesia Jawa Barat Wisata Bogor
Share