Mengagumi Bogor dari Ketinggian di Gunung Kapur Ciampea, Indahnya Bikin Menganga

Menjelajah Bogor memang takkan pernah ada habisnya. Kota Hujan menawarkan banyak pilihan wisata, mulai dari alam, edukasi, hingga kuliner. Asyiknya lagi, keindahan wisata Bogor ternyata juga bisa dinikmati dari ketinggian. Salah satunya adalah Gunung Kapur di Ciampea. Seperti apa serunya berlibur dan menikmati keindahan alam di sini? Berikut penuturan dari kontributor Travelingyuk, Mohammad Guruh.

Memiliki Tiga Puncak

Puncak Batu Roti IG @sinthya_dwi27
Puncak Batu Roti via Instagram.com/sinthya_dwi27

Meski dinamai gunung, destinasi ini sebenarnya lebih tepat jika disebut sebagai bukit dengan dominasi struktur batuan kapur. Gunung Kapur Ciampea sendiri memiliki tiga puncak, yaitu Batu Roti, Galau, dan Lalana. Nama yang disebut terakhir merupakan titik teratas dengan ketinggian mencapai 385 mdpl.

Meski tingginya tak seberapa, medan yang harus dilalui untuk menuju puncak cukup curam. Cukup direkomendasikan untuk para pendaki pemula. Jika Teman Traveler menyukai tantangan menjelajah alam bebas, trekking di Gunung Kapur bisa jadi pilihan tepat.

Ideal untuk Kemping

Camping di landasan Helypad IG @madonbarbaraa
Kemping di landasan helikopter via Instagram.com/madonbarbaraa

Berkemah atau kemping bisa jadi cara menyenangkan mengisi liburan. Gunung Kapur memiliki satu lahan khusus untuk mendirikan tenda. Uniknya, lahan ini wujudnya berupa landasan helikopter atau helipad. Sangat berbeda dibanding camping ground pada umumnya.

Luasnya cukup, bisa menampung sekitar 10-20 tenda. Dari sini Teman Traveler bisa melihat Gunung Gede Pangrango, Salak, dan Gunung Muara. Gagahnya empat gunung tersebut bisa kalian kagumi dari kejauhan.

Menikmati Sunrise, Sunset, dan City Light

Sunrise dari Gunung Kapur IG @ardi_yansh
Sunrise dari gunung kapur via Instagram.com/ardi_yansh

Momen apa yang selalu dinantikan ketika menikmati alam dari ketinggian? Tentu saja jawabannya adalah matahari terbit serta terbenam. Jika cuaca sedang cerah, Teman Traveler bisa menyaksikan dua momen romantis tersebut di Gunung Kapur.

Destinasi ini juga bisa menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati city light alias pemandangan lampu kota Bogor di malam hari. Temaram cahaya dari perkotaan terlihat eksotis dan romantis dari kejauhan. Tentunya bakal jadi pengalaman unik, bahkan terasa makin indah jika ditemani orang tersayang. Setuju, kan?

Memiliki Banyak Gua

Keindahan Goa AC IG @tirtanarusli
Keindahan Gua AC via Instagram.com/tirtanarusli

Tak hanya memikat pecinta trekking dan kemping, Gunung Kapur juga punya daya tarik tersendiri bagi penyuka kegiatan jelajah gua. Menurut warga sekitar, kawasan ini dikelilingi tak kurang dari 22 gua. Fenomena bentang alam ini kerap jadi objek penelitian para pecinta perut bumi. Salah satu yang paling terkenal adalah Gua AC, kerap jadi lokasi wisata minat khusus.

Tiket Masuk dan Fasilitas

City Light Kota Bogor IG @abie_bette
City light Bogor via Instagram.com/abie_bette

Sebelum memulai petualangan mendaki Gunung Kapur, Teman Traveler wajib melapor dulu di pos registrasi. Di sini kalian harus membayar tiket masuk Rp5.000 per orang. Sementara tarif parkirnya Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap, ada banyak warung di sekitar pos registrasi. Toilet dan mushola juga bisa ditemukan di sini. Tak perlu khawatir jika Teman Traveler tak sempat menyiapkan perbekalan atau ingin melaksanakan ibadah. Bagi yang tidak membawa tenda, bisa memanfaatkan persewaan yang dikelola pemuda setempat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Gunung Kapur berada di Jalan Raya Cikampek, Bojong Rangkas, Ciampea, Ciaruteun Ilir, Cibungbulang, Bogor, Jawa Barat. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, agar lebih mudah bisa menggunakan bantuan GPS.

Sementara bagi yang ingin naik kendaraan umum, dari Jakarta bisa naik kereta komuter dan turun di Stasiun Bogor. Berikutnya, naik angkutan umum menuju Terminal Laladon. Lanjutkan dengan angkutan umum jurusan Leuwiliang dan turun di depan SMK Pandu. Dari sini Teman Traveler tinggal berjalan kaki ke pintu masuk.

Gunung Kapur Ciampea bisa jadi pilihan Teman Traveler menikmati waktu di akhir pekan. Jadi bagaimana Teman Traveler, tertarik menikmati alam Bogor dari ketinggian?

Tags
Bogor gunung kapur kontributor Travelingyuk Wisata Bogor
Share