Gunung Batu Bogor, Si Mungil yang Bikin Jantung Berdebar

Tantangan dan rintangan kala mendaki gunung bisa jadi pengalaman bagus untuk membangun karakter diri. Jika Teman Traveler sedang berada di Kota Hujan, cobalah mendaki Gunung Batu Bogor. Lokasinya juga cukup dekat dari Jakarta.

Gunung Batu Bogor sudah cukup populer di kalangan pendaki ibu kota. Dibanding Semeru atau Arjuna, gunung ini bakal terlihat mungil, cocok dijadikan pemanasan sebelum mendaki ke gunung yang lebih tinggi. Namun jangan salah, tantangan yang tersaji di sini bisa membuat jantung berdebar! Yuk simak destinasi wisata Bogor ini dari penjelasan kontributor Travaelingyuk, Mohammad Guruh.

Tidak Terlalu Tinggi

View dari puncak gunung
View dari puncak gunung via Instagram.com/nisapuspitasarii

Gunung Batu berada di ketinggian 875 mdpl, sangat ideal untuk pendaki pemula. Tentu saja tidak tingginya kalah jauh dengan gunung populer di Pulau Jawa seperti Semeru atau Arjuna. Hanya butuh waktu kurang lebih 45 menit untuk sampai puncak.

Begitu mencapai puncak Gunung Batu, Teman Traveler bakal dimanjakan pemandangan indah khas pegunungan. Eloknya hamparan sawah hingga gagahnya Gunung Gede Pangrango bisa dilihat dari kejauhan. Panorama luar biasa tersebut seolah menjadi bonus usai berjuang keras dan berhasil sampai di puncak.

Berburu Sunset & Sunrise

Pemandangan matahari terbit di Gunung Batu
Pemandangan matahari terbit di Gunung Batu via Instagram.com/indrasutantoo

Hampir setiap akhir pekan Puncak Gunung Batu Bogor dipadati para pendaki yang menantikan momen matahari terbit ataupun terbenam. Sayangnya, kawasan puncak Gunung Batu tidak terlalu luas dan hanya bisa menampung beberapa orang saja. Teman Traveler harus rela antre jika ingin berfoto-foto di sini.

Jika ingin suasana lebih tenang, disarankan melakukan pendakian saat hari kerja. Teman Traveler bisa lebih puas menikmati suasana sekitar maupun berlama-lama di puncak.

Panorama matahari terbit ataupun terbenam di puncak Gunung Batu memang tidak seberapa, namun layak dinikmati usai perjuangan keras Teman Traveler mencapai puncak. Apalagi jika kalian baru pertama mencoba asyik dan serunya mendaki gunung.

Memacu Adrenalin

Memanjat dengan seutas tali
Memanjat dengan seutas tali via Instagram.com/yolandaurbahm

Rute menuju puncak Gunung Batu lumayan memacu adrenalin. Akan ada satu momen yang mewajibkan Teman Traveler melewati rintangan dengan teknik khusus bernama prusiking. Kalian bakal ditantang melewati bukit curam dan batu-batu besar hanya dengan memanjat seutas tali.

Panjang trek-nya kurang lebih 50 meter dengan kemiringan mencapai 85 derajat. Di beberapa titik bahkan lebar trek-nya, hanya dua meter saja. Pendakian bakal semakin menantang, mengingat di sebelah kiri-kanan terlihat jurang menganga.

Tips Sebelum Mendaki

Kawasan puncak yang dikelilingi jurang
Kawasan puncak yang dikelilingi jurang via Instagram.com/indrasutantoo

Meski Gunung Batu Bogor tidak terlalu tinggi, bukan berarti Teman Traveler tak perlu melakukan persiapan matang. Bawalah bekal air secukupnya karena di sekitar sana tidak ada sumber mata air

Jika ingin berkemah, Teman Traveler bisa mendirikan tenda di Pos 1. Utamakan keselamatan jika melakukan pendakian di malam hari. Waktu terbaik untuk menjelajah Gunung Batu adalah saat musim kemarau. Saat musim penghujan medannya licin dan sangat berbahaya, terutama untuk kalian yang minim pengalaman.

Lokasi dan Rute

Tantangan mendaki Gunung Batu Bogor
Tantangan mendaki Gunung Batu Bogor (c) Mohammad Guruh/Travelingyuk

Gunung Batu berada di Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari arah Jakarta, bisa melalui Cibubur Junction – Alternatif Cibubur – Cileungsi – Jonggol – Kampung Mengker – Gunung Batu. Sedangkan jika dari arah Bandung, bisa melalui Padalarang – Cariu – Kampung Mengker – Gunung Batu. Sementara ini, belum ada transportasi umum. Jika tak membawa kendaraan pribadi, Teman Traveler sebaiknya men-carter angkot atau menyewa mobil.

Jadi bagaimana Teman Traveler, tertarik menjelajah indahnya Gunung Batu Bogor? Tantangan dan rintangan yang tersaji dijamin bakal bikin jantung berdebar, namun sekaligus jadi pengalaman liburan seru.

Tags
Bogor gunung batu Indonesia Wisata
Share